Sunday, April 2, 2017

Bidik Beasiswa Kemenag 2017 – 2018

Kabar gembira untuk anda para pemburu beasiswa yang datangnya langsung dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. Tepatnya melalui program 5000 Doktor atau yang biasa dikenal dengan sebutan Mora Scholarship. Nah, sebelumnya perlu anda ketahui, Kemenag setiap tahunnya memberikan kesempatan bagi anda para dosen tetap maupun tenaga kependidikan pada perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) untuk melanjutkan studi S3 di dalam negeri atau luar negeri melalui program beasiswa ini.

Beasiswa Kemenag ini merupakan beasiswa penuh. Durasi yang diberikan sekitar 6 semester, dengan masa perpanjangan 2 semester. Nah, untuk cakupan beasiswa S3 studi di dalam negeri ini, di antaranya biaya pendidikan yang terdiri dari biaya SPP, biaya ujian-ujian, serta biaya lain sesuai dengan SK Rektor di tempat studi. Asiknya lagi, selain daripada biaya pendidikan, para penerima beasiswa ini juga nantinya akan memperoleh biaya mahasiswa yang meliputi biaya pendaftaran, biaya hidup/biaya operasional, uang buku/referensi, serta biaya riset. 

Sedangkan untuk beasiswa S3 dengan tujuan studi di luar negeri, cakupan beasiswa yang disediakan meliputi biaya program penguatan bahasa asing dan akademik (Language and Academic Preparation Course) di Indonesia, biaya hidup selama mengikuti program penguatan bahasa asing dan akademik, biaya ujian IELTS atau TOEFL serta ujian bahasa lain sesuai dengan bahasa pada kampus tujuan yang dilaksanakan di Indonesia, biaya pendaftaran (admission fee), dan biaya kuliah (tuition fee). 


Beruntungnya lagi, para kandidat yang berhasil menerima beasiswa S3 luar negeri ini juga nantinya akan memperoleh biaya hidup selama melaksanakan studi (maksimum 4 tahun), biaya settlement, asuransi kesehatan, biaya buku, biaya tiket pulang pergi, biaya keluarga (diiberikan mulai tahun kedua), bantuan riset (satu kali untuk tahun terakhir), serta biaya mengikuti international conference. Bagaimana sobat pemburu beasiswa, apakah anda tertarik untuk mendaftarkan diri?
Baca juga: 5 Beasiswa Timur Tengah
Ketentuan Umum Beasiswa Kemenag RI:

1. Merupakan Dosen tetap PNS Kementerian Agama yang bertugas di:
   a. PTKI Negeri/Swasta
   b. DPK pada PTKI Swasta
2. Adalah Dosen tetap Non-PNS Kementerian Agama yang bertugas di:
   a. PTKI Negeri dengan syarat masa kerja minimal 2 tahun
   b. Fakultas Agama Islam pada PTU
3. Dosen tetap PNS/Non-PNS Pendidikan Agama Islam pada PTU
4. Dosen tetap dengan perjanjian kerja
5. Tenaga kependidikan pada PTKI dan PNS Eselon I pada Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Persyaratan Umum:
  1. Para pelamar Sudah Memiliki gelar Magister (S2) dari program studi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau yang telah disetarakan statusnya (untuk perguruan tinggi dalam negeri)
  2. Bidang studi yang akan diambil diperlukan untuk pengembangan program studi di institusi yang bersangkutan
  3. Bersedia menandatangani kontrak beasiswa
  4. Para kandidat Berusia maksimum 47 tahun, terhitung dari tanggal pengajuan berkas
  5. Silahkan untuk melakukan registrasi secara online melalui laman scholarship.kemenag.go.id

Persyaratan Khusus:

