Tuesday, December 6, 2016

Beasiswa Training Guru (SD, SMP, SMA/SMK/MA) ke Jepang 2017

Bisa menimba ilmu di Jepang merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Karena pada dasarnya, Jepang adalah salah satu tujuan yang menjadi destinasi favorit bagi para pelajar untuk bisa studi disana.  Bisa dibilang, itu menjadi salah satu mimpi banyak orang diluar, terutama para jiwa-jiwa muda yang tepatnya masih haus akan ilmu. Selain itu, jepang juga mempunyai passion besar di dunia teknologi. Dengan biaya kuliah dan biaya hidup di Jepang yang terbilang sangat mahal, jadi kebanyakan dari mereka memanfaatkan bantuan dan beasiswa sebagai jalur utama.

Sebelumnya, apakah kalian sudah tahu, jikalau Negara yang terkenal dengan julukan negeri matahari terbit ini terletak di kawasan Asia Timur sana, tepatnya di sisi negara lain yaitu China, Korea, dan Rusia. Ratusan bahkan ribuan wisatawan biasa mendatangi negara ini looh setiap tahunnya. Hal ini tentunya wajar, karena memang budaya yang ditawarkan negara ini serta pemandangan indah yang terdapat di jepang, menjadi magnet tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Oh iya, belum lagi kemajuan teknologi dan perekonomian mandiri yang membuat Jepang semakin diakui masuk sebagai negara maju. Nah, apakah kalian tertarik untuk berkuliah di jepang?

Ngomongin soal jepang, pada kesempatan kali ini telah dibuka beasiswa training untuk guru atau biasa disebut Teacher Training Program. Apa itu Teacher Training Program? Nah, itu merupakan salah satu program penataran guru yang secara tidak langsung dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidang yang digeluti. Teacher Training Program sendiri merupakan salah satu Beasiswa yang mungkin terdengar tidak asing lagi di telinga kita, yaitu Monbukagakusho yang ditawarkan Pemerintah Jepang. 

Banyak manfaat yang akan didapat dari program beasiswa ini, selain proses pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat para siswa, para guru juga nantinya akan diberikan pelatihan khusus cara mengajar, serta bidang lain yang bisa meningkatkan kualitas dan kemampuan guru.

Sebelumnya perlu kalian ketahui, jika program ini berlangsung sekitar 1 tahun 6 bulan dan itu termasuk program non gelar. Untuk 6 bulan pertama, nantinya para kandidat yang terpilih akan menjalani proses belajar bahasa Jepang yang dimulai pada bulan Oktober 2017. Jika saat ini Anda seorang guru dan ingin mencoba peruntungan pada program beasiswa ini, sasarannya sasarannya yaitu para guru SD, SMP, SMA, SMK, MA, dan sederajat.

Selain manfaat diatas, masih ada banyak lagi manfaat yang akan diterima para kandidat yang beruntung, yaitu para pelamar diberikan beasiswa tanpa adanya ikatan dinas apapun, selain itu juga para pelamar diberikan tiket pesawat untuk pp Indonesia – Jepang, tanggungan biaya pendidikan secara penuh, tanggunga biaya pembuatan visa pelajar. Asiknya lagi, para kandidat yang beruntung akan diberikan tunjangan hidup sebesar ¥ 143.000 per bulan (± Rp 16 juta) yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang. 

Catatan: Pada program beasiswa ini, terdapat beberapa universitas yang menyediakan tempat tinggal (untuk biaya sendiri dikelola dari tunjangan hidup yang diberikan) para peserta, dan satu lagi khusus untuk universitas yang tidak menyediakan tempat tinggal, pihak universitas sendiri dapat membantu mencarikan tempat tinggal. Apakah kalian tertarik?

Persyaratan: 
  1. Para pelamar setidaknya mempunyai dedikasi tinggi sebagai seorang guru/pengajar/pendidik
  2. Para pelamar dari lulusan minimal S1 atau D4
  3. Merupakan seorang guru yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal, baik itu SD, SMP, SMA dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), maupun SLB
  4. Para pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2017
  5. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
  6. Para pelamar setidaknya berusia di bawah 35 tahun per tanggal 1 April 2017
  7. Memiliki kesehatan baik itu jasmani maupun rohani (dan untuk pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi sedang hamil saat melamar maupun saat keberangkatan)
  8. Terakhir, para pelamar harus bersedia belajar bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar di universitas.

Dokumen aplikasi: 
  1. Mengisi formulir aplikasi yang telah disediakan (diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang), berikut (Unduh)
  2. Melampirkan pasfoto berwarna (harus ditempel pada setiap formulir, ukuran foto disesuaikan dengan ukuran kotak pada formulir aplikasi yang sudah diunduh)
  3. Selanjutnya para pelamar melampirkan fotokopi Ijasah pendidikan terakhir (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
  4. Fotokopi transkrip nilai (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
  5. Para pelamar melampirkan surat keterangan dari (tempat mengajar) yang menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini, disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dicap basah asli oleh sekolah. Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya yang dicap basah asli dari sekolah sebelumnya tersebut, surat harus dibuat dalam bahasa Inggris (Unduh contoh)
  6. Para kandidat melampirkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah mengenai pribadi pelamar, harus diisi dalam bahasa Inggris dalam form yang tersedia (Unduh)

Catatan: Untuk semua dokumen ditulis dalam bahasa Inggris atau Jepang, dibuat masing-masing sebanyak 3 rangkap dan dibuat/diprint pada kertas ukuran A4. Para pelamar tidak perlu melampirkan dokumen apapun yang sekiranya tidak diminta.

Pendaftaran: 

Bagi Anda bapak-ibu guru yang tertarik untuk membidik beasiswa ini, pendaftaran dibuka dari tanggal 30 November 2016 dan akan ditutup pada tanggal 3 Januari 2017 nanti. Silahkan bagi para pelamar, baik itu dari pegawai negeri maupun swasta untuk menyerahkan secara langsung atau bisa juga mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan. 

Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen aplikasi lainnya diserahkan langsung/ dikirimkan ke :
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350
Poin penting:
  • Pendaftaran paling lambat tanggal 3 Januari 2017. Kandidat dimohon untuk menuliskan kode “Teacher Training 2017” pada bagian kanan atas amplop.
  • Untuk dokumen yang telah diserahkan tidak dapat ditarik / diminta kembali, dengan alasan apapun.
  • Pihak pemberi beasiswa tidak menerima dokumen yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.

Berikut dibawah ini adalah tahapan seleksi beasiswa:
  • Tahap 1 : Seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 27 Januari 2017. Bagi yang lulus seleksi berkas akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tertulis.
  • Tahap 2 : Seleksi ujian tertulis adalah ujian bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. (Jadwal ujian tertulis akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi berkas)
  • Tahap 3 : Bagi yang lulus seleksi ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta. (Jadwal seleksi wawancara akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi ujian tertulis)
  • Tahap 4 : Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
  • Tahap 5 : Mereka yang lulus seleksi keseluruhan akhir di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Agustus 2017.

Berikut dibawah ini adalah contoh Universitas & Bidang Study:

Daerah Hokkaido hingga Chubu (www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide01en.pdf)
Daerah Kinki hingga Okinawa (www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide02en.pdf)

Jika ada yang belum dipahami dan memiliki pertanyaan terkait beasiswa ke jepang ini, silahkan bisa ajukan pertanyaan Anda melalui alamat email: beasiswa@dj.mofa.go.jp

Selamat mencoba dan semoga Anda menjadi salah satu kandidat yang beruntung!