Thursday, May 25, 2017

Beasiswa Penuh - Beragam Fasilitas untuk S2 di China

Kesempatan emas bagi anda para pemburu beasiswa yang ingin melanjutkan studi dengan beasiswa. Kali ini, beasiswa s2 di china yang datangnya dari Schwarzman Scholars. Program ini terbilang baru yang didirikan oleh Stephen A. Schwarzman, yang tidak lain merupakan pemimpin, CEO sekaligus CO-Founder Blackstone. Adapun beasiswa ini sengaja dirancang untuk menyiapkan para generasi pemimpin masa depan abad 21. Bagaimana sobat bidikbeasiswa, apakah anda tertarik?


Schwarzman Scholars ini merupakan beasiswa penuh, menawarkan beragam fasilitas untuk para pembidiknya yang berhasil lolos. Adapun disiplin ilmu yang ditawarkan untuk melanjutkan studi S2 dengan Schwarzman Scholars yaitu ada 3, yakni:
  1. Public Policy,
  2. Economics and Business, dan 
  3. International Studies
Ketiga program diatas berlangsung selama satu tahun dengan menggunakan bahasa pengantar yaitu Inggris di Schwarzman College, Tsinghua University, Beijing, China. Sebelumnya perlu anda ketahui jika setiap tahunnya program beasiswa ini menyediakan kuota sebanyak 200 orang, adapun sebanyak 35 % dari jumlah tersebut diperuntukkan bagi pelamar internasional, termasuk Indonesia. Selebihnya 75 % akan diisi oleh kandidat negara lain, yakni Amerika Serikat dan China. Bagi anda yang tertarik untuk mendaftarkan diri, banyak manfaat yang akan diterima jika memang berhasil lolos pada program beasiswa ini, di antaranya:
  • Uang saku sebesar $ 3.500
  • Biaya perkuliahan,
  • Tempat tinggal/ Asrama,
  • Biaya keberangan dan kepulangan dari Beijing,
  • Biaya studi tour, 
  • Uang buku dan perlengkapan yang dibutuhkan,
  • Laptop Lenovo dan smartphone, serta
  • Asuransi kesehatan.


Persyaratan:

1. Pelamar merupakan lulusan S1 dari universitas atau perguruan tinggi terakreditasi (semua jurusan) atau selesai paling lambat 1 Agustus 2018 sebelum oritentasi dimulai.
2. Para pelamar harus berusia paling rendah 18 tahun dan belum mencapai umur 29 tahun per 1 Agustus 2018
3. Pelamar mampu/ mahir dalam berbahasa Inggris, dibuktikan dengan skor:
   a. TOEFL PBT minimum 600,
   b. TOEFL iBT minimum 100, atau
   c. IELTS minimum 7
Program beasiswa ini masih dapat diikuti oleh kandidat yang telah memperoleh gelar master (jika masih memenuhi persyaratan) ataupun bagi mereka yang telah menikah. Namun, untuk biaya asrama pasangan/ keluarga tidak disediakan oleh panitia. Untuk syarat IPK tidak dibatasi. Adapun para pelamar sangat disarankan memiliki jiwa kepemimpinan dan memiliki prestasi yang baik.
Dokumen Aplikasi:
  1. Silahkan mengisi dan melengkapi formulir aplikasi secara online
  2. Salinan ijazah dan transkrip (Sertakan juga terjemahan resminya ke dalam bahasa Inggris jika berbahasa Indonesia)
  3. Sebanyak empat surat rekomendasi
  4. Sebuah Video pengenalan diri durasi maksimal 1 menit (ukuran file kurang dari 20 MB)
  5. Personal Statement (maksimal 750 kata)
  6. Leadership Essay (maksimal 750 kata)
  7. Current Affairs Essay (maksimal 500 kata)
  8. Resume/CV
  9. Sertifikat TOEFL/IELTS

Pendaftaran:

Bagi para pemburu beasiswa yang ingin mendaftar, silahkan untuk melengkapi formulir aplikasi secara online di laman Schwarzman Scholars. Buatlah akun terlebih dahulu, untuk kemudian melampirkan semua dokumen aplikasi yang diminta. Adapun untuk info lebih lanjut mengenai soal dokumen, silahkan bisa langsung dilihat di laman beasiswa Schwarzman Scholars atau layangkan pesan anda melalui alamat email: SchwarzmanScholars.AsiaPacific@iie.org

Deadline Pendaftaran:

Untuk proses pendaftaran dan pengajuan aplikasi online program beasiswa Schwarzman Scholars dibuka dari tanggal 17 April 2017 s/d tanggal 28 September 2017. Bagi peserta yang berhasil lolos untuk mengikuti tes wawancara akan diberitahu pada pertengahan bulan Oktober. Wawancara para semi-finalist akan digelar di salah satu lokasi dari tiga tempat berbeda di seluruh dunia. 

Pelamar nantinya akan diundang untuk mengikuti proses tes wawancara di lokasi terdekat. Adapun biaya untuk menghadiri proses wawancara akan ditanggung oleh pihak panitia Schwarzman Scholars. 

Pengumuman kandidat terpilih akan disampaikan pada pertengahan November 2017. Pendaftaran beasiswa ini sudah termasuk pendaftaran ke Tsinghua University. Tidak diperlukan pengajuan aplikasi terpisah. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon