Sunday, November 5, 2017

Ingin Studi Di Jerman? Manfaatkan Beasiswa Ini

Ketika waktu yang ditentukan telah tiba, momentum itu menjadi penentu langkah. Apakah akan terus berjuang atau berhenti sampai di situ. Yakin, adanya tujuan dan orientasi yang jelas, bisa mengubah kelemahan menjadi kekuatan. Ingat! seperti yang sudah orang bijak katakan; bahwa jangan pernah lelah untuk terus menuntut ilmu dan coba galilah selalu kemampuan yang kita miliki selama kita masih diberi kesempatan dalam menjalani hidup. Sebab dengan ilmu, kita akan tahu apa-apa saja yang harus kita lakukan dan kerjakan. Dengan ilmu, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghadang di tengah kehidupan yang kita jalani ini. Dengan ilmu pula, kita bisa lebih banyak memberi manfaat-manfaat untuk orang lain. Bahkan dengan ilmu pula, kita akan terus banyak bersyukur dan terus berusaha menjadi yang terbaik dalam mengisi kehidupan ini.


Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter.

Perlu kalian ketahui juga, dalam membuat sebuah esai kita pun sebagai pelamar harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain pun mudah untuk dipahami, sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa tersebut bisa diterima oleh pihak universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Apakah ada diantara kalian yang berkeinginan untuk kuliah ke luar negeri, khususnya di jerman? Jika ada, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan di jerman, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi yang ada disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan banyak mencari tahu lewat internet saja. Simple bukan? Atau jika kalian punya teman yang sudah lebih dulu berkuliah disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. Bicara jerman, perlu kalian ketahui juga bahwa banyak dari pelajar Indonesia yang berada di jerman, tidak sedikit pula kisah-kisah inspiratif berdatangan secara langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah terlebih dahulu merasakan nikmatnya pendidikan disana.


Nah, untuk kalian yang berminat mengikuti jejak Bj. Habibi untuk bisa berkuliah di jerman, ada baiknya kalian harus tahu terlebih dahulu beberapa macam beasiswa yang bisa di manfaatkan untuk bisa studi di jerman. Berikut ini kami coba rangkum macam-macam beasiswa di Jerman dari berbagai sumber, yuk simak dibawah ini!

  • Erasmus+ (Erasmus Plus)

Beasiswa ini dilakukan oleh European Commission untuk membiayai program pendidikan, pelatihan, pemuda, dan olahraga.
Web Erasmus : eacea.ec.europa.eu

  • DAAD Scholarships

Penawaran beasiswa ini disediakan oleh Deutscher Akademischer Austauschdiesnt Academic Exchange Service (DAAD) dalam berbagai program yang dapat kamu pilih.
Web DAAD : www.daadjkt.org

  • Deutschland Stipendium

Di beasiswa ini, untuk mahasiswa internasional yang berprestasi dan memenuhi persyaratan bisa mendapatkan dana hingga €300 per bulan.
Web : www.deutschlandstipendium.de

  • Heinrich Boll Scholarships

Beasiswa ini rutin dilakanakan setiap tahun dan terbagi dalam dua gelombang pendaftaran.
Web : www.boell.de

  • Kurt Hansen Science Scholarships

Buat kamu yang ingin kuliah di bidang sains, beasiswa ini patut untuk dicoba. Beasiswa yang disediakan bervariasi, bisa berupa dana proyek, magang, pelatihan tenaga pengajar sains, dll
Web : www.bayer-foundations.com

  • KAAD Scholarship

KAAD merupakan institusi berbasis agama Katholik yang menawarkan beasiswa bagi mahasiswa dari negara berkembang (temasuk Indonesia)
Web : http://kaad.de

  • Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers

Beasiswa yg diberikan berupa potongan biaya kuliah bagi mahasiswa yang mengambil program Akuntansi, Administrasi Bisnis, Keuangan, dan Matematika
web : www.frankfurt-school.de

  • FRIAS Cofund Fellowship Programme

Beasiswa ini ditawarkan oleh University of Freiburg untuk program penelitian. Pengumuman beasiswa dilakukan di musim panas.
Web : www.frias.uni-freiburg.de

  • RWTH Aachen University Scholarships

Beasiswa ini berasal dari Aachen University, dimana univeritas ini termasuk jajaran 100 besar universitas terbaik di dunia.
Web : www.rwth-aachen.de


Itulah beberapa beasiswa yang bisa anda manfaatkan untuk bisa studi di jerman. Tuliskan kembali satu tujuan yang telah dipilih, sebagai tujuan yang sangat berarti dan benar-benar ingin dicapai dalam waktu dekat. Ingat, kemampuan kita terbatas, tetapi berprestasi ditengah keterbatasan adalah sebuah kepahlawanan dalam bentuk lain. Zero to Hero.

Ingat! Kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!