Saturday, October 15, 2016

Beasiswa S-2 di Jerman

Bicara Jerman, pasti kalian ingat salah satu tokoh sekaligus nahkoda (mantan presiden) indonesia yaitu Bj. Habibi. Ya, beliau merupakan satu diantaranya yang mengenyam pendidikan di jerman. Taukah kalian, jika jumlah mahasiswa asing di jerman ini bertambah setiap tahunnya. Hal ini tidak mengherankan, sebab Jerman memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap dengan biaya kuliah relatif murah.

Ingat! Seperti yang sudah banyak orang bijak katakan; bahwa jangan pernah lelah untuk terus menuntut ilmu dan coba galilah selalu kemampuan yang kita miliki selama kita masih diberi kesempatan dalam menjalani hidup. Sebab dengan ilmu, kita akan tahu apa-apa saja yang harus kita lakukan dan kerjakan. Dengan ilmu, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghadang di tengah kehidupan yang kita jalani ini. Dengan ilmu pula, kita bisa lebih banyak memberi manfaat-manfaat untuk orang lain. Bahkan dengan ilmu pula, kita akan terus banyak bersyukur dan terus berusaha menjadi yang terbaik dalam mengisi kehidupan ini.


Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. 

Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Nah, untuk kalian yang berminat mengikuti jejak Bj. Habibi berkuliah ke jerman, International Center for Development and Decent Work (ICDD) memberikan kesempatan program beasiswa Decent Work Scholarships bagi pelajar internasional, salah satunya indonesia.

Pelamar beasiswa bisa memilih program MA atau MSc di Faculty of Social Sciences atau Faculty of Organic Sciences. Jika beruntung, penerima beasiswa dapat bekerja selama 40 jam per minggu di ICDD dalam sebuah proyek sesuai minat. Nah, Asyiknya lagi, akan ada gaji 750 euro per bulan selama program berdurasi 12 bulan.

Beasiswa ini berujuan memberi kesempatan dan mendorong pelajar berprestasi dari berbagai negara untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. ICDD sendiri merupakan lembaga interdisiplin yang beranggotakan para ilmuwan dari berbagai negara. Markas besar ICCD terletak di University of Kassel, Jerman, serta memiliki perguruan tinggi mitra di Amerika Latin, Afrika dan Asia.

Pelamar harus memiliki gelar sarjana serta kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dalam tulisan maupun lisan. Kemudian, pelamar perlu mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti ijazah dan transkrip nilai, curriculum vitae serta pernyataan personal tentang minat studi.

Pendaftaran dibuka hingga 23 Oktober 2016. Jika tertarik, kamu bisa mempelajari informasi lengkap di laman ini.

Tuliskan kembali satu tujuan yang telah dipilih, sebagai tujuan yang sangat berarti dan benar-benar ingin dicapai dalam waktu dekat. Ingat, kemampuan kita terbatas, tetapi berprestasi ditengah keterbatasan adalah sebuah kepahlawanan dalam bentuk lain. Zero to Hero.

Ingat! Kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil!