Tuesday, October 18, 2016

Beasiswa Singapura (Nanyang President’s Graduate Scholarship)

Seperti yang sudah banyak orang bijak katakan; bahwa jangan pernah lelah untuk terus menuntut ilmu dan coba galilah selalu kemampuan yang kita miliki selama kita masih diberi kesempatan dalam menjalani hidup. Sebab dengan ilmu, kita akan tahu apa-apa saja yang harus kita lakukan dan kerjakan. Dengan ilmu, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghadang di tengah kehidupan yang kita jalani ini. Dengan ilmu pula, kita bisa lebih banyak memberi manfaat-manfaat untuk orang lain. Bahkan dengan ilmu pula, kita akan terus banyak bersyukur dan terus berusaha menjadi yang terbaik dalam mengisi kehidupan ini.


Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. 

Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Nah, untuk kalian yang masih haus akan ilmu, dan untuk kalian yang berkeinginan mengejar pendidikan tinggi di luar negeri, khususnya singapura, kalian bisa mencoba melamar program beasiswa ini. Melalui Program Nanyang President’s Graduate Scholarship, kalian bisa mencoba kesempatan untuk bisa lanjut kuliah ke jenjang S3 di kampus NTU Singapura ini.  Beasiswa ini di peruntukan bukan hanya dari pelamar singapura saja, namun di peruntukan juga bagi pelamar internasional, salah satunya yaitu Indonesia. 

Program Beasiswa NPGS ini merupakan salah satu beasiswa S3 riset untuk gelar PhD di NTU. Untuk memperoleh beasiswa S3 ini pun, kandidat/ pelamar haruslah istimewa, salah satunya benar-benar memiliki prestasi akademik baik.  

Apa saja yang akan di dapat dari beasiswa ini?
Nah, jika kalian beruntung, kalian para penerima beasiswa S3 di NTU ini akan mendapatkan sejumlah fasilitas, di antaranya sebagai berikut;
- biaya pendidikan penuh, 
- biaya bulanan sebesar $ 3.000, 
- biaya konferensi $ 4.000 per tahun, 
- biaya tunjangan IT $ 1.500,
- bantuan tahunan $ 500 untuk berlangganan jurnal atau pembelian buku, 
- biaya penyusunan tesis, serta 
- biaya akomodasi kampus. 

Persyaratan:
1. Pelamar Lulus sarjana dengan predikat First Class Honours atau Cumlaude
2. Jika belum selesai sarjana, Anda perlu menyediakan dokumen dari universitas yang menerangkan tengah dalam proses mendapatkan gelar

Dokumen aplikasi:
1. Mengisi formulir aplikasi online 
2. Satu lembar foto terbaru (ukuran paspor)
3. Paspor 
4. Skor TOEFL/IELTS
5. Skor GRE/GMAT/GATE
6. Transkrip akademik (gelar master)
   › Terjemahan resmi dalam bahasa Inggris 
   › Dokumen bahasa asli 
7. Ijazah gelar master 
8. Transkrip akademik (gelar sarjana)
   › Terjemahan resmi dalam bahasa Inggris 
   › Dokumen bahasa asli 
9. Ijazah gelar sarjana 
10. Proposal riset, resume, abstrak publikasi riset, serta dokumen penunjang lainnya

Pendaftaran:
Jika kalian tertarik untuk melamar Beasiswa S3 di NTU untuk tahun akademik 2017–2018 pendaftaran dilakukan secara online. 
- Scan dokumen aplikasi yang dibutuhkan di atas, kemudian
- Lampirkan bersama formulir aplikasi online dibawah ini;

http://venus.wis.ntu.edu.sg/GOAL/OnlineApplicationModule/frmOnlineApplication.aspx?schlship=npgs

Deadline pendaftaran: 
Program beasiswa ini dibuka tanggal  1 Oktober - 30 November 2016. Pertanyaan terkait beasiswa NPGS ini bisa ditujukan langsung melalui email: Admission_Research@ntu.edu.sg . 

Ingat! Kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan.

Selamat mencoba dan Semoga berhasil!