Wednesday, November 9, 2016

Daftar Program Master in International Affairs (MIA) di NUS, Singapura

Apa diantara kalian ada yang masih haus akan ilmu? Atau ada yang berkeinginan kuliah ke Singapura? Kalau ada, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan di Singapura, khususnya pendidikan dan perguruan tinggi disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan mencari tahu lewat internet. Atau jika kalian punya sahabat yang sudah lebih dulu berkuliah disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. perlu kalian ketahui, banyak dari pelajar Indonesia yang berada di Singapura, tidak sedikit pula kisah inspiratif yang datangnya langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah terlebih dahulu merasakan nikmatnya kuliah di Singapura sana.

Sebelumnya kalian juga harus tahu dua program beasiswa penuh yang di berikan dari pemerintah dan terbuka untuk siapa saja yang ingin mendaftarkan diri kuliah S2 di National University of Singapore (NUS). Program tersebut yakn Beasiswa LPDP dan Beasiwa Unggulan. Nah, NUS sendiri ternyata juga memiliki program beasiswa mandiri yang ditujukan secara langsung bagi para kandidat internasional, tentunya mereka yang terpilih merupakan kandidat berprestasi dan dinilai istimewa. Dengan ada banyaknya kesempatan tersebut, tentunya ini bisa menjadi solusi dan batu loncatan bagi Anda semua yang ingin melanjutkan studi di NUS, namun masih mengalami kendala berupa biaya/ materi. 

Bicara Singapura, kalian juga harus tahu bahwa di NUS sendiri ada yang namanya jurusan Master in International Affairs (MIA). Nah, jika kalian tertarik dengan jurusan ini, Anda akan diberikan pemahaman mendalam tentang isu-isu, teori, dan perdebatan dalam urusan internasional. Pada program ini, mahasiswa akan belajar menerapkan teori-teori kunci serta alat-alat analisis untuk merancang solusi terhadap masalah yang kompleks. Jurusan international affairs ini sangat pantas untuk dilirik dan dipertimbangkan untuk mengembangkan karir di dalam ataupun luar negeri.

Jika kalian tertarik, program MIA di NUS ini berlangsung selama dua tahun atau empat semester. Nah, kebetulan saat ini juga pendaftaran kuliah untuk tahun 2017 sedang dibuka. Jadi, silahkan Anda sudah bisa mendaftarkan diri kuliah di sana untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) yang nantinya bisa digunakan untuk melamar Beasiswa LPDP atau Beasiswa Unggulan periode 2017.

Persyaratan:
  • Para pelamar harus memiliki motivasi tinggi, berorientasi keluar, dan terbuka untuk ide-ide baru. Anda harus antusias memahami transformasi yang terjadi di Asia dan di seluruh dunia
  • Para pelamar sendiri nantinya akan dievaluasi berdasarkan kemampuan akademik. Ada nilai plus jika kalian memiliki pengalaman kerja relevan 
  • Kandidat sudah lulus sarjana dengan IPK minimum 3.5 dari skala 4.0
Perhatikan Beberapa Dokumen Aplikasi Berikut:
  • Mengisi Formulir aplikasi secara online 
  • Membuat Personal statement tidak lebih dari 500 kata (jelaskan motivasi Anda mendaftar program MIA dan relevansinya bagi pengembangan karir Anda ke depan)
  • Membuat contoh karya tulis tidak lebih dari 2.000 kata. Anda bisa menggunakan karya tulis yang diajukan saat mengambil gelar sebelumnya, karya fiksi, artikel surat kabar, atau penggalan dari karya analisis
  • Tiga buah laporan referee. Jika Anda sudah lulus kurang dari lima tahun saat pendaftaran, setidaknya satu referensi berasal dari dosen/pihak fakultas untuk membuktikan kemampuan akademis Anda
  • Salinan ijazah dan transkrip akademik 
  • Skor GRE, GMAT, atau LSAT yang masih berlaku
Pendaftaran:

Untuk saat ini, pendaftaran kuliah S2 program MIA di NUS ini cukup mudah. Para pelamar hanya perlu mengisi formulir aplikasi secara online dan kemudian mengunggah dokumen aplikasi lainnya yang diminta di atas. Untuk perkuliahan yang dimulai 2017 sendiri, pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Agustus 2016 sampai dengan tanggal 15 Januari 2017, tepatnya waktu Singapura. Sedangkan untuk hsil seleksi sendiri, nantinya akan diberitahukan kepada para pelamar sekitar akhir Maret. 

Catatan Penting: 

Jika anda tertarik untuk mendaftarkan diri, ada baiknya kalian harus mendapatkan brosur programnya terlebih dahulu. Anda bisa memintanya dengan mengisi formulir yang disediakan pada bagian “Request For a Programme Brochure : http://bit.ly/mia-nus” di laman NUS. Isi kolom yang diminta, seperti nama lengkap, email, serta tahun kuliah yang ingin dilamar, dll. Jika sudah merasa lengkap, langsung saja klik “Submit”. Cek email untuk pemberitahuannya.

Ingat! Seperti yang sudah banyak orang bijak katakan; bahwa jangan pernah lelah untuk terus menuntut ilmu dan coba galilah selalu kemampuan yang kita miliki, selama kita masih diberi kesempatan dalam menjalani hidup. Sebab dengan ilmu, kita akan tahu apa-apa saja yang harus kita lakukan dan kerjakan. Dengan ilmu, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghadang di dalam kehidupan ini. Dengan ilmu pula, kita bisa lebih banyak memberi manfaat-manfaat untuk orang lain. Bahkan dengan ilmu pula, kita akan terus banyak bersyukur dan terus berusaha menjadi yang terbaik dalam mengisi kehidupan ini.

Bicara soal beasiswa, memang sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/ pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. 

Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!