Tuesday, October 25, 2016

Beasiswa S1 dan S2 di Monash University

Ketika waktu yang ditentukan telah tiba, momentum itu menjadi penentu langkah. Apakah akan terus berjuang atau berhenti sampai di situ. Melalui Monash International Leadership Scholarship, kalian para pemburu beasiswa berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Monash University, Australia. Program beasiswa ini ditujukan bagi kalian para kandidat internasional, salah satunya Indonesia yang ingin mengambil pendidikan pada jenjang S1 atau S2.


Ya, bicara pendidikan di Australia memang sudah tidak diragukan lagi. Pendidikan disana terbilang maju dan cukup baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya program beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa internasional. Nah, untuk kalian yang ingin membidik beasiswa yang sedang di buka di Monash University ini, kalian para kandidat yang beruntung akan memperoleh tanggungan biaya kuliah (course fee) sebesar 100 persen hingga mata kuliah selesai.
*Catatan: beasiswa ini murni hanya menyediakan biaya pendidikan, tanpa adanya akomodasi, asuransi kesehatan, ataupun biaya hidup.

Seperti yang sudah-sudah sebelumnya, untuk program beasiswa ini disediakan hingga empat kursi. Nah, sebelum mengajukan beasiswa, para pelamar/pemohon harus terlebih dahulu mendaftarkan diri di universitas dan tentunya diterima sepenuhnya. Program beasiswa dibuka untuk semua perkuliahan biasa (coursework) jenjang S1 atau S2 di Monash University.

Jika kalian tertarik dengan beasiswa ini, berikut beberapa persyaratannya:

  1. Beasiswa diberikan kepada Mahasiswa internasional
  2. Sudah mendaftar dan diterima perkuliahan penuh waktu (coursework) untuk gelar sarjana atau pascasarjana di kampus Monash, Australia
  3. Beasiswa ini tidak diberlakukan untuk gelar Bachelor of Medicine/Bachelor of Surgery (MBBS) atau Master of Business Administration (MBA)
  4. Beasiswa ini tidak diberlakukan bagi mahasiswa di program Monash Pathway (misalnya, Monash College dan Monash University Foundation Year)
  5. Tidak memenuhi syarat untuk mahasiswa transfer dari kampus Monash lainnya atau dari universitas lain di Australia
  6. Tidak memenuhi syarat jika sedang studi di sekolah menengah Australia (year 12)
*Catatan: Para pelamar diminta untuk mempertahankan nilai 70 % atau lebih setiap semesternya agar bisa terus melanjutkan beasiswa.

Aplikasi Pendaftaran:

Seperti yang sudah dipaparkan diatas, pelamar harus terlebih dahulu terdaftar sebagai mahasiswa di Monash University. Anda bisa mengunjungi laman Monash University (www.monash.edu) untuk mendaftar, setelah itu anda memilih jenjang studi coursework yang diminati untuk mahasiswa internasional. Kemudian, jika setelah terdaftar dengan status tanpa syarat (no conditions) dan memperoleh nomor Student ID, Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke beasiswa ini. 

Untuk pendaftaran beasiswa dilakukan dengan cara mengisi yang disediakan, kemudian anda bisa menyerahkannya ke alamat berikut: 
Central Admissions
Monash Connect, Clayton Campus
21 Chancellor’s Walk, Campus Centre
Monash University
VIC 3800, Australia
Email: mu.documents@monash.edu

Deadline untuk masing-masing pendaftaran beasiswa:

- Untuk periode pertama (15 Oktober)
- Untuk periode kedua (15 November)
- Untuk periode ketiga (15 Januari)
- Untuk periode keempat (15 Maret)
- Untuk periode kelima (15 April)
- Untuk periode keenam (12 Juni)

Catatan penting!

Para pelamar nantinya akan dinilai berdasarkan prestasi akademik, termasuk dari proposal statement sekitar 500 kata yang dituangkan di dalam formulir aplikasi, jadi silahkan dipersiapkan matang-matang. Pertimbangan lainnya juga adalah dengan potensi para pelamar untuk menjadi bagian dari duta Monash University. Karena penerima beasiswa bisa saja diminta berpartisipasi dalam kegiatan promosi yang akan dilakukan pihak kampus. Bagaimana, anda tertarik untuk membidiknya? Selamat mencoba dan semoga berhasil! Amiin.