Untuk Pelamar Studi S3 Dalam Negeri:
  • Surat Permohonan untuk mengikuti program 5000 Doktor yang ditujukan kepada Dirjen Pendidikan Islam, cq. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, download template surat permohonan;
  • Pengantar dari Rektor/Ketua Perguruan Tinggi/Pimpinan lembaga tempat bertugas, download template surat pengantar;
  • Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae), download template CV;
  • Fotokopi SK pertama dan SK terakhir yang telah disahkan lembaga;
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
  • Fotokopi ijazah dan transkip nilai pendidikan S1 dan S2 yang telah dilegalisir. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pendidikan terakhir minimal 3,00 (skala 4,00) atau IPK ekuivalen untuk skalanya;
  • Fotokopi sertifikat pendidik dosen (bagi yang sudah lulus sertifikasi);
  • Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK) bagi dosen di PTKIN atau PTKIS;
  • Surat Rekomendasi Dirjen Pendidikan Islam (bagi dosen tetap Non-PNS dengan SK Rektor)
  • Surat pernyataan tidak sedang menerima bantuan dari Kementerian Agama atau lembaga lain yang ditandatangani di atas materai, download template surat;
  • Pernyataan kesediaan untuk kembali bertugas dan mengabdi pada perguruan tinggi pengirim minimal dua kali masa tugas belajar (n) plus satu tahun atau dalam rumus (2n+1), terhitung setelah kelulusan, download surat pernyataan;
  • Pernyataan kesediaan untuk pindah tugas pada lembaga pendidikan tinggi di bawah Kementerian Agama (bagi dosen atau PNS dari kementerian lain);
  • Rencana Penelitian (proposal) Disertasi (maksimal 5 halaman), download format proposal.

Untuk Pelamar Studi S3 Luar Negeri: 
  • Surat Permohonan untuk mengikuti program 5000 Doktor yang ditujukan kepada Dirjen Pendidikan Islam, cq. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, download template surat permohonan;
  • Pengantar dari Rektor/Ketua Perguruan Tinggi/Pimpinan lembaga tempat bertugas, download template surat pengantar;
  • Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae), download template CV;
  • Fotokopi SK pertama dan SK terakhir yang telah disahkan lembaga;
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
  • Fotokopi ijazah dan transkip nilai pendidikan S1 dan S2 yang telah dilegalisir. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pendidikan terakhir minimal 3,00 (skala 4,00) atau IPK ekuivalen untuk skalanya;
  • Fotokopi sertifikat pendidik dosen (bagi yang sudah lulus sertifikasi);
  • Sertifikat tes bahasa asing (Bahasa Inggris dan bahasa asing lain) yang dikeluarkan oleh lembaga resmi:
  • 1) TOEFL ITP 500 atau IELTS™ 5.0, DAN
    2) TOAFL sekurang-kurangnya 450 atau yang setara, atau
    3) Sertifikat DELF B1 untuk bahasa Prancis, atau
    4) Sertifikat bahasa asing lainnya yang sesuai dengan bahasa pengantar perkuliahan di perguruan tinggi tujuan dengan standar minimum ekuivalen;
  • Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK) bagi dosen di PTKIN atau PTKIS.
  • Surat Rekomendasi Dirjen Pendidikan Islam (bagi dosen tetap Non-PNS dengan SK Rektor)
  • Surat pernyataan tidak sedang menerima bantuan dari Kementerian Agama atau lembaga lain yang ditandatangani di atas materai, download template surat;
  • Pernyataan kesediaan untuk kembali bertugas dan mengabdi pada perguruan tinggi pengirim minimal dua kali masa tugas belajar (n) plus satu tahun atau dalam rumus (2n+1), terhitung setelah kelulusan, download surat pernyataan;
  • Pernyataan kesediaan untuk pindah tugas pada lembaga pendidikan tinggi di bawah Kementerian Agama (bagi dosen atau PNS dari kementerian lain);
  • Rencana Penelitian (proposal) Disertasi (maksimal 5 halaman) dalam dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa asing lain yang dipakai di kampus tujuan), download format proposal;
  • Rekomendasi dari profesor di bidang yang sesuai dengan bidang keilmuan yang akan diambil (bila ada);
  • Letter of Acceptance (LoA) dari PT-LN tujuan (jika ada, akan mendapatkan prioritas)

Pendaftaran:

Bagi anda yang tertarik untuk ikut serta pada program beasiswa Kemenag RI ini, Pengajuan Beasiswa sendiri dapat dilakukan secara online melalui laman Kemenag. Nah, silakan anda untuk membuat akun terlebih dahulu di laman “sign up”. Kemudian setelah terdaftar, silahkan unggah dokumen aplikasi yang diminta sesuai yang tertera di persyaratan khusus. Anda juga bisa mengunduh terlebih dahulu berbagai format dan contoh formulir yang diminta di laman tersebut. 
Baca juga: Beasiswa S1, S2, dan S3 di Shanghai University
Deadline Pendaftaran:

Untuk proses pendaftaran beasiswa baik dalam Negeri ataupun Luar Negeri periode 2017 – 2018 dari Kemenag RI ini, silahkan agar mengirimkannya mulai dari tanggal 13 Maret – 31 Mei 2017. Selamat mencoba dan semoga anda menjadi salah satu kandidat yang beruntung. Amiin