Wednesday, October 12, 2016

Penting! Inilah Tips Menulis Essay Beasiswa

Beasiswa saat ini sedang menjadi trend tersendiri bagi mereka yang memiliki mimpi-mimpi melanjutkan study pada setiap jenjangnya. Mereka (para pemburu beasiswa) berlomba-lomba menaklukkan setiap tahap demi tahap proses seleksi. Seolah beasiswa ini adalah salah satu jalan untuk mereka yang terutama terkendala materi namun memiliki semangat juang tinggi agar bisa meraih mimpi-mimpi. Banyak pula dari mereka yang terbilang berprestasi dan ingin terus memperoleh pendidikan setinggi-tingginya melalui beasiswa. Alhasil, beasiswa seakan menjadi primadona yang banyak di perebutkan oleh para pembidiknya.

Bicara beasiswa, beberapa tahun belakangan ini pun pemerintah seolah mendukung semangat juang para pencari beasiswa, dengan beberapa program beasiswa yang disediakan, contohnya yang sedang trend saat ini adalah melalui beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan, atau biasa yang disebut beasiswa LPDP.  
Lihat musibah sebagai muhasabah sehingga selalu terobsesi melangkah lebih baik, berubah dan berpikir untuk mencetak sejarah. (Deadline Your Life)
Melalui LPDP, mereka yang berprestasi dan juga mereka yang terkendala materi namun memiliki semangat juang tinggi di dunia pendidikan, diharap medaftarkan diri mereka. Nah, bukan hanya pendidikan dalam negeri, melalui LPDP juga kalian bisa membidik pendidikan diluar negeri. Bagaimana, tertarik membidik beasiswa Lpdp ini?

Eits.. seperti yang sudah dituliskan diatas, kalau ingin melamar beasiswa banyak sekali tahapan-tahapan tes yang harus kalian lalui, tidak sedikit pula mereka yang melamarnya dan tenggelam diperjalanan/ tidak lolos tes. Oleh karena itu, persiapkan amunisi yang memang harus segera dipersiapkan. 

Yuk, mari mulai membuat garis besar, semacam catatan-catatan penting setiap kali belajar dan membaca materi. Fungsi garis besar tersebut adalah untuk mengikat hafalan. Seperti contohnya dibawah ini, point atau butir tips menulis essay beasiswa.
  • Ketahui maunya sponsor (agar bisa menemukan gambaran dan tentunya terarah). 
  • Buatlah secara unik (Essay yang ditulis secara unik biasanya lebih menjadi kesan tersendiri). 
  • Menciptakan kedekatan (Tulis satu suasana yang seolah dekat agar mendapat poin plus). 
  • Keyakinan (Yakin, percaya diri, pede) adalah jalan penting agar kita diterima. 
  • Usahakan sesuai target dengan program yang ada. 
  • Kaliamat harus tersusun rapi, jelas, dan benar, ini adalah satu hal penting dalam menulis essay. 
  • Ada baiknya sebelum diberikan, koreksi terlebih dahulu (minta pendapat orang lain yang paham). 
  • Apalah daya jika usaha tanpa diperkuat dengan doa. Jadi, berodalah minta yang terbaik.
Itulah beberapa point penting dalam menulis essay beasiswa. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang!
Orang-orang yang tidak segera melaksanakan tugas secara tuntas sesungguhnya berawal karena tak memiliki visi yang jelas. Mereka tidak tahu dari mana, dan mau kemana.