Saturday, February 11, 2017

Beasiswa S1 di Kampus Jepang 2017

Jepang merupakan Negara yang terkenal dengan sebutan "negeri matahari terbit" yang terletak di kawasan Asia Timur, lebih tepatnya di sisi negara lain yaitu China, Korea, dan Rusia. Nah, bicara soal Jepang, ada setidaknya ratusan bahkan ribuan wisatawan yang biasa mendatangi negara ini pada setiap tahunnya. Hal ini pun tentunya menjadi sangat wajar, karena memang budaya yang ditawarkan negara ini serta pemandangan indah yang terdapat di jepang, menjadi magnet tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Oh iya, belum lagi kemajuan teknologi dan perekonomian mandiri yang membuat Jepang semakin diakui masuk sebagai negara maju.


Pada sektor pendidikan, negara yang terbilang maju ini menawarkan banyak sekali kerja sama dengan departemen penelitian atau laboratorium disana untuk membebaskan peneliti berinovasi atas penelitiannya sendiri. Penelitian yang berhasil pun akan diberikan penghargaan dan apresiasi yang sangat tinggi di Jepang, terlebih lagi apabila penelitian kamu bisa dijadikan kontribusi secara nyata di Jepang. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menimba ilmu di negeri matahari terbit ini? 

Bicara soal pendidikan di Jepang, pada kesempatan kali ini bidik beasiswa top akan menginformasikan salah satu beasiswa yang datangnya dari jepang. Tepatnya dari Mitsui-Bussan. Mitsui-Bussan Scholarship Program for Indonesia merupakan Beasiswa yang diberikan kepada mereka para lulusan SMA/MAN di Tanah Air agar bisa mengambil/mendapatkan gelar sarjana di universitas-universitas Jepang. Beasiswa ini pun didanai langsung oleh Mitsui & Co. Ltd ini menyediakan beasiswa secara penuh dan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Persada.


Apabila Anda para lulusan SMA/MAN tertarik dengan program beasiswa ini, perlu diketahui sebelumnya bahwa Beasiswa S1 di Jepang ini berlangsung sekitar lima tahun enam bulan (5 ½ tahun), terhitung mulai bulan Oktober 2017 nanti hingga bulan Maret 2023. Nah, untuk rinciannya sendiri sebagai berikut;
  • 1,5 tahun (18 bulan) dipergunakan untuk kursus bahasa Jepang, dan
  •  4 tahun (48 bulan) untuk kuliah S1 di di universitas Jepang. 

Manfaat yang akan diterima dari beasiswa S1 di jepang;

Bagi para penerima beasiswa Mitsui-Bussan 2017 ini, nantinya akan mendapatkan manfaat berupa tanggungan penuh biaya studi, yang diantaranya 
  • Tunjangan hidup bulanan sebesar 145.000 Yen, 
  • Biaya transportasi untuk tiket pesawat Jakarta-Jepang pp, 
  • Tunjangan kedatangan sebesar 50.000 Yen, 
  • Biaya kuliah dan kursus bahasa di Jepang, 
  • Tempat tinggal, makan, transportasi lokal, serta 
  • Biaya lain yang diperlukan. 

Lebih asik lagi, panitia/ pelaksana program beasiswa S1 di Jepang ini juga menyediakan berbagai jenis asuransi, seperti asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, serta asuransi penerbangan.

Bidang studi:

1. Sains dan teknik (Masa Studi : 4 tahun kuliah), seperti:
  • Industrial Engineering, Factory & Production Management, Plant Management, etc.
  • Mathematics, Physics, Chemistry, Information & Computer Science, Biology, Biophysics & Biochemistry, Geology, etc. 
  • Ship Building & Ocean Engineering, Aeronautics, etc.
  • Electrical Engineering, Electronics, Information & Communication Engineering, etc.
  • Metallurgy, Materials Science, etc. 
  • Applied Chemistry, Chemical Engineering, etc.
  • Agricultural Engineering, Forest & Fishery Science, Agricultural Chemistry, Agro biology, Food Engineering, etc.
  • Civil Engineering, Architecture, Urban Engineering, Environmental Engineering, etc. Mechanical Engineering, Precision Engineering, etc. 

*Catatan: Pengecualian untuk ilmu kedokteran, farmasi, dan kedokteran hewan 

2. Ilmu sosial, bisnis, dan niaga ( Masa studi: 4 tahun kuliah), seperti:
  • Enterprise Management, Accounting, Commerce & Marketing, Finance, Insurance, Industrial Relations, Econometrics, International Economics, etc.
  • Civil Law, Public Law, Political Science, etc. 
  • Economic Theory, Economic History, Economic Policy, etc. 

