Friday, November 4, 2016

Beasiswa Brookings Institution, Amerika (Untuk Riset Pendidikan)

Jangan pernah lelah untuk terus menuntut ilmu dan coba galilah selalu kemampuan yang kita miliki selama kita masih diberi kesempatan dalam menjalani hidup. Sebab dengan ilmu, kita akan tahu apa-apa saja yang harus kita lakukan dan kerjakan. Dengan ilmu, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghadang di tengah kehidupan yang kita jalani ini. Dengan ilmu pula, kita bisa lebih banyak memberi manfaat-manfaat untuk orang lain. Bahkan dengan ilmu pula, kita akan terus banyak bersyukur dan terus berusaha menjadi yang terbaik dalam mengisi kehidupan ini.


Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. 

Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Nah, kali ini melalui salah satu program yaitu Center for Universal Education (CEU), kalian para peneliti ataupun ilmuan yang terdari dari negara-negara berkembang bisa memanfaatkan beasiswa riset ini. Beasiswa ini datangnya dari Brookings Institution, Amerika. Jika kalian berminat untuk melakukan riset terkait isu-isu pendidikan global, terkhusus berkaitan dengan pendidikan bagi anak-anak perempuan. Kegiatan penelitian tersebut akan dilangsungkan sekitar 4 ½ bulan, tepatnya mulai 10 Juli 2017 sampai dengan 17 November 2017.

Melalui program beasiswa riset ini, para kandidat penerima beasiswa nantinya akan bekerja dengan para staf Pusat pada pengembangan proyek penelitian khusus mereka dan kemudian dapat bekerja dengan tim komunikasi Brookings untuk mengembangkan strategi terhadap dampak kebijakan. Nah, selain itu juga, para peneliti nantinya akan berpartisipasi pada kegiatan pelatihan serta kesempatan untuk memperluas jaringan. Oke, langsung saja kira-kira apa sih yang bisa kalian dapatkan dari program beasiswa riset ini? Berikut adalah  ulasannya;
- Para kandidat penerima beasiswa ini akan mendapatkan tunjangan hidup sebesar $ 5.000 per bulan,
- Selain tunjangan para kandidat juga memperoleh biaya perumahan selama 4 ½ bulan, serta
- Asiknya lagi, para kandidat/penerima beasiswa ini nantinya akan memperoleh kupon untuk biaya perjalanan pulang-pergi. 
Jika program beasiswa ini sangat cocok untuk kalian, silahkan coba persiapkan beberapa persyaratan yang ada berikut dibawah ini.

Persyaratan:

1. Untuk dapat mendaftarkan diri dan ingin membidik beasiswa yang satu ini, sekiranya anda para pelamar/ kandidat harus memiliki latar belakang di bidang pendidikan, pembangunan, ekonomi, atau bidang terkait, dengan setidaknya 15 tahun pengalaman profesional baik penelitian / akademisi, non-pemerintah dan masyarakat sipil, pemerintah, atau bisnis. Nah, gelar master diperlukan; Ph.D. atau berlatarbelakang penelitian lebih di utamakan dan disukai. Apalagi kemampuan analisis dan menulis yang baik merupakan poin yan dibutuhkan.

2. Selanjutnya untuk persyaratan lainnya adalah para kandidat/ pelamar yang sekiranya belum pernah bekerja untuk pendidikan bagi anak-anak perempuan sebelumnya diberi kesempatan, akan tetapi harus menyertakan penjelasan bagaimana fokus pada pendidikan anak perempuan ini bisa berhasil terintegrasi dalam pekerjaan mereka saat ini dan akan datang. 

Selanjutnya, jika kalian merasa persyaratan-persyaratan diatas sudah merasa terpenuhi, berikut dibawah ini adalah beberapa dokumen aplikasi untukmendaftarkan diri pada beasiswa ini.

Dokumen Aplikasi Beasiswa: 

1. Para pelamar mengisi formulir aplikasi 
2. Proposal proyek penelitian (maksimal 10 halaman)
3. Curriculum vitae atau resume
4. Dua karya tulis dengan catatan kaki ( untuk masing-masing maksimal 3 halaman)
5. Dua surat rekomendasi dari referensi profesional (diemail secara langsung oleh pemberi rekomendasi ke: globalechidna@brookings.edu )

Pendaftaran Beasiswa: 

Nah, jika semua persyaratan dan sudah dilengkapi dokumen aplikasi yang dibutuhkan lalu kirim secara online di laman Brookings Institution.

Deadline Pendaftaran Beasiswa:

Program beasiswa ini masih sedang dibuka dan sudah harus diterima paling lambatnya tanggal 14 November 2016. Hanya kandidat yang berhak mengikuti sesi wawancara saja yang nantinya akan dihubungi oleh penyelenggara. Wawancara dilakukan via telepon. Pemenang kandidat terpilih akan diumumkan Maret 2017. 

Info Lebih Lanjut:

Jika ada pertanyaan terkait beasiswa riset di Brookings Institution, AS ini, kalian dapat melayangkan pertanyaan tersebut melalui alamat email: globalechidna@brookings.edu atau bisa juga melalui laman resmi di www.brookings.edu. 

Bagaimana, apakah kalian tertarik dengan beasiswa ini? Ingat! Kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan.

Selamat mencobanya dan semoga berhasil!