Monday, February 20, 2017

Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2017

Pada kesempatan kali ini, Kementerian Pendidikan Taiwan membuka kesempatan beasiswa untuk kursus bahasa Mandarin. Tepatnya melalui Huayu Enrichment Scholarship (HES). Beasiswa ini selain mengikuti kegiatan kursus, para penerima juga akan diberikan kesempatan untuk bisa meningkatkan pemahamannya pada budaya dan kehidupan masyarakat Taiwan. 

Nah, program beasiswa ini juga umumnya memberikan durasi hingga satu tahun, akan tetapi Kantor Perwakilan Taiwan juga dapat memberikannya dengan periode 9 bulan, 6 bulan, atau 3 bulan lamanya. Untuk periode pemberian tahunan berlangsung sekitar 1 September sampai 31 Agustus tahun selanjutnya.
Baca juga: kampus pencetak Alumni Para Startup Terkaya di Dunia
Bagi para penerima beasiswa bahasa Mandarin 2017 ini akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar NT$ 25.000 atau setara USD$ 735. Bagaimana sobat bidikbeasiswa, apakah tertraik untuk mendaftarkan diri? Berikut dibawah ini lebih jelas mengenai proses pendaftarannya.


Persyaratan: 
  1. Para pelamar sudah harus berumur 18 tahun atau lebih, lulusan SMA atau bisa juga diatasnya, yang sekiranya memiliki prestasi akademik yang baik dalam pendidikan belajar terbaru yang resmi dan memiliki karakter moral yang baik.
  2. Bukan merupakan warga Negara Taiwan.
  3. Tidak memiliki status sebagai pelajar asing
  4. Tidak sedang terdaftar sebagai pelajar di pusat pembelajaran Bahasa Mandarin, dan tidak pernah menjadi pelajar di universitas maupun perguruan tinggi di Taiwan.
  5. Para pelamar bukan merupakan "pertukaran pelajar" sesuai perjanjian kerjasama antara universitas / perguruan tinggi internasional dan lembaga pendidikan di Taiwan, saat menerima beasiswa HES.
  6. Tidak pernah menerima penghargaan baik berdasarkan program beasiswa ini maupun program beasiswa Taiwan.
  7. Bukan merupakan penerima beasiswa lainnya atau subsidi yang diberikan oleh Pemerintah Taiwan atau institusi pendidikan lainnya di Taiwan.

Dokumen Aplikasi: 
  1. Silahkan isi formulir aplikasi (Unduh
  2. Fotokopi Akta Lahir, Pasport dan Kartu Keluarga (KK).
  3. Fotokopi Ijasah Terakhir dan Transkip Nilai. (Setelah pengumuman, penerima beasiswa wajib memberikan dokumen dalam bahasa Mandarin atau Inggris yang telah dilegalisir dalam kurun waktu yang ditentukan. Jika kedua dokumen tersebut dikeluarkan oleh negara lain selain Taiwan atau instansi pendidikan Internasional lainnya, maka kedua dokumen tersebut harus dilegalisir terlebih dahulu oleh Kantor Perwakilan Taiwan setempat sebelum diserahkan).
  4. Fotokopi formulir pendaftaran dari salah satu Pusat Pelatihan Huayu Enrichment. (formulir yang digunakan saat mendaftar ke language center)
  5. Dua lembar surat rekomendasi yang sudah di tanda tangani dan tertutup rapat dalam amplop. (Bisa dari siapa saja misalkan dosen atau atasan. Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi tidak berlaku).

Pendaftaran:

Silahkan untuk melengkapi terlebih dahulu dokumen aplikasi yang diminta/dibutuhkan, apabila sudah lengkap silahkan kirimkan ke alamat dibawah ini: 
Kantor Taipei Economic and Trade Office (TETO)
Gedung Artha Graha lt.17, Jl. Jend Sudirman kav 52-53, SCBD, Jakarta 12190
Catatan: Para pelamar diharapkan untuk menuliskan nama beasiswa pada amplop yang akan dikirim. 
Deadline Pendaftaran:

Pada tahun 2017 ini, proses pengajuan aplikasi beasiswa "kursus bahasa Mandarin" diterima paling lambat tanggal 31 Maret 2017. Bagi para pelamar yang beruntung, pihak kantor pelaksana akan mengumumkan daftar penerima beasiswa tersebut melalui website Taipei Economic and Trade Office ( www.roc-taiwan.org/ID ) sebelum 31 Mei 2017. 

Nah, apabila ada pertanyaan seputar beasiswa kursus bahasa mandarin ini, silahkan layangkan melalui alamat email: beasiswa@teto.or.id atau bisa juga berselancar melalui website TETO. 

Selamat mencoba dan semoga anda menjadi salah satu kandidat yang beruntung!