Wednesday, November 30, 2016

Beasiswa Master (ESOP/ MSP) di ETH Zurich, Swiss

Melalui Excellence Scholarship & Opportunity Programme (ESOP) dan Master Scholarship Programme (MSP), Anda yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang master di ETH Zurich atau Institut Teknologi Konfederasi Zurich, Swiss dipersilahkan untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa tersebut. Dua jenis program beasiswa ini dibuka secara bersamaan bagi mahasiswa internasional.

Jika Anda tertarik untuk membidiknya, program beasiswa ESOP sendiri merupakan beasiswa yang diberikan secara penuh. Banyak manfaat yang nantinya bisa Anda dapatkan dari program beasiswa ini, mencakup biaya untuk studi dan biaya hidup selama berkuliah program master di ETH Zurich. Bagi para kandidat yang diterima juga nantinya mendapatkan pembebasan biaya kuliah serta diberikan supervisi khusus oleh pihak pelaksan/ pihak kampus. Untuk nilai program beasiswa ESOP sendiri diberikan sebesar CHF 11.000/semester. Beasiswa diserahkan saat memulai program master reguler (tiga atau empat semester).


Sementara itu, untuk program yang satunya yaitu beasiswa MSP adalah beasiswa parsial. Beasiswa ini menanggung sebagian biaya studi dan biaya hidup. Untuk nilainya sendiri mencapai sekitar CHF 6.000/semesternya juga dibebaskan dari biaya kuliah. Nah, pihak Departemen sendiri dapat memberikan beasiswa tambahan mencapai senilai CHF 1.500 - 3.000/ semester atau menawarkan pendampingan mulai semester kedua dan seterusnya dengan pembayaran CHF 600 per bulan. Beasiswa ini juga diberikan saat program master dimulai.

Bagaimana sobat bidik beasiswa, apakah kalian tertarik dengan kedua beasiswa tersebut? Jika siap, silahkan mengeksekusinya. Berikut dibawah ini persyaratan, dokumen aplikasi, pendaftaran, serta tata cara pengajuan beasiswaii, yuk silahkan disimak!

Persyaratan: 

  1. Bagi para pelamar, beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa yang berprestasi, baik itu dari ETH sendiri ataupun universitas lain (nasional/internasional), tentunya yang ingin meraih gelar master di ETH Zurich. 
  2. Para kandidat setidaknya memiliki prestasi dibidang akademik yang sangat memuaskan saat(program sarjana)
  3. Para pelamar merupakan "10 persen" lulusan sarjana terbaik

Dokumen aplikasi: 

  1. Silahkan mengisi formulir aplikasi yang disediakan (Unduh
  2. Para pelamar menyiapkan letter of motivation sepanjang 1 - 2 halaman
  3. Pra-proposal tesis master, silahkan bisa di dapat disini (Unduh)
  4. Para pelamar setidaknya memiliki dua surat rekomendasi dari profesor

Pendaftaran: 

Perlu diperhatikan, untuk bisa mendaftar pada program beasiswa ini, silahkan melengkapi dokumen aplikasi yang diminta/ dibutuhkan untuk kemudian mengirimkannya via pos (tanggal cap pos) ke:
ETH Zürich
Studienfinanzierung
Financial Aid Office
Rämistrasse 101, HG F 22.2
8092 Zürich, Switzerland

Deadline Pendaftaran:

Para pelamar program beasiswa ini, silahkan mengirimkan aplikasinya tanggal 15 Desember 2016 dan paling lambat diterima 19 Desember 2016. Ada baiknya para pelamar sendiri mengajukan aplikasi ini sebelum tanggal yang ditentukan.

Catatan Penting:
  • Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar ke program master lebih dari satu, silakan silahkan mengajukan formulir aplikasi beasiswa secara terpisah untuk masing-masing program.
  • Untuk pengajuan beasiswa sendiri harus dilakukan secara bersamaan dengan pendaftaran program master ke ETH Zurich (www.ethz.ch). Dokumen aplikasinya terpisah. Untuk permohonan beasiswa sendiri tidak bisa diajukan jika sudah diterima/menjalani kuliah di ETH Zurich. 

Jika ada yang kurang dipahami terkait program beasiswa ini, silahkan langsung Kontak pihak pelaksana:

Tel: +41 44 632 20 40 atau +41 44 632 20 88
Alamat Email: studienfinanzierung@sts.ethz.ch
Situsweb resmi: www.ethz.ch

Nah, itulah program beasiswa yang bisa anda manfaatkan untuk bisa melanjutkan studi di luar negeri. Selamat mencoba dan semoga Anda merupakan bagian dari para kandidat yang memang benar-benar beruntung. Amiin