Monday, October 10, 2016

Beasiswa S-2 di University of Kassel, Jerman

Mendaftar beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter.

Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan mulai dari sekarang oleh anda sekalian para pemburu beasiswa.


Untuk kalian yang ingin studi di Jerman, saat ini Decent Work Scholarships sudah dibuka pendaftarannya untuk kalian semua yang berkeinginan kuliah ke jerman dengan beasiswa. Nah, kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai batu loncatan untuk menempuh  pendidikan jenjang S-2 di University of Kassel, Jerman.

Pilihan Beasiswa

Pada kesempatan beasiswa saat ini, kalian bisa memilih program MA atau MSc di Faculty of Social Sciences atau Faculty of Organic Sciences. Adapun beberapa yang bisa kalian dapatkan jika kalian termasuk orang-orang yang beruntung dan mendapatkan beasiswa ini. Salah satu keuntungannya adalah penerima beasiswa ini dapat bekerja selama 40 jam/minggu di ICDD dalam sebuah proyek sesuai minat. Asyiknya lagi, akan ada gaji sebesar 750 euro per bulan selama program berdurasi 12 bulan. Woww.... semangat kan :)

International Center for Development and Decent Work (ICDD)

Sebelum melangkah untuk mendaftarkan diri, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu ICDD. ICDD merupakan salah satu lembaga interdisiplin yang beranggotakan para ilmuwan dari berbagai negara. Markas besar ICCD terletak di University of Kassel, Jerman, serta memiliki perguruan tinggi mitra di Amerika Latin, Afrika dan Asia. 

Perhatikan beberapa ketentuan dibwah ini;

1. Memiliki gelar sarjana
2. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dalam tulisan maupun lisan
3. Mengisi formulir pendaftaran
4. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti;
    a. ijazah,
    b. transkrip nilai,
    c. curriculum vitae
    d. serta pernyataan personal tentang minat studi.

Jika kalian tertarik dengan beasiswa ini, deadline dibuka hingga 23 Oktober 2016. Kamu bisa mempelajari informasi-informasi lengkap di laman University of Kassel berikut ini http://www.uni-kassel.de/einrichtungen/international-center-for-development-and-decent-work-icdd/resources-funding/funding-and-scholarships.html

Ingat! kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan.

Selamat mencoba dan semoga sukses!
Menang adalah lautan ide.
Kalau kita berpikir menang, maka semua jalan akan terbentang,
kekuatan akan tergalang, semua potensi akan kita undang,
serta semua halang rintang akan kita terjang.
Akhirnya kita menang.