Tuesday, November 15, 2016

Beasiswa Pertukaran Pelajar S1 2017-2018

Ingat! bicara soal beasiswa, kita sering dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya jika ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter.

Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.


Setelah selesai studi/ berkuliah di luar negeri, para penerima beasiswa ini wajib untuk pulang ke Indonesia dan memperaktikan ilmu serta pengalaman yang sudah didapat dari tempat ia studi/berkuliah di luar negeri, untuk nantinya bisa terus berkarya dan tentunya ikut andil dalam membangun negara kita tercinta. Nah, bagaimana jikalau ternyata peluang karier kita terbuka lebar di luar negeri? Untuk itu apakah boleh bekerja di luar negeri? Disni mungkin saja untuk waktu terbatas. 
Khusus untuk di Amerika Serikat, rata-rata setiap lulusan unuversitas di sana otomatis bisa mendapatkan visa kerja selama setahun. Nah, visa tersebut bisa dipakai untuk bekerja di bidang yang sesuai dengan ilmu yang dipelajari di kampus. Kesempatan ini disebut optional practical training (OPT). Dengan OPT, kita bisa memiliki pengalaman kerja di luar negeri, menambah portofolio, dan mengaplikasikan ilmu yang baru saja didapat di bangku kuliah. Untuk bisa mendapatkan OPT tersebut, kita harus menemukan kantor atau perusahaan yang mau merekrut, dan dari sinilah kita bisa mulai melangkah.

Nah, kesempatan kali ini, bidikbeasiswa.top akan memberikan kabar jikalau saat ini ada beasiswa pertukaran pelajar/pertukaran mahasiswa dari AMINEF, Amerika Serikat. Jika Anda saat ini merupakan salah seorang mahasiswa S1 di satu perguruan tinggi di Indonesia atau setidaknya telah menyelesaikan semester 1, kebetulan beasiswa program pertukaran pelajar dari AMINEF ini sangat cocok untuk Anda coba. 

Melalui GLobal Undergraduate Exchange Program (Global UGRADE). Kalian para pelajar Indonesia diberi kesempatan untuk bisa menjalani kuliah singkat selama satu semester di universitas-universitas Amerika Serikat. Banyak manfaat tentunya yang bisa kalian dapatkan melalui program pertukaran pelajar ini. Selain kalian bisa merasakan dan menjalani perkuliahan sebagai mahasiswa asing di universitas AS, para penerima beasiswa sendiri juga akan mendapatkan banyak sekali pengalaman. Berinteraksi dengan rekan-rekan mahasiswa AS dan dosen dan merasakan lingkungan akademik yang baru. Peserta juga akan diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan masyarakat selama 20 jam. Serta orientasi saat kedatangan dan workshop ketika program berakhir. Selama di AS, kandiat terpilih akan tinggal di fasilitas perumahan kampus bersama mahasiswa lainnya. Bagaimana, apakah kalian tertarik dengan pertukaran pelajar di Amerika Serikat ini? Jika jawabannya iya, kalian bisa persiapkan segala macam persyaratan dan lain-lainnya dibawah ini.

Persyaratan Beasiswa: 
  1. Kandidat harus merupakan warganegara Indonesia dan berusia lebih dari 18 tahun
  2. Para kandidat saat ini sedang kuliah di Indonesia
  3. Kandidat sudah terdaftar di program sarjana (S1), dan setidaknya telah menyelesaikan semester pertama
  4. Para kandidat memiliki dan memperlihatkan potensi kepemimpinan melalui (karya akademik, keterlibatan di masyarakat, dan kegiatan ekstrakurikuler)
  5. Para kandidat mepunyai keterampilan dalam berbahasa Inggris (dibuktikan dengan skor ITP TOEFL minimal 500 yang diperoleh dalam dua tahun terakhir). Wawancara dalam bahasa Inggris akan dilakukan untuk mengkonfirmasi bahwa pemohon mampu mencapai skor saat diuji. Kandidat terpilih akan didaftarkan untuk mengikuti ujian iBT TOEFL setelah pengumuman seleksi.
  6. Para kandidat sangat diutamakan bagi yang memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman di AS atau di luar negeri.
  7. Para kandidat/ pemohon juga berkomitmen kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program.

Dokumen aplikasi: 
  1. Surat rekomendasi unduh. (Satu rekomendasi dari akademik dan ditulis oleh dosen dari bidang studi utama pemohon. Kedua bisa dari dosen lain atau dari atasan, pelatih, atau pengawas kegiatan di masyarakat. Harap dicatat bahwa anggota keluarga dan teman-teman pribadi tidak boleh memberikan surat rekomendasi. 
  2. Fotokopi KTP para pelamar
  3. Transkrip nilai terakhir dalam bahasa Indonesia dan Inggris 

Pendaftaran: 

Bagi kalian yang tertarik, pendaftaran program beasiswa pertukaran pelajar/ mahasiswa 2017 di Amerika Serikat tersebut, dapat dilakukan secara online melalui laman Global UGRADE: http://exchangeprograms.worldlearning.org/?go=globalUGRAD1718

Catatan: para pelamar membuka/ membuat akun terlebih dahulu, untuk kemudian mengunggah dokumen aplikasi yang diminta di atas. Selanjutnya, setelah menyelesaikan aplikasi online tersebut, para pelamar perlu memberitahukan staf AMINEF dengan mengirimkan hasil scan nilai TOEFL ke email: info.scholarship@aminef.or.id

Deadline Pendaftaran:

Jika kalian tertarik dengan program ini, untuk batas pendaftaran online dan pengajuan aplikasi dibuka sampai tanggal 31 Desember 2016.  Jika ada yang belum di pahami terkait program ini, atau kalian memiliki pertanyaan terkait beasiswa tersebut, silahkan layangkan pertanyaan tersebut melalui email ke: info.scholarship@aminef.or.id atau bisa juga dicek melalui laman resmi AMINEF (www.aminef.or.id). 

Seperti yang sudah banyak orang bijak katakan; bahwa jangan pernah lelah untuk terus menuntut ilmu dan coba galilah selalu kemampuan yang kita miliki, selama kita masih diberi kesempatan dalam menjalani hidup. Sebab dengan ilmu, kita akan tahu apa-apa saja yang harus kita lakukan dan kerjakan. Dengan ilmu, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghadang di dalam kehidupan ini. Dengan ilmu pula, kita bisa lebih banyak memberi manfaat-manfaat untuk orang lain. Bahkan dengan ilmu pula, kita akan terus banyak bersyukur dan terus berusaha menjadi yang terbaik dalam mengisi kehidupan ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!