Friday, November 25, 2016

Beasiswa Fullbright Untuk Dosen Ristekdikti (S2/S3)

Seperti yang sudah banyak orang bijak katakan; bahwa jangan pernah lelah untuk terus menuntut ilmu dan coba galilah selalu kemampuan yang kita miliki selama kita masih diberi kesempatan dalam menjalani hidup. Sebab dengan ilmu, kita akan tahu apa-apa saja yang harus kita lakukan dan kerjakan. Dengan ilmu, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghadang di tengah kehidupan yang kita jalani ini. Dengan ilmu pula, kita bisa lebih banyak memberi manfaat-manfaat untuk orang lain. Bahkan dengan ilmu pula, kita akan terus banyak bersyukur dan terus berusaha menjadi yang terbaik dalam mengisi kehidupan ini.


Kitalah yang mestinya membangun motivasi dari dalam diri. Sadar, adapun orang lain (inspirator, motivator, trainer, bahkan kematian) adalah trigger, sekedar pemicu dan pemacu. Dan lagi-lagi sadar, otak kita bukanlah bejana untuk diisi, namun ia adalah api untuk dikobarkan. Mengingat pentingnya belajar, jadi kita harus termotivasi dengan banyaknya mereka diluar sana yang lebih dulu berjuang hingga pada akhirnya mereka menemukan sesuatu yang mereka cari.

Pada kesempatan kali ini, untuk Anda yang memang benar-benar masih haus akan ilmu dan bagi Anda yang saat ini berprofesi sebagai dosen tetap perguruan tinggi di bawah Kementerian Ristek Dikti, beasiswa dosen dari Fulbright ini layak untuk Anda manfaatkan. Silahkan bisa Anda ikuti untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi lagi. 

Tepatnya melalui Fulbright Awards for Indonesian Lecturers (RISTEK-DIKTI) Program. Ada sekiranya dua jenis, Master’s Degree Program untuk pelamar pada jenjang master (S2) dan PhD Program untuk program pada gelar doktor (S3). Nah, program beasiswa yang disediakan Fulbright ini diperuntukkan bagi Anda yang saat ini berprofesi sebagai dosen dan ingin melanjutkan studi di universitas-universitas Amerika Serikat.

Sebelumnya perlu diperhatikan, beasiswa Fulbright untuk dosen Ristekdikti ini bisa dilamar untuk semua program studi dengan pengecualian bidang kedokteran terutama yang terkait dengan perawatan pasien atau yang berhubungan dengan pasien klinis. Sangat terbuka, bila pelamar ingin mengajukan proposal yang berkaitan dengan humaniora, seni, dan ilmu sosial atau sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM), dan juga kesehatan. Jika aplikasi dalam bidang STEM disarankan fokusnya adalah pelestarian lingkungan, eksplorasi energi alternatif, atau mitigasi perubahan iklim. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa ini?   

Persyaratan Masing-masing Program:

A. Untuk Program Master
  1. Para pelamar setidaknya sudah harus memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) serta memenuhi persyaratan lainnya yang tertera di http://beasiswa.dikti.go.id
  2. Para kandidat sudah harus menyandang gelar sarjana (S1) dengan IPK minimum 3.0 (skala 4.0) 
  3. Para pelamar setidaknya berusia di bawah 40 tahun
  4. Para kandidat memiliki kualitas kepemimpinan yang baik
  5. Memiliki pemahaman dengan baik kebudayaan Indonesia dan internasional 
  6. Setidaknya para pelamar memperlihatkan komitmen pada bidang studi yang dipilih
  7. Kandidat juga harus menunjukkan komitmen yang kuat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program beasiswa Fulbright untuk dosen Indonesia (RISTEK-DIKTI)
  8. Para pelamar bersedia bekerja di institusi asal selama setidaknya 5 tahun sebelum pensiun pada saat selesainya Program Beasiswa Fulbright untuk Dosen Indonesia (RISTEK-DIKTI)
  9. Para pelamar setidaknya memiliki minimum skor TOEFL institusional 550 atau IBT 79/80 atau IELTS yang setara. Tidak diterima TOEFL prediction atau atau TOEFL-Like

B. Untuk Program PhD: 
  1. Para pelamar program PhD, setidaknya memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) serta memenuhi persyaratan lainnya yang tertera di http://beasiswa.dikti.go.id
  2. Kandidat menyandang gelar magister (S2) dengan IPK minimum 3.0 (skala 4.0) 
  3. Para pelamar setidaknya berusia di bawah 50 tahun
  4. Pelamar memiliki kualitas kepemimpinan 
  5. Para kandidat memiliki pemahaman dengan baik kebudayaan Indonesia dan internasional 
  6. Para kandidat memperlihatkan komitmen pada bidang studi yang dipilih
  7. Para kandidat setidaknya menunjukkan komitmen yang kuat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program beasiswa Fulbright untuk dosen Indonesia (RISTEK-DIKTI)
  8. Bersedia bekerja di institusi asal selama setidaknya 5 tahun sebelum pensiun pada saat selesainya Program Beasiswa Fulbright untuk Dosen Indonesia (RISTEK-DIKTI)
  9. Para kandidat memiliki minimum skor TOEFL institusional 575 atau IBT 90 atau IELTS yang setara. Tidak diterima TOEFL prediction atau atau TOEFL-Like

Dokumen aplikasi:
  1. Silahkan mengisi formulir aplikasi yag sudah disediakan, unduh untuk Program Master dan Program PhD. Ini termasuk satu halaman study objective serta 10 – 15 halaman proposal riset.
  2. Silahkan siapkan copy terbaru skor tes bahasa inggris (TOEFL ITP/IBT TOEFL atau IELTS), kurang dari dua tahun 
  3. Memiliki setidaknya dua surat referensi dari dosen/profesor dan dari atasan tempat kerja yang mengenal Anda dengan baik
  4. Siapkan copy ijazah dan transkrip akademik yang sudah diterjemahkan (secara resmi) ke dalam bahasa Inggris 
  5. Siapkan copy dokumen identitas (KTP atau paspor) 

*Catatan Penting: Bagi para pelamar S2 menyertakan study objective. Pelamar S3 melampirkan study objective dan proposal riset.

Pendaftaran:

Untuk bisa mendaftarkan diri pada program beasiswa ini, silahkan lengkapi dokumen aplikasi yang diminta. Kemudian buat dua rangkap; satu rangkap dikirimkan buat Aminef dan satu rangkap lagi dikirim ke Ristekdikti. Kemudian ajukan via pos atau antar langsung ke alamat:
American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)
Intiland Tower, lantai 11
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 32
Jakarta 10220

Silahkan kirim juga berkasnya ke alamat:  
Fulbright Awards for Indonesian Lecturers Program
Direktorat Kualifikasi Sumber Daya Manusia
Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK & DIKTI
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Jalan Pintu 1 Senayan, lantai 5
Jakarta 10270

Deadline Pendaftaran:

Untuk Anda yang benar-benar masih haus akan ilmu dan ingin mendaftarkan diri pada program beasiswa ini, dokumen aplikasi diterima paling lambat sampai tanggal 15 Februari 2017. Selain mengirim dokumen aplikasi di atas, pelamar yang mendaftar Beasiswa Fulbright untuk Dosen ini juga diharuskan mendaftar online di: http://beasiswa.dikti.go.id

Informasi lebih lanjut, kontak: 
Ph. (021) 5793-9085/86
Fax. (021) 5793-9089
E-mail: infofulbright_ind@aminef.or.id
Web: www.aminef.or.id

Selamat mencoba dan semoga menjadi salah satu kandidat yang beruntung!