Wednesday, October 26, 2016

Beasiswa S1 University of Alberta, Kanada

Hai sobat seputar beasiswa... Mungkin dalam hal-hal dunia pendidikan, tepatnya di negara-negara maju sana lebih cenderung memiliki pendidikan yang lebih berkualitas. Nah, untuk itu, kalian bisa mencoba ambil kesempatan emas tersebut untuk bantu loncatan mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya, tentunya di bidang yang kamu minati ya sobat... Sehingga nantinya kamu akan memperoleh banyak sekali pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional.

Apakah kalian masih semangat mencari kesempatan agar bisa berkuliah di luar negeri dengan beasiswa? Perlu di ingatkan kembali! Mungkin kesempatan itu datangnya tak terduga-duga ya sobat. Ketika kalian berkesempatan untuk bisa belajar di luar negeri, nah, kalian pasti akan merasakan berbagai macam hal yang akan menjadi pengalaman indah yang sangat berharga nantinya, yang mungkin banyak orang diluar sana yang menginginkan hal semacam itu, termasuk saya. Mulai dari pengalaman mengesankan mungkin, menegangkan, menyenangkan, atau bahkan menakutkan sekalipun. Hal ini tentunya akan menjadi sebuah pelajaran tak terhingga. Seperti kata pepatah yang sudah sering kita dengar pastinya "pengalaman adalah guru terbaik". 
Baca juga: Beasiswa S1 Dalam Negeri : Glints Scholarship.
Ya, ketika kalian mendapatkan kesempatan bisa berkuliah ke luar negeri, kalian akan mendapatkan berbagai pengalaman yang tak ternilai harganya. Eits.. tentu bukan hanya pengalaman saja loh, namun ada banyak manfaat lainnya lagi yang bisa kamu petik nantinya, saat kalian diberi kesempatan oleh Tuhan untuk bisa menuntut ilmu di negara yang kalian minati. Daripada panjang lebar ngomongin berkuliah ke luar negeri, ada baiknya kalian mencoba peruntungan dan langsung bidik beasiswa yang satu ini..

Beasiswa kali ini datangnya dari University of Alberta Centenary Scholarship. Program beasiswa ini merupakan beasiswa kompetisi, sehingga para pelamar/kandidat terbaiklah yang nantinya akan dipilih. Jadi usahakan sudah memiliki amunisi yang cukup ya sobat. 

Pada program beasiswa ini, nantinya akan dipilih maksimum hanya untuk lima kandidat. Oleh karena itu, untuk mengikuti beasiswa University of Alberta ini, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah pengajuan terpisah untuk aplikasi beasiswa. Lebih rincinya baca di bagian pendaftaran. 

Beasiswa S1 ini terbuka bagi kandidat internasional, salah satunya kita yang ada di Indonesia. Sasaran dari beasiswa ini adalah kandidat yang memiliki prestasi unggul dan baru akan memasuki tahun pertama program gelar sarjana di University of Alberta. Bagi yang beruntung mendapatkannya, kalian akan memperoleh biaya pendidikan. Nilainya pun bervariasi mulai dari $20.000 yang dibayarkan selama empat tahun. Bagaimana, apakah anda tertarik dengan beasiswa ini? Jika kalian serius ingin membidiknya, ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi.

Persyaratan: 

1. Para pelamar memiliki Izin Belajar dengan prestasi akademik yang unggul 
2. Para pelamar juga harus menunjukkan kualitas kepemimpinan berdasarkan keterlibatan di kegiatan ekstrakurikuler dan masyarkat 
3. Kandidat harus memiliki surat rekomendasi dari pembimbing
4. Siswa harus memiliki kurang dari 24 IB, AP atau kredit A-level
5. Terakhir, beasiswa tidak memenuhi syarat untuk siswa transfer 

Dokumen aplikasi:

1. Surat referensi 
2. Salinan ijazah dan transkrip SLTA
3. Terjemahan resmi dalam bahasa Inggris

Pendaftaran:

Nah, bagi pelamar yang ingin membidik beasiswa ini, terlebih dahulu harus mendaftarkan diri di University of Alberta serta memilih program gelar yang diminati tentunya. Lakukan pendaftaran melalui laman (universitas). Kemudian setelah mendaftar, kalian akan diberikan Campus Computing ID (CCID) dan juga password yang nantinya bisa digunakan untuk mengakses laman beasiswa. 

Setelah mendapatkan CCID dan password kemudian kalian bisa masuk ke aplikasi (Student Awards) untuk kemudian mengisi dan melengkapi aplikasi beasiswa secara online. Jangan lupa, isi semua informasi yang diperlukan. Pada tahap ke-5 pilih ‘Major International Scholarship Application’ untuk memulai aplikasi Anda. Kemudian ikuti tahap selanjutnya hingga selesai. 

Deadline Pendaftaran:

Perlu kalian ketahui, pendaftaran beasiswa di University of Alberta ini paling lambat sampai tanggal 15 Desember 2016. Peserta juga sudah harus mendaftar ke univesitas sebelum deadline tersebut berakhir. Untuk keputusan pemenang beasiswa akan disampaikan pada bulan Maret 2017.

Nah, itulah beasiswa yang sedang dibuka untuk kalian yang sedang mencarinya. Kalian juga bisa baca artikel beaasiswa lainnya berikut dibawah ini ini: Beasiswa SI American University, Beasiswa S1 di University of Iowa USA, Beasiswa S1 dan S2 di Monash University.

Catatan: 
Kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Jangan lupa berbagi info seputar beasiswa ini yaa..!