Friday, November 25, 2016

Beasiswa Guru Bahasa untuk Mengajar di AS

Dalam hal-hal pendidikan, negara-negara maju lebih cenderung mempunyai pendidikan yang lebih berkualitas. Nah, untuk itu, kalian bisa mengambil kesempatan tersebut untuk mendapat ilmu sebanyak-banyaknya, tentunya di bidang yang kamu minati ya... Sehingga kamu akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional. Banyak jalan agar kalian bisa memperoleh pendidikan lebih tinggi, baik itu dalam negeri ataupun luar negeri. Caranya dengan menggunakan biaya sendiri ataupun memanfaatkan beasiswa-beasiswa yang ada, tentunya hal tersebut melalui beberapa tahapan seleksi.

Bicara soal beasiswa, kita sering dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya jika ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter.


Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Pada kesempatan kali ini, melalui Fulbright Foreign Language Teaching Assistant (FLTA), para guru bahasa Inggris di Tanah Air diberikan kesempatan untuk nantinya diminta mengajar bahasa Indonesia dan kebudayaan Indonesia kepada para siswa di AS. Nah pada program beasiswa ini sendiri, berlangsung kurang lebih selama satu tahun akademik (9 bulan), tentunya dengan kegiatan mengajar 20 jam per pekan. Asiknya lagi, bukan hanya mengajar saja, melainkan bagi para kandidat yang terpilih juga diminta untuk mengambil dua mata kuliah mengenai AS dan / atau mengikuti kelas metodologi ESL (English as a Second Languange) per semesternya. Bagaimana, apakah anda tertarik membidik program beasiswa ini?

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa FLTA Fulbright ini, selain mensyaratkan bagi para pelamarnya yang merupakan dari guru bahasa Inggris, para pesertanya pun juga harus berusia tidak lebih dari 29 tahun per 1 Oktober 2017. Tentunya disitu akan menjadi lebih baik lagi jika usianya paara pelamar lebih muda dari yang ditentukan. 

Persyaratan: 
  1. Para kandidat sudah harus memiliki gelar sarjana (S1) dengan IPK minimum 3.0 (dari skala 4.0) pada semua bidang studi (bukan hanya Bahasa Inggris atau Pendidikan). Untuk para lulusan S2 juga dipersilakan untuk mendaftarkan diri.
  2. Para kandidat mahir berbahasa inggris, dibuktikan dengan skor minimum ITP TOEFL: 550, IBT TOEFL: 79/80, atau IELTS dengan nilai setara. TOEFL Prediction atau TOEFL-Like tidak diterima
  3. Setidaknya para pelamar sudah memiliki pengalaman mengajar bahasa Inggris minimum satu tahun 
  4. Para kandidat juga sudah memiliki posisi mengajar di universitas, sekolah menengah, perusahaan, atau institusi swasta lainnya. Tidak memenuhi syarat untuk kursus privat atau sekolah rumahan. 
  5. Para pelamar setidaknya mempunyai kualitas kepemimpinan (termasuk keterlibatan di masyarakat, kegiatan sosial, dan/atau kegiatan ekstra kurikuler
  6. Para pelamar memiliki pemahaman yang baik tentang kebudayaan Indonesia dan internasional 
  7. Memperlihatkan komitmen untuk mengajar bahasa Inggris
  8. Para pelamar bersedia kembali ke institusi asal di tanah air dan mempertahankan profesi mengajar bahasa Inggris setelah merampungkan program Fulbright

Dokumen Aplikasi: 
  1. Para kandidat melengkapi formulir aplikasi yang tersedia, silahkan (Unduh). Serta menyertakan satu halaman tujuan.
  2. Para kandidat melampirkan fotokopi terbaru catatan skor ITP TOEFL, IBT TOEFL, atau IELTS (kurang dari dua tahun terakhir)
  3. Setidaknya para pelamar juga memiliki dua surat rekomendasi. Satu dari dosen/profesor sebelumnya, dan satu lagi dari atasan atau supervisor tempat kerja
  4. Melampirkan fotokopi transkrip akademik yang dilegalisir beserta terjemahan resminya dalam bahasa Inggris
  5. Para kandidat juga harus melampirkan fotokopi ijazah yang dilegalisir beserta terjemahan resminya dalam bahasa Inggris 
  6. Para pelamar juga harus melampirkan fotokopi tanda pengenal (KTP atau paspor)

Pendaftaran: 

Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa ini, silahkan melengkapi formulir aplikasi beserta dokumen yang diminta diatas. Kemudian kirimkan atau antar langsung ke alamat dibawah ini: 
AMINEF OFFICE
Intiland Tower, 11th Floor
Jl. Jend. Sudirman 32,
Jakarta 10220 
Deadline Pendaftaran:

Perlu diperhatikan, untuk bisa mengikuti program beasiswa ini, dokumen aplikasi beasiswa sudah harus diterima paling lambat 15 April 2017. 

Info lebih lanjut:

Dan untuk informasi lebih lanjut jika adanya pertanyaan bisa langsung dikirimkan melalui alamat email: infofulbright_ind@aminef.or.id atau bisa juga melalui telp. (021) 5793-9085/86. Keterangan lebih lanjut juga sudah tertera di formulir aplikasi atau melalui laman Aminef sendiri. 

Selamat mencoba dan semoga Anda merupakan salah satu kandidat yang beruntung!