Saturday, May 20, 2017

Mau Kuliah S1 hingga S3 Gratis? Intip Sistem Pendidikan di Finlandia saja

Bisa studi di luar negeri merupakan keinginan banyak orang diluar sana, tentunya bagi mereka yang masih haus akan ilmu. Bisa studi ke luar negeri juga dapat memberikan suatu pengalaman yang amat sangat berharga, namun pada dasarnya kan memang pengalaman itu merupakan sesuatu yang kamu cari dan bentuk sendiri. Nah, memang tinggal di luar negeri itu juga merupakan sesuatu yang tak tergantikan, jikalau kamu tidak berusaha untuk bisa mengenal kota yang kamu tinggali, ataupun kamu belum bisa berbaur dengan orang-orang setempat, bisa dipastikan kamu bisa pulang ke negaramu nanti dengan rasa penyesalan. So.. manfaatkanlah!


Jadikan setiap kesempatan itu menjadi suatu perjalanan/pengalaman yang baik dan mengesankan, untuk nantinya bisa kita jadikan cerita di masa depan dan tentunya pelajaran hidup agar selalu terus berusaha menjadi yang terbaik. Nah, untuk kalian yang masih haus akan ilmu, ada baiknya anda sedikit membaca perihal pendidikan terbaik finlandia ini, yuk simak!

Jika anda berkeinginan studi ke kampus terbaik, Finlandia sangat cocok untuk anda singgahi. Sistem pendidikan Finlandia adalah yang terbaik di dunia dan merupakan salah satu negara yang menyediakan fasilitas kuliah secara gratis. Perlu kalian ketahui, di negara tersebut biaya pendidikan sarjana (S1) hingga Strata 3 (S3) digratiskan! Tentunya baik bagi mahasiswa lokal maupun mahasiswa internasional dari sejumlah negara.

Mengapa negara ini begitu peduli akan pendidikan? ternyata hal ini didorong oleh kultur budaya dari warga Finlandia itu sendiri. Masyarakat di negara tersebut sangat aktif dalam mendorong adanya gerakan gemar membaca. Bahkan, sejak masih anak-anak para orang tua di negara tersebut sudah menanamkan pentingnya membaca.


Nah, Finlandia sendiri merupakan negara terbesar yang menerbitkan buku anak-anak dibandingkan negara lainnya. Untuk setiap bayi yang lahir di dalam suatu keluarga diberi ‘maternity package’ (paket materi) pendidikan yang berisi 3 buku bacaan untuk ibu, ayah, dan bayi itu sendiri. Mengapa hal tersebut diterapkan? Alasannya, PAUD adalah tahap belajar pertama dan paling kritis dalam belajar sepanjang hayat. Sebesar 90% pertumbuhan otak terjadi pada usia balita, sehingga sebelum anak masuk SD (7 tahun) ia sudah memiliki kesiapan mental dalam pendidikannya. 

Sistem pendidikan yang dijalankan tergantung institusi pendidikan masing-masing. Guru diberi kebebasan melaksanakan kurikulum pemerintah, bebas memilih metode dan buku teks. Hebatnya, berbagai media di Finlandia juga turut menyukseskan sistem pendidikan yang ada. Berbagai stasiun TV yang menyiarkan program berbahasa asing disertai dengan teks terjemahan dalam bahasa Finish sehingga anak-anak yang menonton TV bisa langsung belajar dengan audiovisual tersebut. 

Ada hal unik dengan sistem pendidikan di negara tersebut, yakni siswa yang memasuki kelas harus melepaskan sepatu dan hanya menggunakan kaos kaki. Guru yang mengajar pun berkualitas, lulusan program magister dan dipilih berdasarkan peringkat 10 besar dari masing-masing universitas. Tidak seperti di Indonesia, di Finlandia Ujian Nasional (UAN) hanyalah sebagai ujian percobaan (Matriculation Examination) untuk masuk Perguruan Tinggi dan tidak dijadikan sebagai tolok ukur untuk bisa memasuki bangku kuliah.

Semua biaya pendidikan di Finlandia di-cover oleh pemerintah. Segala kebutuhan akan pendidikan akan digratiskan. Namun, tidak dengan biaya hidup. Sehingga masing-masing siswa harus menanggung biaya hidup masing-masing. Lalu, bagaimana menyiasati biaya hidup selama di Finlandia? 

Pemerintah Finlandia pun memberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja part time dengan durasi waktu maksimal 20 jam per minggu. Dengan bekerja dengan waktu 20 jam per minggu, penghasilan yang didapatkan bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup di Finlandia selama sebulan, yakni sekitar 600 Euro. Jalan lain yang bisa ditempuh, yakni dengan mendapatkan dukungan dana dari lembaga yang menghibahkan beasiswa.

Nah, itulah peluang emas yang bisa anda manfaatkan untuk bisa melanjutkan studi ke luar negeri di kampus terbaik.

"Usaha untuk mendapatkan ilmu tidak ada batasannya". Capailah cita-citamu setinggi langit! 

Tuliskan kembali satu tujuan yang telah dipilih, sebagai tujuan yang sangat berarti dan benar-benar ingin dicapai dalam waktu dekat ini. Ingat, kemampuan kita terbatas, tetapi berprestasi ditengah keterbatasan adalah sebuah kepahlawanan dalam bentuk lain. Zero to Hero.