Saturday, December 3, 2016

Beasiswa S2 dan S3 di Republik Ceko

Selain negara eropa berikut ini (Inggris, Perancis, Jerman, atau Belanda) yang selalu menjadi pilihan bagi para pencari/ pelamar beasiswa, ada baiknya kalian juga perlu menengok dan memanfaatkan beasiswa yang satu ini, yang datangnya dari Republik Ceko, yaitu salah satu negara di Eropa Tengah. Program beasiswa ini disediakan oleh South Moravian Centre for International Mobility (JCMM). Adalah debuah organisasi non profit di Daerah Moravia Selatan, Republik Ceko yang menyediakan dukungan serta bantuan bagi mahasiswa maupun peneliti berbakat.

Tepatnya melalui Scholarship for Foreign University Students, Anda yang berasal dari kawasan luar eropa semisal indonesia, dipersilahkan untuk membidik secara Khusus beasiswa luar negeri yang disediakan JCMM ini. Beasiswa yang disediakan yaitu terdiri dari jenjang S2 dan S3. Para pelamar sendiri bisa memanfaatkan beasiswa ini untuk mengambil program-program studi yang tepatnya berkaitan dengan bidang teknik dan ilmu-ilmu alam di sejumlah universitas mitra JCMM.


Berikut dibawah ini merupakan Universitas mitra terkait yang meliputi: 
  1. Masaryk University (www.muni.cz/?lang=en)
  2. Brno University of Technology (http://www.vutbr.cz)
  3. University of Veterinary and Pharmaceutical Sciences Brno (www.vfu.cz)
  4. Mendel University of Agriculture and Forestry in Brno (www.mendelu.cz/en/?lang=en)

Pada kesempatan kali ini, program beasiswa di Republik Ceko yang disediakan JCMM nilainya mencapai 700 Czech crown per bulan atau sekitar 250 Euro per bulan. Nah, beasiswa ini dapat dimanfaatkan oleh para kandidat yang beruntung untuk biaya hidup selama tahun pertama studi. 

Asiknya lagi, apabila para mahasiswa yang bersangkutan nantinya memperoleh hasil prestasi yang bagus pada tahun pertamanya tersebut, secara otomatis mereka juga dapat memperoleh beasiswa di tahun berikutnya dari pihak universitas. Selain itu, jika sebelumnya para pelamar sendiri mengambil program studi dalam bahasa Ceko, maka mereka akan dibebaskan dari biaya kuliah. Asiknya lagi, masih ada manfaat lainnya dari program beasiswa ini, yaitu bantuan gratis untuk konsulitasi serta dukungan mengenai prosedur ujian masuk universitas di Daerah Moravia Selatan. 

Persyaratan:
  1. Para pelamar merupakan mahasiswa asing dari negara di luar Uni Eropa yang mengejar program studi master atau PhD dalam bahasa Ceko pada universitas mitra di Brno, Republik Ceko 
  2. Para pelamar sebelumnya belum pernah belajar di salah satu universitas Ceko, kecuali untuk kursus persiapan dan bahasa, atau program pertukaran studi jangka pendek. Mereka yang sudah pernah studi di Republik Ceko dan telah tinggal minimal selama 6 bulan (tertanggal Juni 2017), tidak memenuhi syarat untuk mendaftar
  3. Para pelamar lebih disukai program-program studi bidang teknik dan ilmu-ilmu alam 
  4. Para pelamar sendiri setidaknya memiliki pemahaman bahasa Ceko yang baik (lanjutan ke studi master membutuhkan pengetahuan bahasa Ceko yang sangat baik, untuk studi PhD masing-masing fakultas memiliki ketentuan yang berbeda)

Dokumen aplikasi: 
  1. Para pelamar setidaknya memiliki dua surat rekomendasi (dari universitas, sekolah, atau atasan)
  2. Membuat curriculum vitae (CV) (maks 2 halaman)
  3. Membuat motivation letter (maks 2 halaman)
  4. Melampirkan Ijazah dan juga transkrip nilai beserta terjemahan resminya ke dalam bahasa Ceko/Inggris

Pendaftaran: 

Jika Anda tertarik untuk membidik beasiswa ini, pendaftaran beasiswa JCMM untuk S2 dan S3 dilakukan secara online. Silahkan para pelamar untuk melengkapi (formulir aplikasi) yang disediakan online dan lampirkan bersama dokumen aplikasi yang diminta. 

Deadline Pendaftaran:

Jika Anda tertarik dengan program Beasiswa S2 dan S3 di Republik Ceko ini, silahkan mengajukan aplikasi yang di minta paling lambat 31 Januari 2017. 

Catatan Penting: 
  • Apabila saat ini Anda yang tengah menyelesaikan studi, dan baru akan mendapatkan ijazah setidaknya paling lambat Juli 2017, juga diperbolehkan untuk bisa mendaftar dengan syarat melampirkan hasil scan konfirmasi dari universitas yang menjelaskan bahwa Anda adalah mahasiswa tahun akhir (sudah ditandatangani dan dicap). 
  • Untuk pengajuan aplikasi mahasiswa ke universitas sendiri, tersedia mulai Februari–Juni 2017, semantara itu untuk ujian masuk/wawancara universitas pada Mei–Juli 2017. Pengumuman dan hasil akhir seleksi beasiswa akan diberitahukan akhir Juni 2017. 
  • Jika masih ada yang belum dipahami terkait tata-cara pendaftaran beasiswa ini, silahkan hubungi secara langsung Kontak yang tersedia berikut ini:

Iveta Kumstátová
Alamat E-mail: iveta.kumstatova@jcmm.cz
No.Telp: +420 725 745 596
Situsweb: www.jcmm.cz

Selamat mencoba dan semoga Anda menjadi salah satu kandidat yang beruntung!