Wednesday, March 29, 2017

Beasiswa Full S2 – S3 di University of Adelaide 2017

Hai sobat bidikbeasiswa... 
Tertarik untuk kuliah di University of Adelaide? Nah, kesempatan emas nih untuk anda yang tertarik berkuliah di university of Adelaide. Pasalnya, ada beasiswa untuk periode 2 yang saat ini sedang di buka disana. 

Untuk beasiswa S2 dan beasiswa S3 ini disediakan full oleh panitia pelaksana, beberapa diantaranya mencakup sebagian besar kebutuhan untuk biaya studi bagi para pelamar internasional yang kebetulan mendaftarkan diri. 

Sebelumnya perlu diketahui, untuk skema program Adelaide Scholarships International (ASI) sendiri merupakan program beasiswa di University of Adelaide yang biasa ditawarkan secara rutin tiga kali dalam setahun. Pertimbangan yang paling utama untuk bisa mendaftarkan diri dan berpeluang di terima pada program beasiswa ini yaitu memiliki capaian prestasi akademik yang baik, serta potensi penelitian. Nah, untuk kegiatan ekstrakurikuler sendiri tidak menjadi pertimbangan. 

Selanjutnya, untuk tanggungan biaya kuliah diberikan selama dua tahun bagi para kandidat terpilih yang mengambil gelar Master Degree by Research dan tiga tahun untuk gelar Doctoral Research Degree. Asiknya lagi, untuk proses perpanjangan beasiswa dapat dilakukan dengan syarat bagi pelamar yang mengambil gelar doktor. 
Baca juga: Beasiswa Pelatihan Bahasa Inggris dari ELTA
Menariknya lagi dari program beasiswa ini adalah selain biaya kuliah, para pelamar juga disediakan biaya hidup sebesar $ 26.288 per tahunnya dengan jangka waktu dua tahun untuk beasiswa S2 dan tiga tahun untuk S3. Dan perpanjangan tanggungan biaya hidup ini pun dimungkinkan bagi pelamar program doktor. 

Apabila para peraih beasiswa memegang visa subclass 500 juga berkesempatan untuk memperoleh asuransi kesehatan, juga termasuk untuk pendamping dan tanggungan yang ditetapkan sesuai standar Overseas Student Health Cover (OSHC) Worldcare. Bagaimana sobat bidikbeasiswa, apakah sudah bisa dipahami? Sekarang kita lanjut ke persyaratan.

Persyaratan:
  1. Para pelamar merupakan lulusan s1 dengan predikat First Class Honours (cumlaude)
  2. Memiliki prestasi akademik yang baik dan potensi riset
  3. Kemampuan bahasa Inggris
  4. Bukan warganegara atau penduduk tetap Australia dan New Zealand
  5. Mendaftar di University of Adelaide sebagai mahasiswa internasional dan harus mempertahankan status tersebut
  6. Tidak memenuhi syarat jika tengah menjalani kuliah di University of Adelaide, kecuali dapat membuktikan jika ia tidak bisa mendaftar di periode sebelumnya.
  7. Para peraih beasiswa harus memulai studi pada semester di mana beasiswa ditawarkan
  8. Pelamar yang telah mendaftar dan layak dipertimbangkan, namun belum berhasil diterima, maka secara otomatis akan dipertimbangkan untuk periode berikutnya (maks 2 putaran).
  9. Para pelamar tidak sedang mendapatkan beasiswa lain dari Commonwealth of Australia, University of Adelaide, atau sponsor di luar negeri (misal pemerintah).

Nah, pada umumnya para pelamar yang beruntung membidik beasiswa ASI adalah mereka yang telah menyelesaikan program master dengan penelitian yang signifikan serta memiliki beberapa publikasi, kerja relevan, serta pengalaman di penelitian.
Baca juga: Beastudi Etos 2017
Dokumen Aplikasi:
  1. Bukti status kewarganegaraan (paspor)
  2. Salinan ijazah
  3. Transkrip akademik
  4. Terjemahan dokumen ke bahasa Inggris
  5. Bukti kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS)
  6. Proposal riset menggunakan format yang disediakan
  7. Curriculum vitae
  8. Dokumen pendukung

Catatan: secara umum untuk skor IELTS yang diminta adalah minimum 6.5. sedangkan untuk TOEFL: PBT 575, dan IBT 79. 

Pendaftaran:

Bagi anda yang tertarik pada program beasiswa ini, silahkan para pelamar bisa langsung mendaftarkan diri secara online melalui laman resmi University of Adelaide. Nah, apabila anda baru pertama kalinya mendaftar, silakan untuk membuat akun terlebih dahulu. Para pelamar bisa mengajukan pendaftaran mahasiswa sekaligus permohonan beasiswa. Tidak diperlukan aplikasi secara terpisah. Pelamar akan secara otomatis dapat dipertimbangkan untuk setiap beasiswa yang tersedia jika mereka memenuhi syarat. Asiknya lagi, berbeda dari universitas lainnya, pelamar internasional tidak dikenakan biaya pendaftaran ke University of Adelaide. 

Catatan Penting:

Untuk langkah-langkah yang dapat ditempuh, di antaranya:
  • Para pelamar memilih institusi, 
  • Menetapkan program studi, 
  • Melihat persyaratan di masing-masing program, 
  • Mengidentifikasi area penelitian dan pembimbing, 
  • Mengirimkan aplikasi. 

Jika anda beruntung terpilih, nantinya akan memperoleh tawaran dan merampungkan pendaftaran.

Deadline Pendaftaran:

Sebelumnya, untuk pendaftaran periode 1 dan 2 sudah berakhir pada 31 agustus dan 31 januari. Sedangkan untuk saat ini yang masih dibuka yaitu periode 3 dengan deadline paling lambat 30 April 2017 untuk perkuliahan November 2017. Beasiswa University of Adelaide ini dapat dipertimbangkan untuk beasiswa di Australia yang layak diikuti.

Selamat mencoba dan semoga anda menjadi salah satu kandidat yang beruntung. Amiin