Thursday, December 1, 2016

Inilah 5 Program Pertukaran Pelajar Ke Luar Negeri

Are you ready to drive a change? Dalam hal-hal pendidikan, negara-negara maju lebih cenderung mempunyai pendidikan yang lebih berkualitas. Nah, untuk itu, kalian bisa mengambil kesempatan tersebut untuk mendapat ilmu sebanyak-banyaknya, sehingga nantinya kamu akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional. Banyak jalan agar kalian bisa memperoleh banyak pembelajaran (ilmu), baik itu di dalam negeri ataupun luar negeri sekalipun. Caranya dengan menggunakan biaya sendiri, mengikuti banyak program pertukaran pelajar, ataupun memanfaatkan beasiswa-beasiswa yang ada, tentunya semua hal tersebut jelas melalui beberapa proses tahapan seleksi.

Ingat! Seperti yang sudah banyak orang bijak katakan; bahwa jangan pernah lelah untuk terus menuntut ilmu dan coba galilah selalu kemampuan yang kita miliki selama kita masih diberi kesempatan dalam menjalani hidup. Sebab dengan ilmu, kita akan tahu apa-apa saja yang harus kita lakukan dan kerjakan. Dengan ilmu, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghadang di tengah kehidupan yang kita jalani ini. Dengan ilmu pula, kita bisa lebih banyak memberi manfaat-manfaat untuk orang lain. Bahkan dengan ilmu pula, kita akan terus banyak bersyukur dan terus berusaha menjadi yang terbaik dalam mengisi kehidupan ini.


Nah, pada kesempatan sore ini, jika Anda tertarik untuk bisa merasakan sensasi belajar/ menempuh studi di luar negeri, ada baiknya Anda mempersiapkan diri untuk bisa mengikuti (Exchange Program/ Pertukaran Pelajar). Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan tentunya dari program semacam ini. Karena pada dasarnya, kesempatan untuk bisa merasakan perbedaan proses belajar di luar negeri merupakan satu pengalaman yang menarik dan ini patut Anda coba agar Anda memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional. 

Program ini tersedia dalam berbagai pilihan dan juga bisa diambil oleh pelajar SMA dan mahasiswa semester awal. Jika Anda tertarik untuk mengikutinya, berikut ini adalah 5 daftar program exchange seperti yang sudah dilansir Berkuliah, tentunya yang bisa diambil oleh mahasiswa maupun pelajar dari Indonesa. Apa sajakah itu? Yuk simak berikut ini;

5. Program "Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP) - ASEAN"

Untuk program yang kelima ada "SSEAYP". Program ini memiliki tujuan utama yaitu untuk mempererat hubungan persaudaraan serta juga toleransi dari pada pemuda yang tepatnya tinggal di 10 negara ASEAN serta Jepang. Nah, perluasan sudut pandang dari para peserta program ini juga dijadikan sebagai satu tujuan dalam kaitannya untuk memperkuat semangat dan hubungan kerjasama internasional antar negara. Seperti nama dari program ini, kapal merupakan media ataualat transportasi yang disediakan untuk program ini. Jadi selama didalam kapal bisa dimanfaatkan untuk berbagi cerita dan juga saling mengenal satu sama lain. Berbagai diskusi tentu bisa dilakukan dengan para peserta dari negara lain baik ketika berada didalam kapal maupun ketika di negara-negara yang dikunjungi. Jika Anda tertarik, silahkan berselancar ke laman http://www.sseaypindonesia.org/ atau di http://www8.cao.go.jp/youth/kouryu/h14/sseayp/sseayp-main-e.html.

4. Program "Indonesia–Korea Youth Exchange Program (IKYEP), Korea Selatan"

Pada posisi nomor 4 ada "IKYEP". Kementrian Pemuda dan Olahraga RI dan Kementrian Kesetaraan Gender dan Keluarga dari Korea Selatan menyelenggarakan program resmi ini mulai dari tahun 2008 dengan MOU yang ditandatangani pada tahun 2009. Nah, pada program IKYEP sendiri biasanya diadakan selama 20 hari yaitu 10 hari di Indonesia dan 10 hari di Korea Selatan yang dilangsungkan pada bulan November. Berbagai kegiatan dalam program ini meliputi kunjungan kehormatan ke pusat-pusat kegiatan pemuda, pengenalan budaya, merasakan tinggal dengan keluarga, dan banyak lagi yang lain. Tentunya sangat menarik untuk bisa mengikuti program pertukaran pelajar ini. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan berselancar di http://ikyep.org/.

