Wednesday, December 7, 2016

Beasiswa untuk Mahasiswa S1 ke Jepang

Hai sobat bidikbeasiswa.top.. Jika postingan sebelumnya sudah di informasikan terkait proram Beasiswa Training Guru SD, SMP, SMA/SMK/Sederajat ke Jepang (yang saat ini juga masih dibuka), kali ini bidikbeasiswa.top pun kembali menginformasikan untuk Anda semua yang memang benar-benar haus akan ilmu dan ingin menimba ilmu di jepang. Kami informasikan jikalau ternyata ada juga beasiswa lainnya untuk mahasaswa S1 yang ada di Indonesia. 

Sebelumnya, apakah kalian sudah tahu, jikalau Negara yang terkenal dengan julukan negeri matahari terbit ini terletak di kawasan Asia Timur sana, tepatnya di sisi negara lain yaitu China, Korea, dan Rusia. Bisa dibilang, ratusan atau bahkan ribuan wisatawan biasa mendatangi negara ini setiap tahunnya. Hal ini tentunya wajar, karena memang budaya yang ditawarkan negara ini serta pemandangan indah yang terdapat di jepang, menjadi magnet/daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Oh iya, belum lagi kemajuan teknologi dan perekonomian mandiri yang membuat Jepang semakin diakui masuk sebagai negara maju. Nah, apakah kalian tertarik untuk berkuliah di jepang?

Kembali ke beasiswa, pada kesempatan kali ini beasiswa yang dimaksud merupakan program non-gelar yang berlangsung kurang lebih selama(1 tahun) dan dimulai Oktober 2017. Beasiswa ini ditawarkan secara langsung melalui Program Japanese Studies 2017. Adapun tujuan dari program beasiswa yang dibuka ini adalah tidak lain untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa S1 yang mengambil jurusan Jepang saat ini, untuk kemudian bisa meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan memperdalam pengertian tentang kebudayaan Jepang itu sendiri. Tentunya studi langsung dilaksanakan di Jepang yah sobat. Kalian tertarik?

Apa yang akan didapatkan dari program beasiswa ini? 

Banyak sekali tentunya manfaat yang akan diterima para kandidat yang beruntung. Berikut dibawah ini rinciannya;
  • Para kandidat yang lolos, nantinya akan diberikan tunjangan tanpa perlu adanya ikatan dinas
  • Biaya penuh untuk pendidikan di Jepang
  • Para kandidat juga akan diberikan biaya tiket pesawat kelas ekonomi pp Indonesia-Jepang
  • Biaya pembuatan visa pelajar. 
  • Tunjangan hidup sebesar ¥ 117.000 per bulan (± Rp 13 juta) yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang
  • Disediakan asrama/tempat tinggal untukpara penerima beasiswa. 

Persyaratan:
  1. Para pelamar merupakan mahasiswa aktif yang kuliah di salah satu perguruan tinggi program S1, yang mempelajari bahasa, budaya, dan sastra Jepang
  2. Para pelamar setidaknya berusia di bawah 30 tahun per tanggal 1 April 2017.
  3. Para pelamar berasal dari tingkat tiga atau sekitar semester 5 (lima) ke atas pada saat melamar (akan tetapi bagi mereka yang mempunyai kemampuan berbahasa Jepang yang baik dan direkomendasikan khusus oleh perguruan tinggi dan yang sudah belajar lebih dari satu tahun di perguruan tinggi pada tanggal 1 April 2017 boleh mendaftar walaupun belum mencapai tingkat tiga).
  4. Para pelamar direkomendasikan oleh pihak Universitas, berdasarkan seleksi internal di universitas masing-masing.
  5. Memiliki kesehatan jasmani maupun rohani.

