Tuesday, February 14, 2017

Beasiswa S2 StuNed di Universitas Belanda 2017

Bicara pendidikan, negara-negara maju lebih cenderung memiliki pendidikan yang lebih berkualitas. Oleh karena itu, jikalau anda diberi kesempatan untuk dapat menempuh pendidikan di negara-negara maju, anda harus benar-benar memanfaatkannya untuk belajar, jangan sampai di sia-siakan. Sehingga nantinya anda akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional. Apakah sahabat bidik beasiswa ada yang ingin berkuliah di Belanda dengan beasiswa? Jika ada, anda harus tahu dulu semua tentang keadaan di Belanda, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi yang ada disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang dibayangkan kok, anda hanya perlu banyak bertanya dan mencari tahu sendiri informasinya via internet. Simple bukan? Nah, atau jika anda punya sahabat yang sudah lebih dulu berkuliah disana, anda bisa tanyakan sendiri secara langsung ke sahabatmu itu. 

Perlu diketahui, banyak dari pelajar Indonesia yang berada di belanda, tidak sedikit pula kisah-kisah inspiratif berdatangan langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah lebih dulu merasakan nikmatnya pendidikan di Belanda. Pada kesempatan kali ini, beasiswa StuNed (Studeren in Nederland) kembali dibuka. Tepatnya Beasiswa StuNed – Master. Beasiswa ini merupakan beasiswa untuk S2 dengan durasi kuliah selama 12–24 bulan, tentunya dengan banyak pilihan program studi. 

Nah, pada program kali ini selain menawarkan tanggungan biaya kuliah sebesar (20.000 Euro maksimum per tahun), para penerima beasiswa juga nantinya akan diberikan biaya hidup bulanan, biaya perjalanan internasional dan lokal, serta biaya lain yang sekiranya diperlukan untuk kebutuhan pembiayaan studi. 

Beasiswa Stuned 2017

Sebelumnya perlu Anda ketahui, jika pada program Beasiswa StuNed sendiri merupakan salah satu bagian dari kerja sama bilateral antara pemerintah Belanda dengan Indonesia. Oleh karena itu, para pelamar bisa memanfaatkan beasiswa ini untuk mengambil kuliah S2 dengan bahasa pengantar yaitu Inggris di universitas-universitas Belanda. 

Pada program beasiswa StuNed ini sendiri terbuka untuk semua program studi internasional yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi Belanda. Nah, terkecuali untuk perkuliahan jarak jauh dan joint-program antar universitas. Prioritas yang diberikan pada bidang studi berhubungan langsung dengan area kerjasama bilateral antara pemerintah Indonesia-Belanda. Bagaimana sobat bidik beasiswa, apakah anda tertarik untuk membidiknya?

Bidang Prioritas:

International Trade, Finance, and Economics
Finance - Financial Markets and Regulation; Finance & Investments; Finance - Risk Management; International Economics & Business; Fiscal Economics; Business Administration: Specialization in Financial Management; Small Business and Entrepreneurship.

Transport, (Agro)logistic and Infrastructure
Maritime Economics and Logistics; Transport, Infrastructure and Logistics; Maritime Economics and Logistics; Logistics Management; Operations Management and Logistics; International Logistics, SCM and Procurement; Supply Chain Management; Environmental and Infrastructure Planning; Civil Engineering; Urban Management and Development; Coastal Engineering and Port Development; Coastal and Marine Engineering and Management; Urban and Regional Planning.

Security and Rule of Law
International Law; International and European Law, Commercial Law; International Business Law; International Trade and Investment Law; International Business Tax Law; International Human Rights Law, Arbitration and Business Law; Global Criminal Law; Law and Digital Technologies; Intellectual Property Law and Knowledge Management; International Human Rights and Criminal Justice; Gender and Conflict Studies, International Relations; International Economics.

Health Management
Healthcare Policy, Innovation and Management; Public Health; Management, Policy-Analysis and Entrepreneurship in Health and Life Sciences; Health Education and Promotion; Social and Health Psychology.
Baca juga : 3 Universitas Jurusan Jurnalistik di Belanda
Water
Water Technology; Water Supply Engineering; DDM Water and Coastal Management; Water and Environment; International Land and Water Management; Water Resources Management; Water Quality Management; Water Science and Management Land and Water Development for Food Security; Sanitary Engineering; Flood Risk Management;

Agri-food and Horticulture
Organic Agriculture; Agricultural Water Management for Enhanced Land and Water Productivity; Food and Environmental Studies; Plant Sciences; Geo-information Science; Development and Rural Innovation; Land and Water Development for Food Security; Integrated River, Lowland and Coastal Development and Management Planning - Land and Water Development

Persyaratan Umum:
  1. Para pelamar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), dengan melampirkan bukti fotokopi KTP atau bisa juga paspor.
  2. Para pelamar sudah diterima pada salah satu program master yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda, dengan melampirkan bukti Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
  3. Para pelamar merupakan lulusan S1/D4, dengan menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
  4. Memiliki persetujuan dari institusi; dengan melampirkan bukti pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
  5. Para pelamar bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;
  6. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dengan melampirkan bukti hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 80, atau IELTS minimal 6.0. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun terhitung sejak tanggal tes. (Pengecualian diberikan kepada pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris/program internasional maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran).
  7. Tidak ada batasan umur pada program beasiswa ini.

Dokumen Aplikasi Beasiswa:
  1. Silahkan mengisi formulir aplikasi
  2. Surat penerimaan (unconditional admission letter) dari institusi perguruan tinggi Belanda pada perkuliahan yang dilamar 
  3. Silahkan melampirkan sertifikat kemampuan bahasa; TOEFL IBT minimum skor 80 atau IELTS minimum skor 6. 
  4. SK untuk pegawai pemerintah atau Kontrak Kerja untuk yang lain (apabila ada/memiliki)
  5. Ijazah dan transkrip S1 dan S2 (jika ada)
  6. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor
  7. Pasfoto (berwarna) terbaru ukuran (3x4)

Pendaftaran: 

Bagi anda yang benar-benar tertarik untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa ini, Pendaftaran Beasiswa StuNed 2017 kini dibuka secara online. Silahkan anda membuat akun terlebih dhulu di laman Neso Indonesia, untuk kemudian mengunggah dokumen aplikasi yang diminta diatas.

Deadline Pendaftaran:

Silahkan anda mengirimkan semua aplikasi yang diajukan paling lambat tanggal 1 April 2017. Apabila ada pertanyaan terkait program beasiswa ini, silahkan jangan ragu untuk menghubungi panitia dibawah ini:
Alamat Email: stunedcontact@nesoindonesia.or.id
Nomor Telp. +62 21 5290 2172.

Selamat mencoba dan semoga anda menjadi salah satu kandidat yang beruntung!