Persyaratan:
  1. Para pelamar merupakan warga negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia kurang dari 20 tahun (per 1 April 2017) dan belum menikah. Kandidat terpilih harus berani mempertahankan status lajangnya tersebut selama periode beasiswa.
  3. Para pelamar merupakan lulusan SMA latarbelakang jurusan IPA atau IPS dengan nilai (paling rendah 80) atau lebih pada bidang studi berikut selama 3 tahun di SMA: a. Jurusan IPA: Matematika, Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris. b. Jurusan IPS: Matematika, Ekonomi, Geografi, dan Bahasa Inggris.
  4. Memiliki keinginan belajar bahasa Jepang dan menerima pendidikan di universitas Jepang dalam bahasa Jepang .
  5. Para pelamar memiliki Kesehatan jasmani dan rohani, serta tidak menderita penyakit.
Pendaftaran:

Pada program beasiswa S1 di Jepang ini, sekiranya ada dua tahapan pengajuan beasiswa Mitsui-Bussan 2017. Pertama, para pelamar diminta untuk terlebih dahulu mendaftarkan diri secara online di www.mbkscholarship-id.com. Silahkan isi kolom yang diminta untuk kemudian memulai pendaftaran online tersebut. Nah, untuk proses selanjutnya cek email Anda untuk kemudian melakukan konfirmasinya. Setelah aktif, silahkan untuk login kembali ke website tersebut untuk bisa melengkapi formulir aplikasi online yang disediakan.
Baca juga : 4 Etika Menghadapi Wawancara di Kampus Jepang.
Apabila sudah menyelesaikan aplikasi online, silahkan siapkan dokumen sebagai berikut untuk kemudian dikirim via pos:
  1. Fotokopi formulir aplikasi setelah pengisian data yang diperlukan pada website yang memperlihatkan nomor registrasi pelamar (sebanyak 1 lembar).
  2. Pas foto ukuran (4x3 cm) yang dibuat dalam 6 bulan terakhir (sebanyak 2 lembar)
  3. Nilai semester (dilegalisir) mulai dari tahun pertama, kedua, dan ketiga di SMA (sebanyak 1 lembar). Jika nilai semester 2 pada tahun ketiga masih belum keluar, ajukan hingga nilai semester 1 tahun pada ketiga SMA
  4. Fotokopi hasil nilai ujian akhir nasional (UAN) dilegalisir, jika sudah keluar (sebanyak 1 lembar)
  5. Surat rekomendasi dari kepala sekolah di SMA (dalam bahasa Inggris) (sebanyak 1 lembar)

*Catatan: untuk Nomor registrasi harus dicantumkan (silahkan ditulis/diketik) pada kertas amplop berkas yang akan dikirim

Selanjutnya, silahkan kirimkan semua dokumen aplikasi yang di atas ke alamat berikut ini:
MITSUI-BUSSAN SCHOLARSHIP PROGRAM FOR INDONESIA
PERSADA : c/o Kampus Universitas Darma Persada (UNSADA)
Jl. Radin Inten II (Terusan Casablanca), Pondok Kelapa,
Jakarta Timur 13450 , Indonesia
Telephone: (021) 8647373
Facsimile: (021) 86900241
Situsweb : http://www.sadanet.or.id/

Perlu di ingat! untuk proses pengajuan aplikasi dibuka mulai tanggal 1 Februari 2017 hingga paling lambat tanggal 3 Maret 2017. Bagi para pelamar yang beruntung dan lolos seleksi berkas aplikasi, nantinya akan segera diberitahukan melalui alamat email (yang digunakan untuk mendaftar) untuk bisa mengikuti beberapa tahap proses seleksi selanjutnya. Nah, silahkan dicatat: Seleksi pertama adalah ujian tertulis (Matematika dan Bahasa Inggris) yang akan dilaksanakan di Universitas Darma Persada pada tanggal 23 April 2017.

Sebelumnya, bagi para pelamar yang (lolos seleksi pertama) harus mengirimkan dokumen tambahan sebagai berikut, di mana alamat dan batas akhir pengirimannya akan diberitahukan kemudian oleh pihak program. Dokumen tersebut di antaranya:
  1. Copy ijazah SMA beserta copy Nilai Ujian Akhir Nasional (Sebanyak 1 lembar)
  2. KTP atau Kartu Pelajar jika belum memiliki KTP (Sebanyak 1 lembar)
  3. Surat persetujuan dari orangtua atau wali yang ditulis dalam bahasa Inggris (Sebanyak 1 lembar)
  4. Sertifikat TOEFL, TOEIC, IELTS, JLPT atau certifikat lainnya yang dikeluarkan oleh institusi bahasa yang diakui internasional, jika ada (Sebanyak 1 lembar)
  5. Sertifikat penghargaan atau pujian yang dikeluarkan oleh organisasi internasional, jika ada (Sebanyak 1 lembar).

Selanjutnya, pada seleksi tahap kedua meliputi tes bakat yang digelar di Universitas Indonesia pada tanggal 18 Mei 2017 dan untuk proses pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Jakarta pada tanggal 19 Mei 2017. Nah, apabila para kandidat berhasil lolos, selanjutnya akan mengikuti seleksi tahap ketiga yaitu proses wawancara bersama pimpinan komite program pada tanggal 4 Juni 2017 di PT Mitsui Indonesia Office. 

Jika para peserta berhasil lolos pada tahap wawancara ini, berarti itulah yang akan dinyatakan sebagai sang juara (penerima beasiswa). Selamat mencoba dan semoga anda menjadi salah satu kandidat yang beruntung!