Tuesday, November 1, 2016

INSA-JRD Tata Fellowship : Beasiswa Riset di India

Anda seorang dosen? Ilmuan? atau seorang peneliti? Nah, kabar baik untuk anda semua, melalui program beasiswa riset ini, Anda berkesempatan mengikuti pelatihan penelitian lanjutan bagi para ilmuan di negara-negara berkembang. Program beasiswa riset ini lebih tepatnya dari INSA-JRD Tata Fellowship, yang ditawarkan Indian National Science Academy, sebuah organisasi ilmiah di India yang mewakili semua cabang sains dan teknologi.  Skema ini dikoordinasi oleh Centre for International Co-operation in Science (CICS).

Program INSA-JRD Tata Fellowship berlangsung maksimum tiga bulan serta mencakup beberapa kajian bidang ilmu utama, seperti sains, teknologi, teknik, atau pun kedokteran di lembaga-lembaga penelitian di India. Program beasiswa ini, setiap tahunnya di sediakan 10 beasiswa.


Bagi kandidat yang beruntung akan mendapatkan beberapa pembiayaan, seperti berikut ini;
- tiket penerbangan dari negara asal ke tempat kerja di India,
- asrama dan penginapan yang terafiliasi oleh institusi, dan
- tunjangan yang memadai dalam mata uang India untuk menutupi biaya insidental.

Para kandidat/penerima beasiswa diperbolehkan untuk memilih periode beasiswa yang nyaman untuk mereka dan institusi tuan rumah. Nah, jika kalian tertarik silahkan dipersiapkan segala persyaratan-persyaratannya berikut ini.

Persyaratan: 
1. Kandidat/ pelamar (selain dari India) harus memiliki gelar master atau doktor pada bidang sains, atau gelar yang setara pada bidang teknik / kedokteran serta disiplin ilmu yang serumpun. 
2. Sekiranya memiliki usia di bawah 45 tahun (tepatnya, per 31 Desember dari tahun seleksi sebelumnya)
3. Para pelamar/kandidat terafiliasi dengan lembaga ilmiah atau akademik dari negara berkembang (selain dari India)
4. Kandidat memiliki paspor yang masih berlaku
5. Kandidat memperoleh surat penerimaan dari institusi tuan rumah India untuk pelatihan di India di bawah INSA-JRD Tata Fellowship (sesuai format)

Beberapa dokumen aplikasi yang diperlukan:
1. Menyiapkan "curriculum vitae" lengkap yang memuat tanggal lahir dan usia, minat riset dan pengalaman pemohon, publikasi, posisi saat ini, afiliasi ilmiah, penghargaan dan beasiswa, dll
2. Para pelamar harus menyiapkan laporan singkat, menjelaskan kegiatan penelitian yang diusulkan 
3. Cetak ulang dari 5 publikasi terbaik (5 tahun terakhir)
4. Dua lembar pasfoto ukuran paspor
5. Salinan untuk ijazah terakhir
6. Persyaratan selanjutnya yaitu surat persetujuan dari institusi induk 
7. Fotocopy halaman pertama paspor yang memperlihatkan tanggal lahir, tanggal penerbitan, dan tanggal berakhir
8. Terakhir, surat penerimaan dari institusi tuan rumah di India (sesuai format di halaman 6 formulir)

Pendaftaran: 
Lampirkan dokumen aplikasi yang diminta bersama formulir aplikasi dalam bentuk softcopy kemudian kirim ke email: dircics@gmail.com 

Selanjutnya kirimkan juga berkas fisiknya via pos ke: 
Director, CICS, No. 2, 
Gandhi Mandapam Road, 
Chennai-600 025, India.

Aplikasi harus diteruskan/dikirim oleh otoritas yang berwenang.

Deadline Pendaftaran:
Bagi anda yang tertarik, aplikasi hanya dapat diterima dua kali dalam setahun yakni paling lambat 31 Oktober dan 30 April setiap tahunnya. Aplikasi yang masuk, semuanya akan diteliti oleh komite seleksi dua kali dalam setahun yakni pada Mei dan dan November. Informasi lebih lanjut dan formulir aplikasi bisa diunduh melalui laman CICS (www.cics.tn.nic.in/interfellowships.htm). 

Tuliskan kembali satu tujuan yang telah dipilih, sebagai tujuan yang sangat berarti dan benar-benar ingin dicapai dalam waktu dekat. Ingat, kemampuan kita terbatas, tetapi berprestasi ditengah keterbatasan adalah sebuah kepahlawanan dalam bentuk lain. Zero to Hero.