3. Program "Youth for Understanding (YFU), Jerman"

Pada posisi ketiga ini ada "YFU". Perlu Anda ketahui, jika di Jerman ada juga satu program yang ditawarkan bernama Youth for Understanding (YFU) yang pada dasarnya merupakan sebuah organisasi nirlaba skala internasional dengan program pendidikan di 64 negara di dunia. Sejak tahun 1951, YFU sudah menyelenggarakan dan membuktikan kesuksesannya dalam mengelola program pertukaran pelajar diseluruh dunia. Saat ini YFU bisa dibilang menjadi organisasi terbesar dan tertua dalam hal pertukaran pelajar di dunia. 

Nah, pada "YFU" sendiri, budaya merupakan fokus utama dari program ini dikarenakan memang budaya lebih diyakini sebagai hal yang paling penting kaitannya dengan peningkatan keterampilan mahasiswa di lingkup internasional. Lebih dari 50 negara sudah dicakup oleh YFU dalam program yang berlangsung selama 1 tahun. Untuk YFU yang berada di Indonesia memungkinkan mahasiswa dari Indonesia untukisa mengikuti program pertukaran pelajar di negara-negara antara lain Jepang, China, Korea, Australia, Turki, Serbia, Amerika, Mexico, Jerman, Belanda, Switzerland, Perancis, Austria, Belgia, Estonia, dan Lithuania. Dengan semakin banyaknya pilihan dari negara untuk pertukaran pelajar, semakin menarik pula program ini untuk kamu ambil. Jika Ada yang tertarik dengan program satu ini, silahkan berselancar mencari informasi selengkapnya disini http://www.yfu.or.id/ dan bisa kunjungi juga https://www.yfu.org/. 

2. Program "Encompass Trust, Inggris"

Untuk urutan kedua ada Encompass Trust – Inggris. Tak dapat dipungkiri jika Inggris adalah salah satu negara populer dalam hal menempuh studi di luar negeri. Oleh karenanya, program ini menjadi pilihan tepat untuk Anda yang memang benar-benar ingin mencoba terlebih dahulu untuk tinggal dan belajar di Inggris. Program ini sudah dilangsungkan sejak tahun 2003 dan sudah terbukti berhasil untuk mempertemukan berbagai latar belakang budaya, agama, dan masyarakat dari berbagai mahasiswa yang ikut dalam program ini. Pada intinya adalah program ini dirancang untuk menghilangkan dan melawan stereotype negatf yang mungkin sudah menjalar pada diri para remaja. 

Untuk negara-negara yang menjadi bagian daripada program ini sendiri meliputi Negara (Palestina, Indonesia, Israel, Inggris, dan Amerika). Nah, presentasi budaya, diskusi kelompok, serta berbagai aktifias lain yang sangat menyenangkan akan dilakukan semua peserta program ini dalam waktu 10 hari. Untuk acaranya sendiri biasa diadakan di kawasan London, Inggris serta juga Wales atau Skotlandia. Jika Anda tertarik untuk join program ini, silahkan berselancar untuk mendapatkan Informasi lebih lengkap di http://www.encompasstrust.org/.

1. Program "International Student Festival in Trondheim (ISFIT), Norwegia"

Nah, untuk urutan pertama diisi oleh "ISFIT". Walaupun pada dasarnya bukan merupakan program untuk bisa mengikuti kegiatan sekolah atau kuliah di Norwegia, namun sejumlah totl 18 seminar yang ditawarkan selama program ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Program ini merupakan sebuah festival pelajar internasional yang paling besar di dunia. Sejumlah total 400 pelajar dari seluruh dunia setiap 2 tahun sekali akan mengikuti program ini. Berbagai topik yang lingkupnya internasional seperti (politik, sosial, dan beragai hal lainnya) dijadikan sebagai tea dalam setiap penyelenggaraan program ini. Dalam setiap penyelenggaraanya di Trondheim, Norwegia, selalu ada berbagai presentasi budaya yang tentu akan mengenalkan para pelajar internasional kepada berbagai budaya di dunia. Nah jika kamu ingin sekali merasakan tinggal di Norwegia serta juga mendapatkan berbagai ilmu dalam berbagai hal dan mendapatkan teman-teman dari seluruh dunia, kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program ISFIT ini. Untuk informasi selengkapnya, silahkan baca dilaman http://www.isfit.org/. 

Nah, itulah beberapa program pertukaran pelajar internasional/ Exchange Program yang sekiranya bisa Anda ikuti sebagai pelajar/ mahasiswa dari Indonesia. Nah, tentunya masih ada banyak lagi di luar sana seputar program-program sejenis yang tentunya bisa Anda manfaatkan untuk merasakan sensasi berada di luar negeri. Tertarik?

"You can expand your networks, challenge yourself to new skills, and see the world differently beyond classrooms".

Selamat mencoba dan semoga Anda yang beruntung!