Saturday, December 17, 2016

Inilah 10 Perguruan Tinggi Terbaik Untuk Belajar Coding

Sebelum membahas coding, apakah Anda tertarik untuk belajar coding? Sebenarnya apa sih itu coding? dan apa tujuan coding itu sendiri? Nah.. bicara coding, secara umum atau secara garis besar (jika di umpamakan ke dalam bahasa Indonesia) yaitu merupakan Pemrograman. Bahasa yang digunakan oleh OS (Operating System) dalam melakukan suatu tugas tertentu disebut Coding. Sebelumnya, dalam komputer hanya mengenal istilah yang namanya Bahasa Biner yaitu bilangan 1 dan 0, nah untuk itu manusia sulit untuk mengerti bahasa ini, jadi intinya di buatlah bahasa tingkat tinggi yang dimengerti oleh manusia yang di sebut dengan bahasa pemrograman hight level. 

Untuk tujuan coding itu sendiri tentu membuat program komputer, dan program komputer itu adalah kumpulan instruksi-instruksi dalam membantu sebuah komputer dalam mengeksekusi (melakukan aktifitas) tertentu. Banyak bahasa pemrograman yang sering dipakai dalam membuat sebuah program komputer itu sendiri, semisal VB(Visual Basic), Java, PHP dan masih banyak bahasa pemrograman komputer lainnya. Jika Anda tertarik untuk terjun secara langsung dibidang ini, alangkah baiknya untuk mempelajari alogritma dan pemrograman, karena pada dasarnya program takkan pernah lepas dengan yang namanya algoritma. Selain untuk melatih cara kerja program, juga bisa disebut sebagai acuan atau langkah-langkah dalam membuat program seperti rancangan dan apa-apa saja yang harus di persiapkan.

Tahukah Anda jika Universitas yang memiliki programmer komputer terbaik di dunia itu sebenarnya ada? jadi secara tidak langsung Anda yang memang benar-benar ingin mempelajari bidang ini, tentu tahu harus melangkah kemana. Nah, setelah kompetisi coding dunia diselenggarakan, HackerRank pun merilis sejumlah kampus di dunia yang menjadi tempat terbaik untuk belajar coding. Tidak bisa di bayangkan sebelumnya, ternyata hasil dari daftar kampus-kampus itu pun sangat mengejutkan. Ada sekiranya tiga kampus yang berada di posisi paling atas dari 10 kampus terbaik yang di rilis HackerRank, yaitu Rusia, China, dan Vietnam. Untuk lebih lengkapnya, berikut 10 perguruan tinggi terbaik di dunia untuk belajar coding, seperti dilansir okezone yang Dinukil dari Times Higher Education (THE) sebelumnya. Yuk, simak!

10. KTH Royal Institute of Technology, Swedia.

9. IIT, Kanpur, Indian Institute of Technology, India,

8. IIT, Indore, Indian Institute of Technology, India,

7. National Taras Shevchenko, Ukraina,

6. St Peterburg State University, Rusia,

5. Universitas of Waterloo, Kanada,

4. University of California, Amerika Serikat,

3. Ho Chi Minh City University of Science, Vietnam,

2. Sun Yat-sen Memorial Middle School, China,

1. ITMO University, Rusia,

Nah, itulah 10 kampus terbaik di dunia yang bisa Anda coba untuk belajar coding. Apakah sudah ada pilihan? Selamat mencoba dan semoga sukses dalam mempelajari coding!