Wednesday, December 14, 2016

Beasiswa S2 Ke Perancis "Ampère Scholarships of Excellence" 2017

Biaya kuliah di Perancis cukup terjangkau, akan tetapi jika ditambah dengan biaya akomodasi, transportasi dan juga biaya hidup lainnya, bisa menjadi sangat mahal, terutama jika Anda ingin berkuliah di universitas swasta. Tetapi jangan biarkan biaya menjadi kendala. Salah satu cara agar bisa berkuliah di perancis adalah dengan mencari pendanaan, salah satunya dengan beasiswa. Apa saat ini Anda Sedang mencari beasiswa ke Perancis? Nah, berikut dibawah ini sedang dibuka program beasiswa ke perancis.

Pada kesempatan kali ini, melalui Ampère Scholarships of Excellence, Anda yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi lagi, tepatnya pada program master, sangat dipersilahkan untuk memanfaatkan kesempatan yang di berikan Ecole Normale Supérieure de Lyon (ENS de Lyon) melalui program beasiswa ini. Program ini sendiri ditujukan untuk mengambil program master spesifik yang ada di ENS de Lyon, meliputi program di bidang ilmu pasti, ilmu-ilmu sosial, seni, dan juga humaniora.


Bagi Anda yang beruntung pada pemberian beasiswa kali ini, nantinya akan memperoleh dana berupa dukungan keuangan, dan tentu ini bisa digunakan untuk studi di Prancis. Total dananya sendiri sebesar 1.000 Euro per bulan (± Rp 14 juta) dengan durasi selama setahun ke depan, namun jika memungkinkan proram ini juga dapat dilakukan perpanjangan untuk tahun kedua. Sebelumnya perlu Anda ketahui, jika pemberian beasiswa S2 ini bukanlah beasiswa penuh, jadi kebutuhan studi lainnya, semisal akomodasi, biaya kuliah, dll, masih perlu mengeluarkan biaya sendiri bagi para penerima beasiswa atau mencari sumber pendanaan lain. 

Persyaratan:

  1. Para pelamar merupakan mahasiswa Internasional, kecuali Warganegara Prancis.
  2. Setidaknya berusia maksimal 26 tahun (lahir setelah 11/01/1991) per tanggal penutupan aplikasi 
  3. Untuk para pelamar yang mendaftar ke program master 1 tahun (M1) merupakan lulusan sarjana berlisensi setara dengan 180 kredit ECTS Eropa, atau kualifikasi setara yang diakui oleh ENS de Lyon.
  4. Untuk para pelamar yang mendaftar ke program master 2 tahun (M2), setidaknya harus telah menyelesaikan studi program master 1 tahun (M1) (setara dengan 240 kredit ECTS Eropa), atau memperoleh kualifikasi setara yang yang diakui oleh ENS de Lyon (contoh: MPhil)
  5. Para pelamar memiliki Kemampuan berbahasa dengan baik:

         a. Untuk jurusan seni, humaniora, dan ilmu sosial
Sekiranya para pelamar memiliki kompetensi memadai dalam berbahasa Perancis untuk mengambil perkuliahan yang diajukan. Direkomendasikan level C1. Calon juga harus menunjukkan sertifikat mahir berbahasa Perancis berdasarkan Common European Framework of Reference of Language (CEFRL). Misalnya DALF.
        b. Untuk Jurusan sains
Setidaknya para pelamar juga memiliki kompetensi memadai dalam berbahasa Perancis dan/atau Inggris untuk mengambil program kuliah yang dilamar. Para calon sendiri juga harus menunjukkan sertifikat mahir dalam bahasa Perancis: contohnya DALF, DELF, TCF dan dalam bahasa Inggris: IELTS atau tes TOEFL.
Dokumen aplikasi:

1. Para pelamar mendapat dua surat referensi dari profesor. Silahkan (Unduh)
2. Para pelamar menuliskan dan melampirkan motivation letter
3. Para pelamar melampirkan curriculum vitae
4. Lampiran salinan ijazah dan juga transkrip sarjana (silahkan diterjemah ke bahasa Prancis atau Inggris terlebih dahulu)
5. Bagi para pelamar yang sekiranya mendaftar untuk program master Seni, Humaniora, Bahasa, atau Ilmu Sosial, diharapkan untuk cantumkan: 
  •  Ringkasan proyek penelitian dalam bahasa Perancis (maksimum 3 halaman). 
  •  Sertifikat kemampuan bahasa Perancis: DALF, DELF, TCF

6. Bagi para pelamar yang ingin mendaftarkan diri di program ilmu pasti, silahkan mencantumkan:
  • Sertifikat kemampuan bahasa Perancis (DALF, DELF, TCF) dan dalam bahasa Inggris (IELTS atau TOEFL)
  • Jika Anda tidak menggunakan bahasa Perancis, harap sertakan surat yang menyatakan hal ini

7. Untuk para pelamar yang ingin mendaftarkan diri ke program master "Architecture de I'information", silahkan untuk melengkapi kuosioner akademik yang disediakan (Unduh)

Pendaftaran:

Jika Anda tertarik untuk membidik beasiswa ini, silahkan melengkapi terlebih dahulu formulir aplikasi online yang disediakan oleh ENS de Lyon

Catatan: 
  • Silahkan para pelamar membuat akun terlebih dahulu. Untuk kemudian bisa mengunggah dokumen aplikasi yang diminta di dalam formulir tadi.
  • Jika aplikasi Anda diterima, setidaknya Anda akan memperoleh surat pemberitahuan pra pendaftaran serta prosedur yang perlu dilakukan selanjutnya. 
  • Hasil seleksi sendiri nantinya akan tersedia melalui laman ENS de Lyon (www.ens-lyon.fr).

Deadline Pendaftaran:

Sekali lagi bagi Anda yang tertarik untuk mendaftarkan diri, proses pengajuan aplikasi sendiri sudah harus dilakukan paling lambat tanggal 9 Januari 2017. 

Jika ada yang belum dipahami atau ada pertanyaan terkait program beasiswa ini, silahkan dapat segera menghubungi kontak dibawah ini; 
Tel: +33 4 37 37 66 82
Email: ampere.scholarship@ens-lyon.fr
Selamat mencoba dan semoga Anda menjadi salah satu kandidat yang beruntung!


EmoticonEmoticon