Thursday, December 1, 2016

Beasiswa S2 di University of Oulu, Finlandia

Pada kesempatan kali ini, melalui University of Oulu International Master’s Scholarship Scheme (IM Scholarship), Anda yang berasal dari luar uni eropa/ kawasan ekonomi eropa dan memiliki keinginan untuk melanjutkan ke jenjang master di University of Oulu dengan program beasiswa, dipersilahkan untuk mendaftarkan diri pada program ini. University of Oulu sendiri pada kesempatan kali ini juga menyediakan cukup banyak kuota, kurang lebih totalnya sekitar 320 kursi untuk berbagai jurusan.

Banyak manfaat tentunya jika Anda mampu mengeksekusi program beasiswa ini, selain ilmu yang bermanfaat, tanggungan 100 persen biaya kuliah juga akan diberikan kepada para kandidat yang beruntung. Namun sayangnya, biaya hidup dan akomodasi selama di Finlandia harus keluar dari dompet sendiri. Oh iya, perlu Anda ketahui juga sebelumnya, untuk pemberian beasiswa ini dilakukan evaluasi setiap tahunnya. Bagi kandidat yang lolos dan ingin mempertahankan beasiswa tersebut di tahun kedua, para penerima beasiswa harus mampu menyelesaikan kredit kuliah 55 ECTS di tahun pertama.


Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. 

Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan program beasiswa S2 di University of Oulu, Finlandia ini? Jika jawabannya iya, berikut dibawah ini adalah Program master yang ditawarkan University of Oulu, Finlandia. Yuk simak!

Architectural Design
Tersedia 10 kursi
Biomedical Engineering
Tersedia 20 kursi
Computer Science
Tersedia 30 kursi
Environmental Engineering
Tersedia 15 kursi
Ecology and Population Genetics
Tersedia 15 kursi
Economic Geology
Tersedia 15 kursi
Economics
Tersedia 15 kursi
Education and Globalisation
Tersedia 20 kursi
Finance
Tersedia 15 kursi
Financial and Management Accounting
Tersedia 15 kursi
International Business Management
Tersedia 20 kursi
Learning, Education and Technology
Tersedia 20 kursi
Marketing
Tersedia 15 kursi
Product management
Tersedia 20 kursi
Protein Science and Biotechnology
Tersedia 15 kursi
Software, Systems and Services Development in Global Environment
Tersedia 40 kursi
Wireless Communications Engineering
Tersedia 20 kursi

Persyaratan:

Untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa ini, para pelamar harus memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan beasiswa di University of Oulu 2017-2018, jika memenuhi kriteria penerimaan dan bertanggung jawab untuk membayar biaya kuliah di University of Oulu. 

Dokumen aplikasi:
  1. Para kandidat melampirkan copy ijazah sarjana dalam bahasa asli
  2. Kandidat sudah mempersiapkan (terjemahan resmi ijazah sarjana) dalam (bahasa Inggris) 
  3. Melapirkan copy transkrip akademik sarjana dalam bahasa asli
  4. Terjemahan resmi transkrip sarjana dalam bahasa Inggris
  5. Melampirkan bukti kemampuan bahasa Inggris (PBT TOEFL 580, iBT TOEFL 92, atau IELTS 6.5)
  6. Memiliki copy paspor atau KTP
  7. Membuat dan melampirkan Curriculum vitae (CV)
  8. Mengisi dua formulir referensi (Unduh
  9. Membuat portofolio (khusus program master Desain Arsitektur)

Pendaftaran:

Bagi Anda semua yang tertarik untuk membidiknya, pendaftaran program beasiswa di University of Oulu sudah sepaket dengan pendaftaran program master. Jadi otomatis, Anda tidak perlu untuk mengajukannya secara terpisah. Nah, untuk selanjutnya saat mengisi formulir aplikasi mahasiswa, di formulir tersebut juga sudah tercantum formulir beasiswa di bagian bawahnya. Jadi, Anda hanya butuh mengisi keduanya. Silahkan untuk formulir aplikasi online sendiri sudah tersedia dan dapat Anda akses di laman (University of Oulu) saat pendaftaran program master resmi dibuka. Pendaftarannya sendiri dibuka pada tanggal 15 Desember 2016 sampai tanggal 25 Januari 2017.

Catatan:

kirimkan juga dokumen aplikasi yang diminta di atas via pos ke alamat:
University Admissions Finland
Unioninkatu 40 C
FI-00170 Helsinki
Finland

Apabila Anda ingin menggunakan jasa kurir, jangan lupa cantumkan juga nomor telepon +358 29 41 235 28 pada slip pengirimannya. Semua dokumen aplikasi tersebut sudah harus diterima di rentang jadwal pendaftaran yang tersedia.

Nah, untuk keputusan hasil seleksi penerimaan mahasiswa dan beasiswa akan ditentukan pada waktu yang sama. Dan bagi mereka (kandidat) yang terpilih beasiswa, nantinya akan diberitahukan secara bersamaan dengan surat penerimaan mahasiswa yang dikeluarkan oleh University of Oulu. 

Selamat mencoba, semoga Anda masuk dalam kategori beruntung dan berhasil!