Friday, December 23, 2016

Beasiswa Goh Keng Swee (GKS) di Singapura

Hallo guys.. mungkin beasiswa ini tidak sefamiliar beasiswa lainnya yang ada di singapura, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk memanfaatkan beasiswa ini. Dr Goh Keng Swee (GKS) Scholarship. Sebelumnya perlu Anda ketahui, nama beasiswa ini diambil dari salah seorang tokoh di Singapura, yaitu Dr Goh Keng Swee. Tokoh tersebut merupakan salah seorang ekonom yang juga mantan Wakil Perdana Menteri Singapura pada era 1968-1984. Nah, menariknya lagi beasiswa GKS ini memberikan kesempatan bagi pelajar di Asia Pasific, salah satunya kita yang berada di Indonesia untuk dapat memperoleh beasiswa secara penuh pada jenjang S1.


Beasiswa GKS ini sendiri dikelola oleh Association of Banks in Singapore (ABS). Pada setiap tahunnya, 3-4 beasiswa penuh diberikan. Bagi Anda yang tertarik, banyak manfaat yang akan didapat, diantaranya meliputi;
  • Biaya kuliah penuh serta biaya wajib lainnya, 
  • Tiket PP Indonesia – Singapura, 
  • Tunjangan pemeliharaan sebesar SGD 6.500 per tahun, 
  • Tunjangan asrama,
  • Tunjangan penyisihan saat pertamakali tiba di Singapura sebesar SGD 200.
  • Tunjangan-tunjangan lainnya
Nah, program pemberian beasiswa tersebut akan dievaluasi oleh pihak pelaksana pada setiap tahunnya, evaluasi tersebut berdasarkan capaian akademik dan maksimum diberikan hingga empat tahun bagi para penerima beasiswa GKS. Selanjutnya, setelah menyelesaikan studi S1, para kandidat sendiri nantinya akan diminta untuk bekerja selama 3 tahun di sebuah perusahaan yang ada di Singapura atau perusahaan yang berbasis di Singapura di negara tempat tinggal. Bagaimana sobat bidikbeasiswa.top, apakah Anda tertarik?

Untuk pilihan universitas sendiri, program beasiswa GKS ini menyediakan universitas terkemuka yang ada di Singapura, di antaranya;
  • National University of Singapore (NUS), 
  • Nanyang Technological University (NTU), 
  • Singapore Management University (SMU), dan S
  • ingapore University of Technology and Design (SUTD). 

Persyaratan:
  1. Para pelamar merupakan warganegaraan/memiliki paspor Brunei, Kamboja, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Philipina, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, Thailand, Laos, dan Myanmar. 
  2. Para pelamar bersamaan mendaftar masuk ke NUS, NTU, SMU, atau SUTD. Sebagian besar program akan dipertimbangkan, kecuali program khusus seperti kedokteran. Pelamar harus mematuhi deadline pendaftaran universitas.
  3. Para pelamar memiliki kualitas kepemimpinan serta memiliki prestasi akademik dan kegiatan co-kurikuler yang baik 
  4. Para pelamar pernah mengikuti SAT, atau berjanji mengikuti tes SAT

Dokumen Aplikasi:

1. Lampiran laporan skor SAT
2. Lampiran Hasil Ujian Nasional (UN)
3. Ijazah SLTA
4. Memiliki 3 (tiga) surat rekomendasi

Pendaftaran:

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri, pengajuan beasiswa ini terbilang cukup mudah. Para pelamar hanya perlu mendaftarkan diri secara online di laman beasiswa GKS. Silahkan Anda membuat akun terlebih dahulu, untuk kemudian mengunggah dokumen aplikasi yang diminta. Anda perlu men-scan dokumen yang diperlukan dan untuk masing-masing ukuran file tidak lebih dari 2 MB. Selain itu, para pelamar juga perlu mendaftar ke salah satu universitas yang ditetapkan di Singapura. Pendaftaran ini bisa dicek langsung di masing-masing website universitasnya. 

Deadline Pendaftaran:

Untuk beasiswa GKS 2017-2018 sendiri, pendaftarannya dibuka hingga 10 Maret 2017. Sebelumnya, para pelamar Sebaiknya mengirimkan aplikasi tersebut sebelum deadline berakhir. 

Catatan:
  • Pelamar yang masuk pemeringkatan akan diminta untuk mengikuti tes wawancara pada akhir Mei di Singapura. 
  • Biaya ditanggung sendiri oleh pelamar atau jika pelamar tidak bisa ke Singapura dapat dipertimbangkan via Skype.
  • Jika ada pertanyaan lebih lanjut terkait beasiswa ini, silahkan bisa disampaikan melalui email: GKS_Scholarships@abs.org.sg atau melalui laman ABS.


Selamat mencoba dan semoga Anda menjadi salah satu kandidat yang beruntung!