Wednesday, November 16, 2016

Sistem Pendidikan Al-Azhar, Mesir

Dalam hal-hal pendidikan, negara-negara maju lebih cenderung mempunyai pendidikan yang lebih berkualitas. Untuk itu, kalian bisa mengambil kesempatan tersebut untuk mendapat ilmu sebanyak-banyaknya, tentunya pada bidang yang kamu minati ya... Sehingga nantinya kamu akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional. Banyak jalan agar kalian bisa memperoleh pendidikan yang lebih tinggi lagi, baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Bagaimana caranya? caranya ya dengan menggunakan biaya sendiri ataupun memanfaatkan beasiswa-beasiswa yang ada, itupun tentunya harus melalui beberapa tahapan seleksi terlebih dahulu.

Ingat! seperti yang sudah banyak orang bijak katakan; bahwa jangan pernah lelah untuk terus menuntut ilmu dan coba galilah selalu kemampuan yang kita miliki selama kita masih diberi kesempatan dalam menjalani hidup. Sebab dengan ilmu, kita akan tahu apa-apa saja yang harus kita lakukan dan kerjakan. Dengan ilmu, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghadang di tengah kehidupan yang kita jalani ini. Dengan ilmu pula, kita bisa lebih banyak memberi manfaat-manfaat untuk orang lain. Bahkan dengan ilmu pula, kita akan terus banyak bersyukur dan terus berusaha menjadi yang terbaik dalam mengisi kehidupan ini.


Nah, bicara ilmu dan pendidikan, apa yang ada dalam benak anda ketika mendengar timur tengah?
Ya! jika menyebut Timur Tengah, tidak lain pasti yang pertama terlintas di benak/ pikiran kita adalah negara Mesir. Negara mesir memang terkenal sebagai salah satu pusat pendidikan dunia ribuan tahun lalu. Sistem pendidikan mesir yang cukup maju, bisa menjadikan daya tarik tersendiri bagi mahasiswa baik lokal maupun mahasiswa internasional untuk dapat menuntut ilmu di negara dengan lambang Piramida dan Sphinx tersebut. Perlu kalian ketahui, ternyata setiap tahunnya mesir dibanjiri ribuan mahasiswa dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, untuk bisa belajar dan menuntut ilmu di Mesir. 

Apa sih kampus terbaik dan terkenal yang ada di mesir?
Mesir memiliki kampus yang tentunya cukup terkenal di dunia, tepatnya yaitu Universitas Al Azhar yang menjadi universitas favorit tempat berkuliah berbagai mahasiswa. Jika anda ingin berkuliah di mesir, Institusi pendidikan ini terkenal akan program beasiswanya yang diberikan secara berkesinambungan setiap tahun. Nah, Al-Azhar menyediakan beasiswa dari tingkat sarjana hingga doktoral. Para lulusan Universitas Al Azhar ini pun memiliki berbagai pengaruh yang luar biasa, salah satu contohnya yang tidak asing di telinga kita yaitu Habiburrahman El Shirazy.

Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter.

Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Penting! sebagai informasi, kuliah di Al-Azhar itu gratis, yang perlu diperhatikan cukup biaya hidup (living cost) saja. Itupun relatif murah, kuranglebih hanya sebesar Rp. 500.000.- (lima ratus ribu Rupiah) saja perbulan. Nah, cukup terbilang murah kan dibandingkan biaya hidup kita di Indonesia. Dengan kualitas pendidikan kelas dunia dan biaya hidup yang murah wajar saja jika Mesir dilirik oleh banyak para calon mahasiswa. Setiap tahunnya, mahasiswa internasional dari berbagai negara turut berkontribusi dalam menempuh pendidikan di negara tersebut.

Al-Azhar sebagai Universitas ke-2 tertua di dunia ini telah menghasilkan berbagai lulusan yang berkualitas. Terutama dalam peradaban islam. Al Azhar telah mencetak ulama-ulama, pemikir besar, dan para cendekiawan terkenal di dunia. Al-Azhar dengan ideologi ‘washathiyah’ nya selalu memberikan pembaharuan dalam peradaban Islam. Peranannya, tidak pudar dalam kemajuan peradaban umat. Ia selalu memberikan pembaharuan dan pemikiran yang segar pada umat. Dari awal berdirinya, hingga saat ini peranannya terus dinantikan. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk study di Al-Azhar Mesir?

Itulah sedikit pembahasan mengenai Mesir-Timur Tengah. Tuliskan kembali satu tujuan yang telah dipilih, sebagai tujuan yang sangat berarti dan benar-benar ingin dicapai dalam waktu dekat ini. Ingat, kemampuan kita terbatas, tetapi berprestasi ditengah keterbatasan adalah sebuah kepahlawanan dalam bentuk lain. Zero to Hero.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!