Thursday, November 17, 2016

Tips Berhemat Saat Anda Belajar di Luar Negeri

Jadikan setiap kesempatan itu menjadi suatu perjalanan/pengalaman yang baik dan mengesankan, untuk nantinya bisa kita jadikan cerita di masa depan dan tentunya pelajaran hidup agar selalu terus berusaha menjadi yang terbaik. Ketika waktu yang ditentukan telah tiba, momentum itu menjadi penentu langkah. Apakah akan terus berjuang atau berhenti sampai di situ. Yakin, adanya tujuan dan orientasi yang jelas, bisa mengubah kelemahan menjadi kekuatan. 

Bisa studi/ belajar di luar negeri merupakan satu diantara banyak keinginan orang diluar sana, hal ini tentunya bagi mereka yang masih haus akan ilmu merupakan satu batu loncatan dalam mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi. Bisa studi ke luar negeri juga tentunya dapat memberikan suatu pengalaman yang amat sangat berharga, pada dasarnya kan memang pengalaman itu merupakan sesuatu yang kamu cari dan bentuk sendiri.


Nah, bisa belajar dan tinggal di luar negeri juga merupakan sesuatu yang tak tergantikan loh, bayangkan jikalau kamu tidak berusaha untuk mengenal kota yang kamu tinggali disana, ataupun kamu belum bisa berbaur dengan orang-orang di sekeliling tempat kamu berpijak, kemungkinan bisa dipastikan suatu saat nanti kamu akan pulang kampung ke negaramu dengan rasa penyesalan dan kekecewaan. Jadi intinya, manfaatkanlah.

Eits.. tapi perlu diingat juga, ketika kita sedang berada/studi di luar negeri, kita juga harus pintar-pintar mengatur kehidupan kita disana, salah satu yang paling penting adalah berhemat. Keperluan-keperluan diatas misalnya, jikalau nantinya menimbulkan atau mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, misal jalan-jalan ke kota ini itu dengan tujuan mengenal kota tersebut, ada baiknya kalian baca "Tips Menghemat Uang Saat Belajar di Luar Negeri". Hal ini akan menjadikan kehidupan kita disana lebih stabil tentunya, tanpa ada kekurangan. Apa sajakah tips berhemat ketika kita berada/belajar di luar negeri? Berikut dibawah ini tips-tips berhematnya seperti yang sudah dilansir berkuliah.com. Yuk simak dibawah ini;

6. Kalian Harus Menjelajahi Tempat-tempat Wisata Sendirian (tanpa jasa tur guide)

Tips berhemat yang keenam ini; Sebelum pergi berlibur ada baikanya Anda mencari informasi  terlebih dahulu pada teman yang sudah pernah pergi kesana. Mintalah tips-tips tempat mana saja yang harus dikunjungi agar Anda tidak kebingunan dari mana harus mulai menjelajahi tempat tersebut. Jika sudah paham, Anda tidak perlu menyewa tur guide dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Saat menjelajah sendirian Anda akan lebih leluasa menikmati liburan. Jika ingin membeli souvenir pintar-pintarlah menawar dengan harga yang miring. Jika tersesat, Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar atau para pedaganng. Terkadang beberapa tempat juga disediakan peta bagi para wisatawan.

5. Kalian Juga Harus Mandiri (Memasak, atau cari makanan lokal yang murah tentunya)

Tips selanjutnya yang kelima agar bisa berhemat yaitu; saat berlibur untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa membawa bekal sendiri. Anda tinggal membeli bahan dan memasaknya. Anda juga bisa meminta bantuan teman untuk membantu memasak. Selain hemat Anda tidak perlu repot lagi untuk mencari tempat makan ditempat wisata. Dengan uang yang sedikit Anda bisa kenyang dan tentunya makanan sehat dan bersih. Atau kalau tidak sempat memasak Anda bisa mencari tempat makan lokal yang murah dan terjangkau. Seperti dipasar atau di pinggir jalan sekitar tempat wisata. Selain dapat mecicipi makanan lokal Anda juga bisa beriteraksi dengan penjual. Tetapi Anda juga harus mempertimbangkan kebersihannya.  

Jika di tempat berlibur harga fast food lebih murah, Anda bisa makan di tempat tersebut. Terkadang terdapat beberapa negara dimana harga fast foot sangat mahal dari pada makanan lokal. Jika kebetulan itu murah hal ini juga menguntungkan Anda. Cermat-cermat menghemat uang Anda. Jangan pernah Anda makan ditempat-tempat turis karena mereka akan menawarkan harga yang selangit. Dan biasanya menu yang disajikan bukan makanan lokal melainkan makanan terkenal dan para penjual tentunya akan mengambil keuntungan yang lumayan dengan turis. Karena menurut para penjual para turis hanya datang dan membeli sekali saja di tempat itu.

