Friday, October 28, 2016

Beasiswa Harvard University 2017

Melalui The Environmental Fellows Program, kamu berkesempatan mendapatkan beasiswa di Harvard University. Beasiswa ini disediakan oleh Harvard University Center for the Environment, dibuka untuk kalian para kandidat internasional. Tujuan utama dari program beasiswa ini adalah memberi kesempatan bagi para peraih gelar doktor baru untuk menggunakan serta mengembangkan sumber daya di Harvard dalam mengatasi masalah lingkungan yang kompleks.


Bagi kandidat yang beruntung, akan bekerja selama dua tahun dengan anggota fakultas Harvard di setiap sekolah atau departemen untuk menghasilkan pengetahuan baru sekaligus memperkuat koneksi di seluruh disiplin ilmu akademik universitas. Kandidat akan mendapatkan diantaranya:
- gaji sebesar $ 64.000 per tahun,
- asuransi kesehatan karyawan,
- penggantian biaya perjalanan hingga $ 2.500,
- tunjangan perjalanan, serta
- biaya profesional lainnya sebesar $ 2.500.

Dalam program ini pula, Harvard University merencanakan akan menganugerahi enam penerima beasiswa lingkungan tersebut di 2017. Nah, mereka nantinya akan mengikuti program ko-kurikuler untuk mengenal satu sama lain serta pekerjaan masing-masing. Asiknya lagi, para fellows juga akan menghadiri makan malam bersama setiap dua minggu bersama rekan-rekan mereka, anggota fakultas, serta para tamu. Bagiamana, apakah anda tertarik untuk mendaftarkan diri pada program ini? Jika tertarik, anda bisa mempersiapkan persyaratan-persyaratan dibawah ini.

Persyaratan:

1. Untuk para pelamar/ kandidat beasiswa 2017 sudah harus memperoleh gelar (doktor), tepatnya antara bulan Mei 2013 dan Agustus 2017. (Fellows harus sudah mengajukan disertasi mereka sebelum September 2017).
2. Para pelamar/ kandidat dengan gelar doktor atau setara dalam bidang apapun memenuhi syarat, dan mereka dapat mengusulkan proyek-proyek penelitian dalam setiap disiplin. Pelamar tanpa gelar PhD bisa saja mendaftar jika mereka telah belajar pada bidang di mana PhD bukan jenis gelar terbatas. Semua kandidat yang berhasil harus mampu menunjukkan pengalaman melakukan riset ilmiah. 
3. Untuk setiap kandidat harus menjaga komitmen kepada satu atau lebih anggota fakultas Harvard, melayani sebagai mentor serta menyediakan kantor atau ruang lab selama dua tahun beasiswa.
4. Perlu diketahui, Harvard adalah aksi kesetaraan, kesempatan kerja yang sama. