Friday, November 11, 2016

University Prize Scholarships, Inggris

Apakah kalian selama ini berkeinginan untuk kuliah ke luar negeri, khususnya di Inggris? Jika memang benar itu adanya, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan di Inggris, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi yang ada disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan mencari tahu via internet saja. Simple bukan? Atau jika kalian punya sahabat yang sudah lebih dulu berkuliah disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. perlu kalian ketahui juga, bahwa banyak dari pelajar Indonesia yang berada di Inggris, tidak sedikit pula kisah-kisah inspiratif berdatangan langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah terlebih dahulu merasakan nikmatnya pendidikan di Inggris. Ya, baik itu melalui biaya sendiri ataupun dengan beasiswa.

Dalam hal-hal pendidikan, negara-negara maju lebih cenderung mempunyai pendidikan yang lebih berkualitas. Nah, untuk itu, kalian bisa mengambil kesempatan tersebut untuk mendapat ilmu sebanyak-banyaknya, tentunya di bidang yang kamu minati ya... Sehingga nantinya kamu akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional. Banyak jalan agar kalian bisa memperoleh pendidikan lebih tinggi, baik itu dalam negeri ataupun luar negeri. Semisal yang sudah dipaparkan diatas. Caranya yaitu dengan menggunakan biaya sendiri ataupun memanfaatkan beasiswa-beasiswa yang ada, tentunya hal tersebut melalui beberapa tahapan seleksi.


Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa.

Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Ngomong-ngomong Inggris dan beasiswa, kebetulan saat ini salah satu kampus di inggris sedang membuka program beasiswa. Melalui University Prize Scholarships, anda yang berkeinginan studi di kampus inggris bisa memanfaatkan program beasiswa ini. University Prize Scholarships sendiri merupakan program beasiswa S3 untuk gelar PhD bagi semua pelamar University of Sheffield. Program beasiswa ini bersifat umum, dimana bagi para kandidat/ pelamar bisa memanfaatkannya di semua bidang jurusan yang tersedia di universitas tersebut.

Pada kesempatan program beasiswa yang sedang di buka ini, para kandidat/ pelamar yang beruntung akan mendapatkan banyak sekali manfaat, diantaranya;
- tanggungan penuh biaya kuliah, 
- tunjangan pemeliharaan bebas pajak £ 20.000 per tahun, 
- bantuan pelatihan riset £ 2.500/tahun untuk kunjungan studi, 
- konferensi, 
- buku- buku, 
- bahan habis pakai, dan 
- perlengkapan. 

Program beasiswa di salah satu kampus inggris ini diberikan hingga tiga tahun lamanya untuk studi penuh waktu atau enam tahun untuk studi paruh waktu. Perbedaannya jika para kandidat/ pelamar mengambil studi paruh waktu, maka tunjangan pemeliharaan hanya diberikan 50% atau £ 10.000 per tahun. Untuk mempertahankan beasiswa, kandidat harus menunjukkan progress yang memuaskan. Bagaimana, apakah kalian siap untuk membidiknya?

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

1. Para pelamar harus memperoleh, atau bakal meraih gelar dengan predikat first class atau upper second class honours atau yang setara (cumlaude)
2. Pelamar juga harus mendaftar untuk memulai tahun pertama studi PhD penuh waktu atau paruh waktu dengan universitas
3. Program beasiswa dibuka untuk pelamar dari Inggris, Uni Eropa, dan internasional 

Proses Pendaftaran:

- Para kandidat/ pelamar program beasiswa ini harus mendaftar ke University of Sheffield terlebih dahulu secara online melalui sistem aplikasi pascasarjana: 
www.sheffield.ac.uk/postgraduate/research/apply

- Setelah mendaftar ke universitas dan memperoleh Admissions Offer, login kembali ke sistem aplikasi tersebut kemudian lengkapi bagian untuk aplikasi beasiswa. 

Catatan: Jangan lupa untuk teliti terlebih dahulu program studi yang nantinya akan diambil, sebelum mendaftar ke universitas. Periksa juga kelengkapan dokumen yang perlu dipersiapkan untuk diajukan secara online ke sistem aplikasi, semisal salinan ijazah dan transkrip, referensi akademik, CV, dll.  

Deadline Pendaftaran:

Untuk tahun akademik 2017–2018, pendaftaran online beasiswa S3 di University of Sheffield berakhir tanggal 1 Februari 2017. Info lebih lanjut mengenai program beasiswa ini dapat diajukan melalui email: pgr-scholarships@sheffield.ac.uk atau cek di alamat website universitas yang tertera. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil!