Monday, November 6, 2017

Inilah 5 Poin Penting Kenapa Harus Pilih Kuliah di Jepang

Bidik Beasiswa Top - Hai para pemburu beasiswa, apa saat ini ada di antara kalian yang masih haus akan ilmu? Atau ada yang berkeinginan untuk berkuliah ke jepang? Kalau ada, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan di Jepang, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan banyak mencari tahu via internet. Simple bukan? Atau jika kalian punya sahabat yang sudah lebih dulu berkuliah disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. 

Bisa berkuliah di Jepang merupakan suatu kebanggaan tersendiri, tentu saja ini menjadi mimpi banyak orang diluar sana, terutama para jiwa-jiwa muda yang masih haus akan ilmu, karena pada dasarnya jepang  yang memiliki passion besar di dunia teknologi. Bisa dibilang karena biaya kuliah dan biaya hidup di Jepang sangat mahal, jadi kebanyakan dari mereka memanfaatkan bantuan dan beasiswa sebagai jalur tempuh untuk pendidikan yang lebih baik lagi.


Sebelumnya, apakah kalian sudah tahu, jikalau Negara yang terkenal dengan julukan negeri matahari terbit ini terletak di kawasan Asia Timur sana, tepatnya di sisi negara lain yaitu China, Korea, dan Rusia. Ratusan bahkan ribuan wisatawan biasa mendatangi negara ini looh setiap tahunnya. Hal ini tentunya wajar, karena memang budaya yang ditawarkan negara ini serta pemandangan indah yang terdapat di jepang, menjadi magnet tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Oh iya, belum lagi kemajuan teknologi dan perekonomian mandiri yang membuat Jepang semakin diakui masuk sebagai negara maju. Nah, apakah kalian tertarik untuk berkuliah di jepang?

Bicara soal jepang, banyak sekali yang menjadi alasan kenapa kamu harus cepat-cepat eksekusi diri untuk bisa berkuliah disana. Nah, agar sedikit bisa memberi pencerahan kepada semua sobat bidik beasiswa, berikut ini alasan-alasan untuk berkuliah di jepang seperti yang sudah dilansir Hotcoursese. Apa saja sih yang menjadi alasan-alasannya? kenapa jepang yang harus menjadi pilihan tempat berkuliah? Yuk, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

A. Mempunyai Kualitas Hidup


Jepang adalah salah satu negara paling aman di dunia. Peraturan yang ketat untuk narkoba dan minuman keras, larangan senjata api dan fokus kuat pada pencegahan kriminal menciptakan lingkungan yang aman bagi warga Jepang dan mahasiswa internasional. Lingkungan yang aman, ditambah dengan keindahan alam di Jepang menjadikan negeri matahari terbit ini tempat yang sempurna untuk belajar mandiri dan menemukan jati dirimu.

Kota-kota yang populer adalah Tokyo, salah satu kota paling padat di dunia; Kyoto, kota romantis yang masih memiliki bangunan-bangunan kuno dan populer; dan Shiritoko National Park, di mana kamu bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dari pemandangan alam yang murni. Baik kamu menyenangi kehidupan kota, atau pedesaan, Jepang menawarkan beragam hiburan bagi mahasiswa internasional.

B. Mendaoatkan Bantuan Keuangan

Pemerintah Jepang ingin membantu mahasiswa internasional untuk dapat berkuliah di Jepang, dengan memberikan bantuan finansial dan beasiswa. Dua agen kepemerintahan, Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT) dan Japan Student Services Organization (JASSO), memberikan mahasiswa sejumlah bantuan pendanaan dan beasiswa untuk kuliah di Jepang.

C. Memiliki Kesempatan Kerja

Seiring dengan usaha untuk menarik mahasiswa internasional ke Jepang, perusahaan-perusahaan di Jepang juga akan memperkerjakan mahasiswa internasional setelah mereka lulus kuliah. Bidang-bidang yang menyediakan banyak lowongan kerja adalah teknik, TI, investasi perbankan, dan pendidikan.

Selain itu, karena Jepang ingin lebih kuat dalam pasar global, semakin banyak kesempatan diberikan bagi mereka yang ingin tinggal dan bekerja di perusahaan jepang di negara lain.


Pada bulan Mei 015, pemerintah Jepang mengumumkan kebijakan untuk membantu mahasiswa internasional mencari pekerjaan, dengan memberikan universitas informasi magang dan lowongan kerja yang dikhususkan bagi mahasiswa internasional. Jadi saat ini, terdapat banyak kesempatan kerja bagi mahasiswa internasional di Jepang!

D. Memakai Program Studi Internasional

Pada tahun 2008, Jepang menerbitkan “300,000 International Students Plan” untuk menjadikan Jepang lebih terbuka bagi mahasiswa internasional. Rencana ini bertujuan untuk menerima sekitar 300,000 mahasiswa internasional sebelum tahun 2020. Jadi, Jepang menyambut kedatangan lebih dari 100,000 mahasiswa internasional dalam waktu 5 tahun kedepan. Jika kamu sedang mencari waktu yang tepat untuk mendaftar ke Jepang, sekarang saatnya!


Menanggapi rencana ini, Jepang terus menambah dan mengembangkan program studi yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa internasional. Singkat kata, Jepang ingin mahasiswa internasional berkuliah di negara mereka, dan membantu mereka untuk diterima di universitas Jepang!

E. Memiliki Universitas-universitas Top dan Berkualitas

Jepang memiliki universitas-universitas terbaik di dunia, lima di antaranya masuk dalam peringkat top 100 di dunia oleh QS World University Rankings 2015/2016. Jepang juga berfokus kuat pada pendidikan, jadi mahasiswa internasional yang mencari pendidikan yang menantang dan berpengaruh tidak perlu meragukan kualitas pendidikan Jepang.

Kebanyakan program studi diajarkan sebagian atau sepenuhnya dalam Bahasa Inggris, jadi mahasiswa yang tidak bisa berbahasa Jepang tidak perlu khawatir dalam mengikuti pelajaran. Dengan semakin banyak program internasional yang tersedia, kamu tidak akan kesulitan menemukan program studi yang cocok buat kamu di Jepang.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa kamu harus coba kuliah di jepang. Tunggu apa lagi? Segera mulai mencari program studi yang cocok buat kamu, langsung saja eksekusi. Yeah.. Jepang!