Thursday, June 1, 2017

Akun Facebook Afi Nihaya Faradisa Mendadak Hilang Akibat Tulisannya Diduga Plagiat

Foto: Afi Nihaya Faradisa (Facebook.com)
Lagi dan lagi, seorang siswi asal SMA Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur yang bernama Asa Firda Inayah (Afi Nihaya Faradisa) membuat heboh netizen. Hal tersebut lantaran tulisannya yang berjudul ”Belas Kasih Dalam Agama Kita” (25/05/2017) diduga hasil palgiat dari orang lain. Bahkan, tulisan afi nihaya tersebut sampai diterbitkan di salah satu media tersohor tanah air dengan judul "Pezina yang Diampuni: Belas Kasih dalam Islam".

Tak disangka, usut punya usut ternyata sebagian tulisan tersebut bukanlah buah tangan Afi. Tulisan tersebut ternyata milik salah seorang netizen bernama Mita Handayani yang ditulis pada tahun 2016 lalu. 
Baca juga: Afi Nihaya Faradisa : Kita tidak harus berpikiran sama, tapi marilah kita sama-sama berpikir.
Terbongkarnya tulisan afi yang diduga hasil plagiat tersebut pertama kali diberitakan oleh Pringadi Abdi Surya, yang tidak lain adalah seorang penulis. Bahkan Pringadi Abdi Surya tersebut dengan jelas menuliskannya dilaman kompasiana jika memang benar tulisan Afi tersebut ternyata diduga milik salah seorang netizen yang bernama Mita Handayani. Nah, disana tertera jika Mita Handayani menuliskan itu pada tahun 2016 lalu. 

Bahkan untuk menghindari fitnah, Pringadi Abdi Surya pun sampai memberikan bukti-bukti berupa screenshoot. Seperti apakah isi dari screenshoot tersebut? Berikut dibawah ini lebih jelasnya
Gambar: tangkapan layar facebook Afi dan Agama Kasih
______________


Gambar: WA Screenshoot FB
__________________


Gambar: WA Screenshoot FB
_____________


Gambar: WA Screenshoot FB
____________________


Gambar: WA Screenshoot FB
________________



Bukan hanya itu saja, salah satu jejak digital yang memang masih dapat ditelusuri adalah akun Willy Liu. Pasalnya,disana kita bisa dapati tulisan serupa yang pernah dibagikan olehnya. 

Willi Liu pun sempat mengkonfirmasi saat ada yang menanyakan di timeline facebooknya, jika tulisan AFI berjudul "Belas Kasih Dalam Agama Kita" yang lagi heboh lantaran hasil plagiat tersebut benar adanya, dan (itu) hasil Tulisannya Mita Handayani, Dengan penambahan (edit) sedikit diakhir."


Gambar: Screenshoot FB
Alih-alih, pasca ramai terbongkarnya tulisan terduga plagiat ini, akun facebook Afi Nihaya Faradisa pun sejak tengah malam hingga saat ini tak dapat diakses. Dihapus atau menghilang? Entahlah. Yuk, kita tunggu saja tanggapan Afi Nihaya seperti apa!


EmoticonEmoticon