Wednesday, November 1, 2017

Inilah 3 Basiswa ke Perancis yang Patut dicoba

Bisa kuliah di luar negeri merupakan keinginan banyak orang di luar sana, terutama bagi mereka yang memang masih haus akan ilmu. Bisa studi ke luar negeri juga dapat memberikan satu pengalaman yang sangat berharga, yang mungkin tak kan pernah terlupakan bagi mereka yang menjalaninya. Pada dasarnya kan memang pengalaman itu merupakan sesuatu yang kamu cari dan bentuk sendiri. Jadikan setiap kesempatan itu menjadi suatu perjalanan/ pengalaman yang baik dan mengesankan, untuk nantinya bisa kita ceritakan di masa mendatang dan tentunya menjadi pelajaran hidup agar selalu  berusaha untuk menjadi yang terbaik. 

Apa di antara kalian masih ada yang haus akan ilmu? Atau mungkin ada yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di Perancis? Kalau ada, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan Perancis, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan mencari tahu via internet. Simple bukan? Atau jika kalian punya sahabat yang sudah lebih dulu menimba ilmu disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. Perlu kalian ketahui, bahwa banyak pelajar dari Indonesia yang berada di Perancis, tidak sedikit pula kisah inspiratif berdatangan langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah terlebih dahulu merasakan nikmatnya kuliah di Perancis, ya, baik itu melalui biaya sendiri ataupun dengan beasiswa.

Bicara Perancis, ternyata biaya pendidikan untuk berkuliah di sana bisa terbilang cukup terjangkau, akan tetapi perlu diperhatikan juga walaupun terjangkau, jikalau ditambah dengan biaya ini itu, semisal biaya akomodasi, biaya transportasi dan juga biaya hidup lainnya, bisa menjadi sangat mahal juga kan.., terutama jika ingin kuliah di universitas swasta. Nah, walaupun begitu kenyataannya, jangan sampai biaya menjadi kendala bagi kita untuk bisa berkuliah di Perancis. Berikut dibawah ini beasiswa-beasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk kita semua agar bisa  bisa kuliah di Perancis, yuk simak!

Beasiswa Perancis

3. Erasmus Mundus Scholarships for International Students

Pada urutan ketiga ini ada Erasmus Mundus Scholarships for International Students. Program beasiswa ini didirikan oleh Uni Eropa. Program Erasmus Mundus Scholarships for International Students ini juga diberikan bagi mahasiswa Uni Eropa dan Non Uni Eropa yang mengikuti salah satu dari Erasmus Mundus Joint Programmes tingkat Master dan PhD. Mahasiswa dapat memilih dari 100-an program Master dan banyak program PhD bidang Bisnis dan Hukum, Sains, Agrikultur dan Kedokteran Hewan, Teknik, Manufaktur dan Konstruksi, Kesehatan dan Kesejahteraan, Seni dan Sastra, Matematika dan Komputasi, dan Ilmu Sosial.

Nah, untuk pendaftaran dan batas waktu tergantung programnya sendiri. Untuk info lebih lengkapnya, silahkan bisa kunjungi situsweb resminya.

2. Eiffel Excellence Scholarship

Selanjutnya diurutan kedua ada Eiffel Excellence Scholarship. Program beasiswa ini diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Perancis, Eiffel Excellence Scholarship Programme didesain untuk menarik para pelajar internasional berbakat untuk memperdalam studi Master dan PhD di Perancis. Pendaftar untuk program Master harus berumur di bawah 30 tahun, dan untuk PhD harus di bawah 35 tahun.

Pendaftaran biasanya dibuka mulai bulan oktober dan batas waktu pendaftaran sendiri hingga bulan januari. Sedangkan untuk hasil pengumuman penerimaannya sekitar bulan maret.
Baca artikel terkait EIFFEL EXCELLENCE SCHOLARSHIP PROGRAMME

1. Emile Boutmy Scholarships

Untuk diurutan pertama ada Emile Boutmy Scholarships. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa non Uni Eropa. Paris Institute of Political Studies, atau dikenal dengan sebutan Science Po, menamai beasiswa ini dari pendiri institusi - Emile Boutmy. Mahasiswa non Uni Eropa yang pertama kali mendaftar untuk program kuliah Sarjana atau Master bisa mencoba mendaftar untuk beasiswa ini.

Jika tertarik dengan program beasiswa yang satu ini, untuk batas waktu pendaftarannya sekitar : 
- Bulan Mei (untuk program sarjana), dan 
- Bulan Januari (untuk program pascasarjana). 
Baca artikel terkait BEASISWA EMILE-BOUTMY DI SCIENCES PO, PERANCIS

Nah, itulah 3 beasiswa yang bisa kalian manfaatkan untuk bisa berkuliah di Perancis. Selamat mencoba dan semoga tercapailah cita-cita :)