Wednesday, October 19, 2016

Beasiswa ke Hong Kong

Hai sobat seputar beasiswa... Seperti yang sudah banyak orang bijak katakan; bahwa jangan pernah lelah untuk terus menuntut ilmu dan coba galilah selalu kemampuan yang kita miliki selama kita masih diberi kesempatan dalam menjalani hidup. Sebab dengan ilmu, kita akan tahu apa-apa saja yang harus kita lakukan dan kerjakan. Dengan ilmu, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghadang di tengah kehidupan yang kita jalani ini. Dengan ilmu pula, kita bisa lebih banyak memberi manfaat-manfaat untuk orang lain. Bahkan dengan ilmu pula, kita akan terus banyak bersyukur dan terus berusaha menjadi yang terbaik dalam mengisi kehidupan ini.

Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa.

Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.


Banyaknya persyaratan dan persaingan memang sedikit banyak menciutkan nyali kita untuk mendaftarkan diri, namun dari sanalah menjadi nikmat tersendiri jika kalian berani untuk mencoba dan berhasil. Dalam kesempatan kali ini, melalui Research Grants Council (RGC), kalian bisa mencoba mendaftarkan diri meraih kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu pascasarjana di Hong Kong. Beasiswa ini ditawarkan oleh berbagai universitas di Hong Kong melalui skema Programnya Hong Kong PhD Fellowship Scheme (HKPFS). 

Nah, program beasiswa HKPFS ini terbuka bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan pascasarjana tepatnya di beberapa bidang ilmu berikut:
  • bidang sains, 
  • kedokteran, 
  • teknik, 
  • teknologi, 
  • humaniora, 
  • ilmu sosial, dan 
  • bisnis.
Beasiswa ini diberikan setiap tahunnya, dan kandidat beruntung/ terpilih nantinya akan mendapatkan dana sebesar 240.000 dolar Hong Kong. Program beasiswa ini disediakan kuota sebanyak 230 kursi. Untuk kalian yang tertarik melanjutkan studi ke hongkong ini, kalian harus mendaftar pada program PhD di sejumlah perguruan tinggi seperti City University of Hong Kong, The Chinese University of Hong Kong, sampai he Hong Kong University of Science and Technology. 

Deadline Pendaftaran:
Pendaftaran dibuka hingga tanggal 1 Desember 2016. Deadline setiap kampusnya berbeda-beda, sehingga perlu melamar ke perguruan tinggi lebih dulu.

Sumber/referensi: okezone[dot]com
Ingat! Kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!