Dokumen aplikasi: 
  1. Silahkan melampirkan surat pengantar dari pihak Universitas yang berisi (daftar siswa) yang direkomendasikan oleh universitas.(surat dibuat dalam bahasa Jepang/Inggris)
  2. Mengunduh formulir aplikasi yang telah disediakan, kemudian diisi dalam bahasa Jepang/Inggris. (Unduh http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_js_formulir2017_.docx)
  3. Lampiran pasfoto berwarna (di stempel pada setiap formulir, ukuran foto lihat / disesuaikan dengan ukuran kotak pada formulir aplikasi).
  4. Para kandidat melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi, tentunya yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut. Harus dilengkapi dengan keterangan tempat dan tanggal lahir. (surat dibuat dalam bahasa Jepang/Inggris, satu surat untuk satu mahasiswa/i)
  5. Kandidat juga harus melampirkan surat rekomendasi dari ketua (jurusan atau pembimbing) mengenai pribadi mahasiswa yang bersangkutan, dan harus diisi dalam bahasa Jepang/Inggris dalam form yang telah tersedia. (Unduh http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_js_rekomendasi2017.docx)
  6. Para pelamar menyiapkan fotokopi transkrip nilai; mulai semester satu sampai saat ini. (Dalam bahasa Inggris, dilegalisir / dicap basah dari Universitas)
  7. Silahkan lampirkan fotokopi Sertifikat Nihongo Noryoku Shiken / JLPT, jika ada.

Catatan: Para kandidat menyiapkan semua dokumen yang ditulis dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris, dibuat masing-masing sebanyak 3 rangkap dan dibuat/diprint pada kertas ukuran A4.
Pendaftaran: 
  • Pada program beasiswa ini, pendaftaran sudah mulai dibuka sejak 30 November 2016 dan akan ditutup pada tanggal 3 Januari 2017.
  • Poses pelamaran program beasiswa ini dilakukan secara kolektif oleh Universitas dan dengan rekomendasi dari Universitas yang bersangkutan, bukan dari perorangan.
  • Untuk yang sudah siap, silahkan formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap, diserahkan langsung ke alamat: Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang, Jl. M. H. Thamrin 24, Jakarta 10350.

Penyerahan sudah harus sampai selambat-lambatnya tanggal 3 Januari 2017 (bukan merupakan cap pos). 
  • Silahkan tuliskan kode “Japanese Studies 2017” pada bagian kanan atas amplop, untuk memudahkan proses.
  • Bagi para pelamar yang sudah menyerahkan dokumen, tidak akan dapat ditarik / diminta kembali, dengan alasan apapun.

Berikut dibawah ini adalah tahapan proses seleksi:
  • Tahap 1: Proses seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 27 Januari 2017.
  • Tahap 2: Bagi para kandidat yang lulus seleksi berkas, nantinya akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tertulis.
  • Tahap 3: Proses seleksi ujian tertulis sendiri adalah ujian bahasa Jepang. Akan diadakan secara serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. (Untuk jadwal seleksi ujian tertulis akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi berkas)
  • Tahap 4: Proses seleksi wawancara. Bagi yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta. (Jadwal ujian wawancara akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi ujian tertulis)
  • Tahap 5: Bagi yang beruntung dan lulus wawancara, nantinya akan direkomendasikan ke Monbukagakusho
  • Tahap 6: Untuk para kandidat yang berhasil lulus seleksi keseluruhan akhir di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. 
  • Tahap 7: Untuk tahapan terakhir ada pengumuman. Pengumuman final akan diumumkan sekitar bulan Agustus 2017

Bagaimana sobat bidikbeasiswa, apakah kalian tertarik untuk membidik program beasiswa ini? Ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu. Karena pada dasarnya, jika ingin mendapatkan beasiswa ya jawabannya harus "DAFTAR".

Oh iya, ika ada yang belum dipahami dan punya pertanyaan terkait beasiswa ini, silahkan bisa Anda ajukan melalui alamat email: beasiswa@dj.mofa.go.jp atau website Kedubes Jepang (www.id.emb-japan.go.jp). 

Selamat mencoba dan semoga Anda menjadi salah satu kandidat yang beruntung!