4. Kalian juga Harus sebisa mungkin, Membayar langsung dengan ATM atau Kartu Kredit

Untuk tips berhemat keempat, cobalah membayar langsung biasanya potongannya jauh lebih kecil, daripada saat Anda mengambil uang tabungan dari ATM. Saat Anda manabung uang untuk berlibur sebaiknya Anda menyimpan setengahnya pada kartu ATM. Karena ketika membayar sesuatu dengan ATM atau kartu kedit Anda bisa mendapat potongan harga mungkin bisa saja pihak bank atau perusahaan sedang mengadakan promo. Kartu ATM dan Kartu Kredit lebih efektif dalam pembayaran dari pada uang tunai, siapa tahu tempat yang Anda kunjungi menggunakan mata uang yang berbeda dari yang biasa Anda gunakan. Hal ini mempermudah dalam pembayaran dan Anda tidak perlu menukar uang dengan mata uang yang berbeda. Menghemat tenaga, waktu dan pengeluaran Anda. Tapi juga harus ingat bahwa Anda tidak boleh boros. Jika Anda membeli barang dan  tempat tersebut tidak menyediakan mesin ATM, atau kartu kredit seperti saat membeli makanan di pedagang kaki lima atau loket karcis, Anda bisa menyiapkan beberapa uang tunai dalam dompet Anda. Gunakan seperlunya saja terutama saat Anda benar-benar membutuhkannya.

3. Nah, Jika Kalian ingin Pergi ke Tempat/ Negara lain, utamakan Cari Diskon Promo Tiket Kereta atau Pesawat

Tips selanjutnya yaitu dengan rajin-rajinlah mencari informasi harga tiket pesawat atau kereta api, karena terkadang banyak perusahan saling berlomba-lomba untuk menarik para pelanggan dengan mengadakan diskon besar-besaran. Bahkan Anda bisa mendapatkan tiket gratis. Promo tket ini biasanya diadakan secara mendadak, siapa tahu saat sedang mencari informasi Anda adalah salah satu orang yang beruntung. Pilih paket liburan Anda dengan tujuan yang sudah direncanakan.  Setelah mendapatkannya Anda bisa memesan tiket. Terkadang Anda bisa mendapat diskon dengan menunjukan kartu mahasiswa. Sangat menghemat pengeluaran Anda bukan. Tiket sudah ditangan saatnya berlibur tanpa khawatir akan biaya yang membengkak. Jangan lupa untuk membeli tiket untuk kepulangan Anda. Lebih baik tidak menginap, tetapi jika ingin menginap Anda bisa meninap di rumah teman untuk menghemat pengeluaran.

2. Ada baiknya Kalian Menggunakan Transportasi Umum

Tips Kedua untuk berhemat adalah dengan menggunakan Transportasi umum seperti bus dan kereta api tentunya akan jauh lebih murah dari transportasi lainnya. Terkadang di luar negeri ketika kita menggunakan transportasi umum kita harus membeli kartu tiket. Pastinya Anda sudah punya. Anda bisa menggunakan itu saat berlibur. Tapi jika jarak wiasata Anda dekat sebaiknya berjalan kaki, karena bisa menghemat pengeluaran. Mungkin bisa juga Anda menyewa sepeda dan menjaelajahi tempat wisata tersebut dengan bersepeda. Jangan menaiki taksi karena tarif taksi sesuai dengan argo.

1. Kalian Harus Mencoba Membuat Perencanaan Keuanganmu Sendiri

Tips berhemat saat hidup/ berstudi diluar negeri yang pertama adalah dengan membuat perencanaan. Buatlah daftar apa saja yang Anda butuhkan. Tempatkan kebutuhan terpenting pada urutan teratas. Jika Anda mengunjungi tempat wisata di negara dimana Anda sedang menempuh pendidikan tentunya ini sangat membutuhkan uang. Sebelum pergi berlibur Anda harus merencanakan jauh-jauh hari. Sisakan beberapa uang yang Anda punya. Meski Anda harus menekan biaya penegluaran. Setiap hari Anda bisa mengumpulkan uang. Pisahkan uang Anda tersubut. Lebih baik Anda menggunakan uang untuk berlibur dari pada membeli barang yang tidak berguna. Tentunya Anda harus manahan sesuatu yang ingin dibeli.

Buat daftar apa saja yang dibutuhkan saat berlibur. Seperti biaya untuk transportasi, makan, dan tiket untuk masuk suatu wisata jika tempat itu memungut biaya. Rincikan dan jumlah berapa nominal uang yang Anda butuhkan dan mulailah untuk menabung. Usahakan uang yang Anda tabung melebihi target siapa tahu dana yang sudah Anda rinci ternyata sedikit mahal ketika sampai ditempat wisata. Jika saat berlibur dan uang Anda sisa, maka bisa menggunakan uang tersebut untuk keperluan lainnya.

Nah, itulah beberapa tips berhemat yang bisa kalian terapkan saat belajar di luar negeri. Semoga dengan tips tersebut, kalian bisa jauh dari yang namanya kekurangan atau bahkan dijauhkan dari yang namanya hutang-piutang. 

Selamat mencoba dan semoga menjadi manusia-manusia yang sukses dan bisa membangun Indonesia agar lebih baik lagi.