Tuesday, March 28, 2017

Beasiswa Pelatihan Bahasa Inggris, ELTA 2017

Berminat mengikuti pelatihan bahasa inggris?


Bagi anda yang tertarik mengikuti pelatihan bahasa inggris, saat ini tawaran bantuan dari ELTA kembali dibuka. English Language Training Assitance (ELTA) merupakan satu program bantuan yang dirancang bagi pelamar beasiswa Australia Awards yang belum mampu memenuhi syarat minimal bahasa Inggris yang ditetapkan. Nah, adapun syarat untuk bisa mendaftarkan Beasiswa Australia Awards adalah tentu dengan memiliki skor IELTS di atas 5.0 ataupun TES TOEFL ITP di atas 500. 

Sebelumnya perlu anda ketahui, ELTA merupakan sejenis beasiswa yang datangnya dari Pemerintah Australia untuk dapat membantu pelamar beasiswa Australia Awards agar bisa meraih skor IELTS di atas 5.0 atau ITP TOEFL sekira di atas 500. Beasiswa ELTA ini terbuka bagi mereka dengan skor IELTS 4.5-5.0 atau setara. Namun sayangnya, untuk penawaran bantuan pelatihan bahasa Inggris dari ELTA sendiri masih terbilang terbatas, hanya ditujukan bagi mereka warga dari: 
  • Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), 
  • Nusa Tenggara Timur (NTT), 
  • Mauluku, 
  • Maluku Utara, 
  • Papua, dan 
  • Papua Barat. 

Selain warga yang disebut diatas itu, terdapat pengecualian bagi mereka para penyandang disabilitas di seluruh Indonesia, yang tentunya juga bisa melamar pada pelatihan bahasa Inggris ELTA ini. Bagaimana sobat bidikbeasiswa, ada yang tertarik untuk mengikutinya?

STUDI - English Language Training Assitance (ELTA)
Asiknya lagi, Australia Awards menyediakan akomodasi dan transportasi darat, laut atau udara untuk tiket kelas ekonomi dengan sistem penggantian biaya (reimburse). Bagi mereka para peserta dari luar kota tempat program ELTA dilaksanakan. Bagi mereka yang beruntung, program English Language Training Assitance (ELTA) ini akan berlangsung kurang lebih selama 3 (tiga) bulan atau 12 minggu lamanya, tentunya secara penuh di waktu (Senin – Jumat) di keenam provinsi tersebut. 

Untuk para pengajar berasal dari IALF Bali dan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Australia. Adapun Yang lebih menarik lagi dari program ini, yaitu setelah mengikuti program, nantinya para peserta akan langsung diikutsertakan untuk bisa mengambil tes IELTS. Nantinya hasil skor yang diperoleh tersebut bisa dipergunakan untuk mendaftar Beasiswa Australia Awards pada periode berikutnya (2018 – 2019). 

Jadi, bagi Anda yang berasal dari keenam provinsi tersebut dan telah menyelesaikan pendidikan S1 dan berminat untuk melanjutkan S2 ke Australia dengan beasiswa Australia Awards, jangan sampai terlewatkan untuk bisa mengikuti program ELTA ini. 

Silahkan persiapkan persyaratan berikut ini:

1. Para pelamar harus mempunyai indeks prestasi komulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2.75 skala 4.0
2. Bukti kemampuan bahasa Inggris (jika ada)

Dokumen Aplikasi: 

1. Silahkan mengisi formulir pendaftaran (Unduh)
2. Curriculum vitae (CV)
3. Transkrip akademik (Salinan)
4. Bukti hasil tes TOEFL/IELTS (bila ada)
5. Surat ijin atasan Anda (mendukung keikutsertaan)
6. Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
7. Formulir keterangan disabilitas (bagi pelamar dengan disabilitas) 
8. Surat keterangan dokter bagi pelamar dengan disabilitas (jika ada)

Pendaftaran: 

Nah, bagi anda yang tertarik untuk mengikuti program ELTA ini, setelah dapat melengkapi dokumen aplikasi yang diminta, silahkan untuk kemudian dapat mengirimkannya. Untuk pengiriman aplikasinya sendiri ada tiga cara, yaitu: 
  1. secara online, 
  2. via email, atau 
  3. melalui kantor pos. 

Silahkan anda dapat memilih salah satu dari 3 pilihan tersbut.

Via online:
Pendaftaran secara online bisa dilakukan melalui link berikut: LINK

Via Email:
Aplikasi ELTA NTT dikirim ke: ELTANTT@ialf.edu
Aplikasi ELTA NTB dikirim ke: ELTANTB@ialf.edu
Aplikasi ELTA Maluku dan Maluku Utara dikirim ke: ELTAMMU@ialf.edu 
Aplikasi ELTA Papua dan Papua Barat dikirim ke: ELTAPPB@ialf.edu
Aplikasi ELTA Disabilitas dikirim ke: ELTABALI@ialf.edu
Baca juga : Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2017
Via Pos:
Tim Seleksi ELTA
IALF Bali
Jl. Raya Sesetan 190
Denpasar 80223

Catatan: Jangan lupa untuk mencantumkan ELTA NTT atau ELTA NTB atau ELTA Maluku & Maluku Utara, atau ELTA Papua & Papua Barat di pojok kiri amplop. Silahkan pilih sesuai asal daerah masing-masing. Bagi pelamar disabilitas cukup cantumkan ELTA pada pojok kiri amplopnya.

Deadline Pendaftaran: 

Ingat! untuk pengajuan aplikasi beasiswa ELTA ini dapat dikirimkan paling lambat tanggal 21 April 2017 pukul 17.00 WITA. Bagi para pendaftar yang lolos seleksi awal akan dihubungi langsung di minggu 31 Mei - 3 Juni 2017. 

Tes penempatan akan dilaksanakan mulai 11 - 18 Juni 2017 untuk wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, 10 - 14 Juli 2017 untuk wilayah NTB dan NTT, dan 17 - 18 Juli 2017 untuk tes penempatan bagi penyandang disabilitas. 

Pendaftar yang lolos seleksi akan dihubungi selambat-lambatnya 25 – 29 Juli 2017. 
Baca juga: Negara dengan Mutu Pendidikan Terbaik di Eropa
Info Terkait:

Bagi para pelamar, apabila memiliki pertanyaan tentang ELTA dapat ditujukan ke ELTA@ialf.edu atau silahkan berselancar langsung melalui laman Australia Awards

Selamat mencoba dan semoga anda menjadi salah satu kandidat yang berhasil. Amiin