Wednesday, May 3, 2017

Inilah 7 Manfaat Adanya Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI)

Belajar di luar negeri adalah salah satu hal penting. Kamu akan berkesempatan untuk belajar dengan dosen-dosen internasional yang ahli pada bidangnya. Nah, selain itu juga kamu bisa memperoleh buku-buku langka sebagai bahan pembelajaran kuliah kamu yang mungkin belum tersedia di Indonesia. 

Bicara soal belajar di luar negeri, tahukah anda apa itu Perhimpunan Pelajar Indonesia PPI? Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) yaitu perkumpulan para pelajar/ mahasiswa Indonesia yang berada di sebuah negara. Namun, bukan hanya sebuah negara saja, melainkan juga biasa sering mencakup ke kota-kota besar di negara tersebut. Misalnya sebut saja PPI Korea, Swiss, Jepang dan lain-lain.

Menurut Wikipedia, Perhimpunan Pelajar Indonesia disebut sebagai Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), adalah organisasi yang beranggotakan para pelajar dari Indonesia yang sedang belajar di luar negara Indonesia. Anggota PPI adalah para pelajar warganegara Indonesia yang sedang menuntut ilmu dalam berbagai strata pendidikan/universitas (S1, S2, S3, Post Doktoral) di negara yang bersangkutan.

Pada kesempatan kali ini, Bidikbeasiswa.top akan sedikit membahas seputar manfaat adanya PPI untuk mahasiswa Indonesia. Sebenarnya banyak sekali manfaat dari adanya PPI ini loh, sobat. Namun marilah kita bahas 7 manfaat adanya PPI untuk mahasiswa Indonesia lainnya. Seperti dikutip dari lama berkuliah, berikut 7 manfaat tersebut. Cekidot!

7.  PPI sebagai Wadah komunikasi bagi para mahasiswa Indonesia

Wadah komunikasi ini sangat penting loh, sobat. Kenapa? karena sangat berguna untuk mengetahui segala permasalahan bagi para pelajar Indonesia. Jika ternyata sudah tahu permasalahnya, barangkali bisa untuk saling tolong menolong satu sama lainnya antar pelajar indonesia di negara itu.

6. PPI sebagai tempat/ Ajang untuk memperkenalkan Indonesia di mata dunia

Para pelajar indonesia di luar negeri berarti mereka merupakan representasi bangsa di kancah internasional. Hal tersebut menjadikan momen untuk dapat memperkenalkan indahnya indonesia di mata dunia.

Sebagai pelajar indonesia di negara asing, salah satu kesempatan Kita yaitu bisa memperkenalkan berbagai macam budaya dan juga tradisi Indonesia. Hal seperti ini juga bisa menjadi salah satu cara unik, agar kita memperoleh banyak teman dari beda negara.

5. PPI - Dari dunia untuk Indonesia

Anggaplah Bapak Bj.Habibie sebagai salah satu contoh dan inspirasi kita. Ikuti jejak beliau yang sudah nyata diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk mengakses teknologi dan pendidikan terbaik di Jerman. Hal tersebut beliau lakukan dan memanfaatkan ilmu yang didapat untuk modal membangun negar Indonesia. 

4. PPI sebagai obat kerinduan terhadap Indonesia

Bukankah sebagai perantau apalagi di negara orang kita lebih bahagia, apabila bertemu dan bertegursapa sesama orang Indonesia? Nah, hal inilah yang menjadi amat sangat mahal jika kita berada di negara orang. Jadi, adanya PPI inilah menjadi salah satu obat perindu terhadap sahabat, sanak keluarga, dan Indonesia. 

3. PPI sebagai salah satu Teman menghadapi culture shock

Jika jauh pastinya rindu. Kesepian? Hal ini sering sekali menghampiri setiap insan, apalagi para perantau (pelajar) di negeri orang. Wajar karena pada dasarnya kesepian datang lantaran perbedaan budaya. Hal semacam inilah yang biasa disebut culture shock. Nah, dengan adanya PPI, mereka para pelajar/mahasiswa yang kesepian akan dapat terbantu untuk menghadapinya. Dengan menghadapi bersama-sama barang tentu akan lebih memberikan motivasi tersendiri dan lebih mudah, bahkan akan terasa lebih ringan.
Baca juga : 10 Jurus Ampuh Membidik Beasiswa.
2. PPI sebagai Pengganti sanak saudara (Family)

Sudah pasti hidup di negara orang untuk menimba ilmu membuat kita jauh dari keluarga. Seringkali juga kesepian yang tak diundang datang menghampiri dengan sendirinya. Oleh karena itu, adanya PPI inilah menjadi salah satu manfaat tersendiri. PPI sangat bisa diandalkan sebagai salah satu saudara kita untuk pengganti keluarga di tanah rantau. Walaupun kenyataannya kelarga sendiri tak dapat tergantikan 

Hidup di negara yang asing membuat kita jauh dari keluarga maupun sanak saudara. Ini sering kali membuat kita kesepian dan merasa sangat asing. Sering kali juga, hal ini membuat kita depresi. Tapi jangan khawatir, ada Perhimpunan Pelajar Indonesia yang bisa kita andalkan. Namun setidaknya kita bisa menganggap bahwa mereka adalah saudara sebangsa dan setanah air bagi kita. Bukan begitu, sobat?

1. PPI sebagai salah satu Pusat informasi

Sebelumnya coba bayangkan, kita yang berada di Indonesia misalnya, dan merupakan salah satu calon mahasiswa internasional tentu dalam hal ini membutuhkan banyak sekali informasi. Dan itulah yang kerap menjadi kendala. Oleh karena itu, adanya Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) merupakan salah satu sumber (pusat informasi) terpercaya yang bisa kita andalkan. Eits, bukan hanya bagi calon mahasiswa saja ya sobat, akan tetapi PPI juga bisa menjadi pusat informasi untuk kita setelah menjadi mahasiswa internasional.

Nah, itulah 7 manfaat PPI untuk mahasiswa Indonesia. Ingat! Kita kalah oleh masalah bukan karena tidak punya kemampuan untuk bertahan, namun karena tidak memiliki daya kelola terhadap kemampuan itu sendiri. 

Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon