Monday, November 6, 2017

Kuliah Jurusan Jurnalistik? Coba 1 dari 3 Universitas di Belanda Ini

Ingin jadi penulis? kalian bisa coba mengawalinya dengan cara memperbanyak membaca buku, lalu cobalah teliti dan cermati setiap kalimatnya, untuk kemudian mengambil hikmah-hikmah yang ada dibalik itu semua, tentunya hal ini dilakukan untuk segera mewujudkannya. Atau jika Anda ingin menjadi seorang presenter? jika jawabannya iya... cobalah dengan melakukan presentasi, atau bisa juga pada saat sekarang ini yang banyak orang lakukan di "youtube", yaitu #Vloging dan ini adalah salah satu cara efektif yang dapat Anda coba jika ingin jadi seorang presenter, jadi jelas bukan hanya teori ini itu saja.

Perlu kalian ketahui, pada era dimana kemudahan informasi seperti sekarang ini.. tidak menutup kemungkinan jika peluang bekerja di bidang jurnalistik sangat bagus dan juga terbuka lebar. Bayangkan, coba saat ini kita tengok ke luar sana, banyaknya media dengan segala pertumbuhannya menjadikan bumi Nusantara kaya akan informasi dan mereka sukses dalam hal itu. 

Jurnalis adalah salah profesi yang banyak dicari saat ini. Tak heran jika hal tersebut berujung pada banyaknya negara yang berusaha memajukan pendidikan di bidang jurnalistiknya, semisal Belanda. Nah bicara soal belanda, apakah saat ini anda tertarik untuk berkuliah dan mengambil jurusan jurnalistik di belanda? Berikut dibawah ini 3 jurusan jurnalistik yang patut Anda coba jika ingin berkuliah di belanda, seperti yang dilansir laman berkuliah. Yuk! simak selengkapnya dibawah ini, cekidot!


3. Tilburg University

Pada urutan ketiga, jurusan jurnalistik terbaik di Belanda yang patut Anda coba adalah Tilburg University. 

Universitas satu ini menawarkan satu program pilihan pascasarjana, di bidang jurnalistik. Melalui Master of Arts (MA) in Communication and Information Sciences (CIS) - Specialization in Data Journalism, Anda bisa menycoba satu pilihan program ini. program ini bisa terbilang lebih banyak meneliti seutar data jurnalistik. Jika Anda ingin mencobanya, Waktu studi yang diperlukan untuk bisa menyelesaikan program ini diperkirakan sekitar satu tahun. 

Sebelumnya perlu Anda ketahui, untuk persyaratan masuk agar bisa berkuliah di universitas ini adalah mereka yang bestatus dan memiliki gelar sarjana pada bidang komunikasi umum, linguistik, ataupun bahasa modern. Selain itu juga, bagi mereka yang ingin mendaftarkan diri sudah harus memiliki kemampuan berbahasa inggris, tepatnya dengan skor minimal 577 (paper-based) atau 233 (berbasis komputer) atau 90 (berbasis internet) di TOEFL atau sekitar 6,5 sebagai band secara keseluruhan atau 6,0 pada bagian individu dari tes di IELTS, atau yang lain harus memiliki hasil Cambridge Proficiency Examination.

2. Hanze University Groningen University of Applied Sciences

Hanze University Groningen University of Applied Sciences ada pada posisi kedua. 

Dalam bidang Jurnalistik, Hanze University Groningen University of Applied Sciences menawarkan program pascasarjana yaitu Journalism. Untuk pelakasanaannya sendiri, program ini diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih satu semester. 

Jika Anda teratarik pada program ini, mahasiswa nantinya akan lebih banyak diminta melakukan praktek-praktek jurnalistik. Apalagi, program ini akan bekerjasama dengan banyak sekali media seperti The English section of the Hanze Magazine, the English radio programme Happy Hour FM, dan juga website mereka. 
Untuk bisa mengikuti program ini, persyaratannya adalah minimal telah menyelesaikan satu tahun pendidikan universitas dan atau telah memiliki pengalaman profesional. Selain itu kamu juga harus memiliki skor IELTS minimal 6.0 atau TOEFL 550. Hal ini dikecualikan jika kamu adalah mahasiswa pertukaran pelajar.

1. University of Amsterdam

Universitas diurutan pertama yang bisa kamu coba, jika ingin berkuliah mengambil fokus pada dunia jurnalistik di belanda adalah University of Amsterdam.

Bicara soal University of Amsterdam, Universitas ini menawarkan program pascasarjananya untuk bidang jurnalistik. Tepatnya, untuk gelar Master of Arts (MA) in Journalism, Media and Globalisation (Erasmus Mundus Master's - Joint Degree).

Program ini sendiri ditujukan untuk kalangan profesional (utamanya wartawan) yang ada diluar sana yang tertarik untuk bisa mengembangkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan cara yang bernuansa dan kontemporer tentang isu-isu yang berkaitan dengan globalisasi. 

Waktu tempuh program ini sendiri diperkirakan akan memakan waktu selama 2 tahun lamanya. Jika Anda tertarik untuk bisa masuk program ini, Anda harus bisa memenuhi beberapa persyaratan yang ada, di antaranya adalah mempunyai gelar sarjana atau gelar setara dengan nilai di atas rata-rata. Selain itu, kamu juga perlu mempunyai pengalaman kerja selama 3 bulan sebagai wartawan profesional dan punya skor IELTS minimal 7,0. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan program University of Amsterdam ini?

Nah,itulah 3 kampus yang bisa anda manfaatkan jika ingin berkuliah dengan jurusan jurnalistik di Belanda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

"Bidik Beasiswa merupakan portal pendidikan yang menyajikan info beasiswa dalam negeri, beasiswa luar negeri, tips dan trik beasiswa"