Friday, November 11, 2016

Beasiswa IPOET di Swedia 2017-2018

Apa di antara kalian ada yang masih haus akan ilmu? Atau ada yang berkeinginan untuk kuliah ke Swedia? Kalau ada, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan di Swedia, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan mencari tahu via internet. Simple bukan? Atau jika kalian punya sahabat yang sudah lebih dulu berkuliah disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. perlu kalian ketahui juga, bahwa banyak dari pelajar Indonesia yang berada di Swedia, tidak sedikit pula kisah inspiratif berdatangan langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah terlebih dahulu merasakan nikmatnya kuliah di Swedia, baik itu melalui biaya sendiri ataupun dengan beasiswa.


Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa.

Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Ngomong-ngomong Swedia dan beasiswa, kebetulan saat ini sedang dibuka beasiswa IPOET-Swedia. Melalui IPOET Scholarships (International Programme Office for Education and Training), pelamar diberi kesempatan untuk memperoleh pengurangan biaya kuliah secara signifikan. Beasiswa IPOET sendiri merupakan beasiswa master yang secara tidak langsung didanai oleh Pemerintah Swedia bagi mahasiswa internasional yang tentunya berkeinginan melanjutkan studinya di Chalmers. Program beasiswa IPOET sendiri berupa pengurangan biaya kuliah sebesar 75 persen selama durasi program master (2 tahun). Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika para pelamar/ mahasiswa yang bersangkutan memiliki prestasi di tahun pertama studi, pengurangan biaya kuliah tersebut dapat meningkat jadi 85 persen dari biaya kuliah pada tahun kedua studi. 

Program beasiswa untuk tahun akademik 2017–2018 ini, sekiranya ada 50 beasiswa disediakan Chalmers. Nah, yang lebih menarik lagi, Beasiswa IPOET dibuka untuk semua jurusan atau program master yang ada di Chalmers. Untuk itu, para pelamar sendiri hanya perlu melihat apakah jurusan mereka tersedia di Chalmers, untuk kemudian mendaftar diri pada beasiswa IPOET tersebut. Bagaimana para calon master, apa kalian berniat untuk membidiknya?  

Persyaratan Beasiswa IPOET:

1. Para kandidat atau pelamar merupakan warganegara non Uni Eropa/Kawasan Ekonomi Eropa, yang wajib membayar biaya kuliah untuk pendidikan di universitas Swedia
2. Para kandidat sendiri merupakan pelamar program master di tahun pertama 

Pendaftaran Beasiswa IPOET: 

Untuk bisa mengajukan beasiswa IPOET-Swedia ini, para pelamar harus; 
- Terlebih dahulu mendaftarkan diri ke program master Chalmers melalui University Admissions http://goo.gl/JQASm8. Kemudian setelah terdaftar dan memperoleh nomor aplikasi, pelamar bisa mengajukan beasiswa dengan mengisi formulir aplikasi beasiswa secara online. 
- Setelah mengisi formulir tersebut nantinya para kandidat akan menerima kiriman link personal yang mengarahkan ke formulir beasiswa. Link personal tersebut dikirim secara manual. Mungkin butuh beberapa hari, sehingga pelamar perlu memeriksanya secara rutin di kotak masuk email. 

Deadline Pendaftaran Beasiswa IPOET:

Pengajuan aplikasi beasiswa paling lambat tanggal 16 Januari 2017. Sedangkan untuk pengumuman hasil seleksi beasiswa itu sendiri akan disampaikan Chalmers pada bulan Maret hingga pertengahan April 2017. 

Catatan Penting Beasiswa IPOET:

Beberapa pertimbangan seleksi beasiswa di antaranya; 
- keunggulan akademik pelamar, 
- rangking perguruan tinggi asal, serta 
- urutan prioritas program master yang dipilih di Chalmers. 

Selamat mencoba dan semoga beruntung!

Ingat! kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan.

Tuliskan kembali satu tujuan yang telah dipilih, sebagai tujuan yang sangat berarti dan benar-benar ingin dicapai dalam waktu dekat. Ingat, kemampuan kita terbatas, tetapi berprestasi ditengah keterbatasan adalah sebuah kepahlawanan dalam bentuk lain. Zero to Hero.