Wednesday, November 16, 2016

Beasiswa Fulbright 2017–2018

Apakah kalian selama ini berkeinginan untuk kuliah ke luar negeri, khususnya di Amerika? Jika memang benar itu adanya, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan di Amerika, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi yang ada disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan mencari tahu via internet saja. Simple bukan? Atau jika kalian punya sahabat yang sudah lebih dulu berkuliah disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. perlu kalian ketahui juga, bahwa banyak dari pelajar Indonesia yang berada di Amerika, tidak sedikit pula kisah-kisah inspiratif berdatangan langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah terlebih dahulu merasakan nikmatnya pendidikan disana. Ya, baik itu melalui biaya sendiri ataupun dengan beasiswa.

Dalam hal-hal pendidikan, negara-negara maju lebih cenderung mempunyai pendidikan yang lebih berkualitas. Nah, untuk itu, kalian bisa mengambil kesempatan tersebut untuk mendapat ilmu sebanyak-banyaknya, tentunya di bidang yang kamu minati ya... Sehingga nantinya kamu akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional. Banyak jalan agar kalian bisa memperoleh pendidikan lebih tinggi, baik itu dalam negeri ataupun luar negeri. Semisal yang sudah dipaparkan diatas. Caranya yaitu dengan menggunakan biaya sendiri ataupun memanfaatkan beasiswa-beasiswa yang ada, tentunya hal tersebut melalui beberapa tahapan seleksi.


Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. 

Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa. 

Ngomong-ngomong Kuliah di Amerika dan juga beasiswa, kebetulan sekali saat ini ada beasiswa yang sedang open dan tentunya bisa kalian manfaatkan untuk bisa berkuliah ke Amerika sana. Beasiswa apaitu? Yuk simak informasinya dibawah ini!

Untuk kalian yang memang masih haus akan ilmu dan benar-benar ingin mengenyam studi S2 atau S3 di Amerika Serikat, peluang bagus Beasiswa untuk anda semua yang datangnya dari Pemerintah Amerika Serikat. Tepatnya melalui beasiswa Fulbright. Beasiswa Fulbright ini sendiri merupakan salah satu beasiswa bergengsi yang terus ditawarkan Pemerintah AS. Beasiswa ini pun ditawarkan dalam beberapa jenis. Dua di antaranya adalah Fulbright Master’s Degree Program dan Fulbright PhD Degree Program. Beasiswa Fulbright Master merupakan beasiswa untuk jenjang master, dan beasiswa Fulbright PhD adalah beasiswa S3 bagi mereka yang ingin mengambil gelar doktor. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk membidiknya?

Jenis beasiswa Fulbright
Beasiswa Fulbright ini merupakan beasiswa yang diberikan secara penuh, yang secara langsung didanai oleh Pemerintah AS melalui lembaga AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Untuk beasiswa Fulbright Master’s Degree Program dibuka secara umum. Siapa saja boleh mendaftar. Begitu pun dengan beasiswa Fulbright PhD. Namun, disini untuk beasiswa Fulbright PhD ada prioritas tersendiri bagi mereka yang ingin bekerja sebagai dosen atau staf di perguruan tinggi negeri atau swasta.

Apa saja yang akan diterima dari beasiswa Fulbright ini?
Jika anda beruntung membidiknya, kalian akan mendapatkan banya manfaat, diantaranya; visa J-1, tiket pesawat pp Indonesia-AS, biaya kuliah yang diberikan secara penuh, biaya hidup di AS, serta biaya terkait lainnya. Nah, asiknya lagi para penerima beasiwa Fulbright ini juga akan memperoleh berupa asuransi kesehatan dan kecelakaan. 

Pelamar bisa mendaftar untuk semua bidang studi/ keahlian yang ditawarkan di universitas-universitas AS. Pengecualian pada bidang yang menyangkut perawatan pasien, pelatihan medis, atau sekolah kedokteran. Sangat terbuka untuk jurusan yang terkait dengan bidang humaniora, seni, ilmu sosial, sains, teknologi, teknik, matematika (STEM), dan kesehatan. Aplikasi yang berkaitan dengan bidang STEM dianjurkan fokus pada pelestarian lingkungan, eksplorasi energi alternatif, atau mitigasi perubahan iklim.

