Thursday, November 24, 2016

Beasiswa S2 Full di Belanda (Hukum, Ekonomi, Sains, Ilmu Sosial)

Apakah ada di antara kalian yang ingin berkuliah di Belanda? Jika ada, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan di Belanda, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi yang ada disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan mencari tahu via internet saja. Simple bukan? Atau jika kalian punya sahabat yang sudah lebih dulu berkuliah disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. perlu kalian ketahui, banyak dari pelajar Indonesia yang berada di belanda, tidak sedikit pula kisah-kisah inspiratif berdatangan langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah terlebih dahulu merasakan nikmatnya pendidikan di Belanda. Ya, baik itu melalui biaya sendiri ataupun dengan bantuan beasiswa.

Bisa dibilang, negara-negara maju lebih cenderung mempunyai pendidikan yang lebih berkualitas. Oleh karenanya, jika kalian diberi kesempatan dan jalan untuk bisa menempuh pendidikan di luar negeri tersebut, janganlah kalian sia-siakan. Sehingga nantinya kamu akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional.


Pada kesempatan kali ini, melalui Amsterdam Excellence Scholarship (AES), anda yang berkeinginan melanjutkan studi s2 di University of Amsterdam dipersilahkan untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa ini. Beasiswa ini diberikan bagi pelamar yang berasal dari kawasan di luar Uni Eropa, salah satunya kita yang ada di Indonesia. 

Tiap tahunnya University of Amsterdam ini mengalokasikan sekitar 15 kursi untuk skema beasiswa ini. Total nilai yang diberikan adalah sekitar € 25.000/ tahun (bisa dipergunakan untuk kuliah master berdurasi satu tahun) serta dapat diperpanjang nilainya apabila program gelar yang diambil berlangsung selama dua tahun. Program beasiswa ini sudah mencakup biaya pendidikan dan biaya hidup selama studi di University of Amsterdam, Belanda. 

Bagi anda yang tertarik dengan program beasiswa AES ini, silahkan anda mendaftarkan diri. Beasiswa ini sangat terbuka untuk semua disiplin ilmu dengan catatan pelamar masuk ke dalam 10 persen lulusan terbaik di kelasnya. Pertimbangan yang paling utama adalah capaian akademik, ambisi serta relevansi ke karir masa depan mahasiswa. Beasiswa S2 University of Amsterdam ini dibuka untuk sejumlah fakultas dan sekolah pascasarjana, berikut ini rinciannya:
  •  Amsterdam Law School
  •  Faculty of Economics and Business
  • Graduate Schools of Sciences
  • Graduate School of Humanities
  • Graduate School of Social Sciences

Catatan: Bagi para pelamar bisa memilih jurusan yang lebih spesifik di fakultas tersebut untuk beasiswa AES yang dimulai tahun akademik 2017-2018.

Persyaratan:
  1. Para pelamar memiliki paspor non Uni Eropa (EU)/Kawasan Ekonomi Eropa (EEA)
  2. Para kandidat diterima (sementara) di program master dengan pengantar Bahasa Inggris di University of Amsterdam yang terdaftar di Central Register of Higher Education Programmes (CROHO). Anda dapat mengajukan permohonan program Master dan beasiswa AES secara bersamaan. Aplikasi master akan dinilai sebelum deadline AES. Dalam aplikasi, tandai secara jelas bahwa Anda melamar beasiswa AES.
  3. Para pelamar diterima (sementara) di program master di UvA untuk pertama kali. AES tidak akan diberikan kepada kandidat yang sudah dua kali terdaftar di program master UvA. 
  4. Untuk para pelamar, harus dapat mematuhi peraturan visa di Belanda sesuai petunjuk Dinas Imigrasi Belanda (IND)
  5. Para kandidat terdaftar di UvA sebagai mahasiswa penuh waktu untuk tahun akademik dan program yang memberikan beasiswa
  6. Para peserta tidak sedang menerima beasiswa lain untuk periode studi yang sama.

Dokumen aplikasi:
  1. Pelamar memiliki catatan prestasi akademik. Pelamar (merupakan bagian 10 persen lulusan terbaik di kelas)
  2. Kandidat memiliki kualitas akademik lembaga pendidikan di mana gelar sarjana diperoleh 
  3. Para pelamar mempunyai surat rekomendasi dari dekan, pengajar, atau pembimbing akademik 
  4. Kualitas surat motivasi (maksimal 500 kata) di mana kandidat menjelaskan alasan memilih program master yang spesifik (konteks lebih luas, relevansi untuk karir masa depan)
  5. Deskripsi kegiatan ekstrakurikuler, seperti partisipasi dalam komite mahasiswa, pengalaman internasional, olahraga atau musik pada tingkat tinggi, atau pekerjaan relawan 
  6. Para pelamar mahir berbahasa inggris, dengan bukti kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEF). IBT TOEFL skor keseluruhan 100 (dengan skor minimal 22 di masing-masing komponen), atau IELTS skor keseluruhan 7.0 (dengan skor minimal 7.0 di masing-masing empat komponen).

Catatan : Pada dokumen yang diminta bisa saja ada penambahan atau perbedaan dari masing-masing fakultas/ sekolah pascasarjana di UvA. Pertimbangan aplikasi berdasarkan kualitas aplikasi secara keseluruhan (kelengkapan, akurasi, konsistensi).

Pendaftaran:

Aplikasi beasiswa AES 2017-2018 dilakukan melalui masing-masing (kantor pendaftaran) fakultas atau sekolah pascasarjana University of Amsterdam. Pelamar bisa mendaftar beasiswa AES dengan waktu yang bersamaan dengan pendaftaran program master. 

Deadline Pendaftaran:

Pada kesempatan kali ini, pengajuan beasiswa dibuka paling lambat hingga tanggal 15 Januari 2017. Namun, perlu diperhatikan jika sebaiknya pelamar sudah harus mengajukan aplikasi sebelum tanggal tersebut, termasuk mendaftar ke universitas.

Selamat mencoba dan semoga menjadi kandidat yang beruntung!