Friday, November 18, 2016

Beasiswa ILEP untuk Guru SMP/SMA/Sederajat Tahun 2017-2018

Melalui International Leaders in Education Program (ILEP), anda yang saat ini sedang berprofesi sebagai guru SMP/SMA/Sederajat, berkesempatan untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester di universitas AS. Program beasiswa ini ditawarkan pada setiap tahunnya. Dan berlangsung sekitar kurang lebih lima bulan yang dimulai Januari 2018 sampai dengan Mei 2018 mendatang. 

Pada program beasiswa ILEP 2017 ini, banyak manfaat yang bisa dipetik nantinya, diantaranya mencakup; pelatihan intensif mengenai metodologi, rencana pembelajaran, strategi mengajar, penggunaan komputer dan internet, juga termasuk bagaimana mengolah kata dan menggunakan alat bantu dalam proses mengajar.


Program beasiswa ILEP sendiri merupakan beasiswa yang disediakan secara langsung oleh Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS, tepatnya melalui International Research & Exchanges Board (IREX), yaitu organisasi non profit yang berbasis di Washington, DC. 

Pada kesempatan program beasiswa ini juga tidak hanya pelatihan intensif dan perkuliahan selama satu semester pada program akademik di universitas AS saja. Namun para penerima beasiswa IELP ini juga nantinya akan magang di sekolah menengah di AS dan tentunya berinteraksi secara aktif dengan guru dan siswa Amerika. Nah, apakah Anda para guru berminat untuk membidik beasiswa ini?

Apa saja sekiranya yang akan di dapatkan dari program beasiswa ini?
Para pelamar/ kandidat yang berhasil lolos seleksi beasiswa ini akan memperoleh di antaranya mencakup:
  • Biaya pembekalan sebelum keberangkatan yang dilaksanakan di Indonesia, 
  • Biaya tiket pesawat PP Indonesia-Amerika Serikat, 
  • Biaya orientasi kedatangan di Washington, DC, 
  • Biaya program akademik, 
  • Biaya perumahan (tempat tinggal), 
  • Biaya asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta 
  • Biaya uang saku harian (untuk makan dan juga ongkos selama menjalani perkuliahan di universitas). 
Selain itu diberikan pula laptop, buku/tunjangan pengembangan profesional, mengikuti seminar penutupan di Washington, DC, tunjangan bagasi, dan kesempatan mengajukan bantuan hibah kolaboratif dengan kolega yang ada di AS.

Persyaratan:
  1. Para pelamar merupakan Guru SMP/SMA/sederajat yang mengajar di bidang bahasa Inggris, ilmu sosial (IPS), pendidikan kewarganegaraan (PKn), matematika, serta sains (IPA).
  2. Para pelamar mempunyai pengalaman mengajar selama 5 tahun atau lebih
  3. Para pelamar merupakan warganegara Indonesia
  4. Para pelamar juga memiliki kemampuan menulis dan berbahasa Inggris (dibuktikan dengan skor minimum ITP TOEFL 500, IBT TOEFL 60/61, atau IELTS) yang setara

Pendaftaran:

Pada kesempatan program beasiswa kali ini, pengajuan beasiswa guru SMP/SMA/sederajat 2017 dari IREX dapat dilakukan dengan dua tata cara, yaitu; 

1. Tata cara yang pertama, silahkan kirimkan dokumen aplikasi berikut melalui kantor AMINEF: 
  • Formulir aplikasi (unduh)
  • Satu halaman Statement of Purpose yang ditulis dengan jelas
  • Curriculum Vitae
  • Mengisi dua formulir rekomendasi serta formulir dukungan institusi
  • Copy kartu identitas (KTP atau paspor)
  • Copy skor TOEFL/IELTS
Kirimkan dokumen aplikasi lengkap tersebut ke alamat: 
AMINEF OFFICE
Intiland Tower, 11th Floor
Jl. Jend. Sudirman 32, 
Jakarta 10220

2. Tata cara yang kedua, silahkan mengajukan aplikasi secara online di website IREX

Perlu di perhatikan, para pelamar membuat akun terlebih dahulu ke website tersebut, untuk kemudian mengisi formulir serta mengunggah dokumen aplikasi (dengan format PDF) yang telah diminta, diantaranya sebagai berikut: 
  1. Ijazah dan transkrip
  2. Identitas diri (KTP atau paspor) 
  3. Curriculum vitae 
  4. Skor TOEFL/IELTS
  5. Dua surat rekomendasi dan dukungan institusi (formulir bisa diunduh pada aplikasi online) 

Deadline Pendaftaran:

Untuk mendaftarkan program beasiswa ini, pengajuan beasiswa tersebut diterima paling lambat tanggal 15 April 2017. Untuk informasi lebih lanjut terkait program beasiswa ILEP 2017 ini, dapat ditanyakan secara langsung melalui email: infofulbright_ind@aminef.or.id atau melalui website Aminef (www.aminef.or.id). 

Ingat! kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!