Persyaratan-persyaratan Beasiswa:

Khusus Program master (S2):
  1. Para pelamar dari Warganegara Indonesia, bukan penduduk tetap atau warganegara AS, atau saat ini tinggal di AS
  2. Para pelamar Sarjana (S1) dengan memiliki IPK minimal 3.0 (skala 4.00)
  3. Para pelamar juga memiliki kualitas kepemimpinan dan memperlihatkan pengalaman pada pelayanan masyarakat
  4. Memahami budaya Indonesia dan internasional dengan baik
  5. Memiliki persiapan serta komitmen pada bidang studi yang dipilih
  6. Menunjukkan secara realistis dapat mencapai studi pascasarjana penuh waktu atau melakukan penelitian di AS
  7. Bukan karyawan, anggota keluarga dekat atau tanggungan karyawan dari AMINEF, Kedubes AS, atau Departemen Luar Negeri AS 
  8. Tidak sedang menerima beasiswa lain pada saat pengajuan beasiswa Fulbright  
  9. Tidak berniat untuk mengejar program serupa lain untuk gelar ganda 
  10. Memperlihatkan komitmen yang kuat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program Fulbright
  11. Bersedia bekerja untuk institusi/lembaga asalnya selama setidaknya 5 lima tahun pada saat selesainya program beasiswa
  12. Minimum skor ITP TOEFL 550, IBT TOEFL 79/80, atau IELTS 6.0 (Tidak berlaku TOEFL prediction atau TOEFL-like)

Khusus Program doktor (S3): 
  1. Para pelamar sudah harus bergelar master dengan IPK minimal 3.0 (skala 4.00)
  2. Para pelamar juga harus menunjukkan kualitas kepemimpinan 
  3. Harus memahami budaya Indonesia dan internasional dengan baik
  4. Memiliki komitmen yang mendalam pada bidang studi yang dipilih
  5. Kesediaan pelamar untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program Fulbright serta mengambil posisi akademis di perguruan tinggi seusai kembali
  6. Memiliki kemampuan berbahasa inggris, minimum skor ITP TOEFL 575, IBT TOEFL 90, atau IELTS 6.5 (Tidak berlaku TOEFL prediction atau TOEFL-like)

Dokumen aplikasi (S2/S3) :
1. Formulir aplikasi lengkap. Termasuk di dalamnya satu halaman study objective. 
  • Untuk S2 silahkan unduh: (http://www.aminef.or.id/form/Fulbright%20Master.zip)
  • Untuk S3 silahkan unduh: (http://www.aminef.or.id/form/Fulbright%20PhD.zip)

2. Siapkan salinan skor ITP TOEFL, IBT TOEFL, atau IELTS (terbaru, kurang dari dua tahun terakhir)
3. Siapkan dua surat referensi dari dosen/ profesor serta supervisor tempat kerja yang mengenal Anda dengan baik
4. Salinan transkrip akademik (sudah harus diterjemahkan ke bahasa Inggris) 
5. Salinan dokumen identitas (KTP atau paspor)
6. Curriculum vitae

Pendaftaran Beasiswa:

Jika anda tertarik untuk membidik beasiswa ini, silahkan dilengkapi dokumen aplikasi di atas bersama formulir aplikasi dari AMINEF. Kemudian, silahkan kirimkan via pos atau antar bisa secara langsung ke alamat berikut: 
American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) Office
Intiland Tower, 11th Floor
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 32
Jakarta 10220
Tel : (021) -57939085 / 9086

Deadline Pendaftaran:

Pendaftaran serta pengajuan beasiswa Fulbright 2017/2018 ini dibuka paling lambat sampai tanggal 15 Februari 2017. Aplikasi sudah harus diterima pada tanggal tersebut. 

Informasi Terkait:

Bagi yang belum paham mengenai tata cara mendaftar dan ingin bertanya, silahkan bisa layangkan pertanyaan kalian melalui email: infofulbright_ind@aminef.or.id atau melalui laman Aminef (www.aminef.or.id). 

Ketika waktu yang ditentukan telah tiba, momentum itu menjadi penentu langkah. Apakah akan terus berjuang atau berhenti sampai di situ. Yakin, adanya tujuan dan orientasi yang jelas, bisa mengubah kelemahan menjadi kekuatan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!