Monday, November 14, 2016

Beasiswa S2 Full SISS di Swedia

kunci untuk mendapatkan beasiswa ataupun sesuatu yang lainnya itu adalah dengan fokus. Fokus disini berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan. Apakah kalian selama ini masih berkeinginan untuk kuliah ke luar negeri dengan beasiswa? jika jawabannya iya, seperti yang sudah dipaparkan di atas, kuncinya yaitu fokus. 

Pilih negara mana? Swedia misalnya? Jika memang benar Swedia yang menjadi fokus negara pilihanmu dalam melanjutkan studi, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan di Swedia, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi yang ada disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan mencari tahu via internet saja. Simple bukan? Atau jika kalian punya sahabat yang sudah lebih dulu berkuliah disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. perlu kalian ketahui juga, bahwa banyak dari pelajar Indonesia yang berada di Swedia, tidak sedikit pula kisah-kisah inspiratif berdatangan langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah terlebih dahulu merasakan nikmatnya pendidikan di sana. Ya, baik itu melalui biaya sendiri ataupun dengan beasiswa.


Perlu kalian ketahui juga, dalam hal-hal pendidikan, negara-negara maju lebih cenderung mempunyai pendidikan yang lebih berkualitas. Nah, untuk itu, kalian bisa mengambil kesempatan tersebut untuk mendapat ilmu sebanyak-banyaknya, tentunya di bidang yang kamu minati ya... Sehingga nantinya kamu akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional. Banyak jalan agar kalian bisa memperoleh pendidikan lebih tinggi, baik itu dalam negeri ataupun luar negeri. Semisal yang sudah dipaparkan diatas.

Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. 

Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Ngomong-ngomong soal Swedia dan beasiswa, saat ini sedang dibuka program beasiswa full untuk jenjang S2. Melalui Swedish Institute Study Scholarships (SISS), anda yang berkeinginan untuk kuliah master bisa memanfaatkan kesempatan beasiswa ini. Beasiswa ini sendiri didanai oleh Kementerian Luar Negeri Swedia. Beasiswa SISS ini ditujukan untuk kalian mahasiswa dari negara kawasan tertentu. Swedish Institute membaginya dalam tiga kategori. Indonesia masuk dalam kategori 2 bersama dengan Brazil, Colombia, Mesir, Ghana, Indonesia, Iran, dan Vietnam. Ada 50 kuota beasiswa S2 untuk negara kategori 2 tahun 2017.

Jika nantinya kalian beruntung, kalian akan mendapatkan cakupan biaya diantaranya:
  • Biaya kuliah (nantinya akan dibayarkan langsung oleh Swedish Institute ke universitas atau perguruan tinggi di Swedia)
  • Biaya hidup disediakan sebesar SEK 9.000 (± Rp 13 juta) per bulan
  • Biaya perjalanan sebesar SEK 15.000 untuk keberangkatan
  • Biaya asuransi (jika mengalami kecelakaan atau meninggal dunia) selama periode beasiswa.
Nah, selain itu juga para penerima beasiswa nantinya akan memiliki keanggotaan tersendiri di jaringan SI Network for Future Global Leaders (NFGL)–jaringan tersebut menawarkan peluang-peluang eksklusif bagi penerima beasiswa Swedish Institute selama berada di Swedia. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk membidik beasiswa ini? Jika jawabannya iya, silahkan dipersiapkan segala sesuatunya.

Persyaratan Beasiswa:
  1. Para kandidat/ pelamar berasal dari negara yang memenuhi syarat (Indonesia termasuk salah satunya)
  2. Kandidat sudah memiliki pengalaman kerja setidaknya 3.000 jam (Bisa full-time, part-time, kerja sukarela, magang, atau posisi kepercayaan)
  3. Para pelamar beasiswa menunjukkan kualifikasi akademik luar biasa serta pengalaman kepemimpinan
  4. Kandidat juga harus memiliki dan menunjukan ambisi untuk menciptakan perbedaan dengan bekerja pada isu-isu yang berkontribusi pada pembangunan yang adil dan berkelanjutan di negara asal.
Pendaftaran Beasiswa:

Pendaftaran dan seleksi Beasiswa SISS tahun akademik 2017-2018 dibagi dalam dua sesi. Pada tahap pertama adalah pendaftaran online dengan mengisi formulir aplikasi melalui laman Swedish Institute, yang akan mulai tersedia pada 1 Desember 2016 – 16 Januari 2017. Hasil seleksi online tahap pertama ini akan disampaikan kepada kandidat pada akhir Januari 2017 (sekitar 25 Januari) dan mereka yang lolos akan diminta untuk mengirimkan dokumen aplikasi untuk seleksi tahap kedua. Jadwal pengajuan aplikasi tahap kedua yakni 1 – 10 Februari 2017. 

Dokumen aplikasi tahap dua: 
  1. Motivation letter
  2. CV Europass
  3. Satu surat rekomendasi
  4. Bukti pengalaman kerja
  5. Salinan paspor
Semua dokumen sudah diterjemahkan/ dimuat dalam bahasa Inggris. Template motivation letter, surat rekomendasi, dan bukti pengalaman kerja akan disediakan di laman Swedish Institute paling lambat Januari 2017. Bagi Kandidat yang terpilih beasiswa tahap dua akan diberitahu oleh Swedish Institute melalui email kepada kandidat pada 10 April 2017 serta dipublikasikan di: https://eng.si.se/

Catatan penting:  
  • Bagia anda yang tertarik mendapatkan beasiswa ini, pengajuan beasiswa tersebut dilakukan secara terpisah dari pendaftaran universitas. Pelamar sudah harus mendaftar ke universitas atau perguruan tinggi Swedia sebelum 16 Januari 2017 melalui University Admissions : www.universityadmissions.se/intl/
  • Serta membayar biaya pendaftaran ke universitas sebesar SEK 900 sebelum 1 Februari 2017. Yang menarik, pelamar bisa menunggu hasil seleksi beasiswa tahap pertama keluar terlebih dahulu sebelum membayar biaya aplikasi ke universitas tersebut.
  • Daftar program master yang memenuhi syarat untuk beasiswa akan tertera di laman Swedish Institute mulai akhir November 2016.
Selamat mencoba dan semoga beruntung!
Sekali lagi perlu di ingat! kuncinya adalah fokus. Fokus disini berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan.