Tuesday, October 18, 2016

Beasiswa di Santa Fe Institute (Program Omidyar Fellowship)

Ngomong-ngomong soal beasiswa, sering sekali kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. 

Nah, perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah. Sehingga nantinya peluang untuk mendapatkan beasiswa terbuka lebar jalannya. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang.

Pada kesempatan yang baik kali ini, Santa Fe Institute (SFI) menawarkan beasiswa postdoctoral bagi pemegang gelar PhD. Beasiswa ini berdurasi hingga tiga tahun melalui program Omidyar Fellowship. Kandidat terpilih akan melakukan riset postdoctoral selama berada di Santa Fe Institute. Lembaga ini tepatnya berada di Santa Fe, New Mexico, USA. 

Penelitian yang dilakukan bersifat kolaboratif dan mencakup : 
- ilmu-ilmu fisik, 
- ilmu alam, dan 
- ilmu sosial. 
Kebanyakan penelitian adalah teoritis dan / atau komputasi di alam, meskipun beberapa penelitian mencakup komponen empiris. 

Selain menyediakan kolaborasi penelitian lintas disiplin bersama para peneliti terkemuka di seluruh dunia, juga disediakan dana kolaborasi dan penelitian diskresioner, gaji dan tunjangan yang kompetitif, tempat tinggal di Santa Fe, serta program pelatihan kepemimpinan yang terstruktur. Kandidat dari negara manapun bisa mendaftar beasiswa postdoctoral di Santa Fe Institute ini. Terbuka pula untuk mereka dengan berbagai disiplin ilmu, dan sangat dianjurkan bagi pelamar perempuan atau anggota kelompok yang kurang terwakili. 

Persyaratan: 
1. Pelamar menyandang gelar PhD dari berbagai disiplin ilmu, atau akan meraih gelar PhD paling lambat September 2017.
2. Pelamar memiliki keterampilan di bidang komputasi dan kuantitatif 
3. Pelamar juga harus memiliki catatan akademik yang layak dicontoh
4. Kemampuan bekerja yang sudah terbukti, baik secara mandiri maupun kolaboratif 
5. Menunjukkan minat dalam penelitian multidisiplin 
6. Bukti kemampuan berfikir di luar paradigma tradisional 

Dokumen aplikasi: 
1. Curriculum vitae (termasuk di dalamnya daftar publikasi) 
2. Pernyataan minat penelitian (maksimal 2 halaman) termasuk deskripsi singkat penelitian yang ingin dilakukan dan mengapa 
3. Deskripsi minat di SFI (maksimal 1 halaman) yang menjelaskan potensi kontribusi Anda untuk komunitas SFI dan juga jabarkan dampak potensial penelitian Anda bagi SFI. Pertimbangkan untuk membahas satu atau lebih hal berikut: 
- Apa jenis masukan dari bidang lain yang akan paling meningkatkan penelitian masa depan Anda?
- Apa jenis lokakarya multidisiplin yang mungkin ingin Anda gelar selama Fellowship? 
- Apa aspek penelitian Anda sekarang atau masa depan yang sulit untuk dikejar di lingkungan akademis tradisional?
4. Tiga surat rekomendasi dari para akademisi yang mengetahui pekerjaan Anda. (Surat-surat harus dikirim secara independen dari aplikasi. Ketika Anda melengkapi aplikasi online, sediakan alamat e-mail dari tiga orang yang akan merekomendasikan Anda. SFI akan menghubungi mereka secara langsung mengenai instruksi mengirimkan rekomendasi)
5. (Opsional) Salinan satu makalah yang telah Anda tulis dalam bahasa Inggris, baik yang diterbitkan atau tidak diterbitkan

Pendaftaran: 
Pada pendaftaran beasiswa ini, anda sudah harus menyiapkan dokumen-dokumen aplikasi yang dibutuhkan tersebut di atas. Kemudian anda unggah bersama formulir aplikasi yang diisi secara online https://sfiomidyar.fluidreview.com/.

Catatan : Pelamar program beasiswa Santa Fe Institute ini menggunakan pendaftaran secara online. Jadi, pelamar perlu membuat akun terlebih dahulu.

Aplikasi online untuk Omidyar Fellowship 2017 ini diterima paling lambat tanggal 30 Oktober 2016. Bagi pelamar yang beruntung dan lolos seleksi administratif akan diundang untuk mengikuti wawancara pada pertengahan Desember 2016. Wawancara sendiri akan berlangsung selama 2 hari pada bulan Januari 2017 di Santa Fe, New Mexico.

Untuk info lebih lanjut terkait beasiswa ini, bisa langsung layangkan melalui email:
- Ofellowshipinfo@santafe.edu atau 
- laman web Santa Fe Institute. 

Sumber, referensi : beasiswapascasarjana[dot]com
Ingat! Kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!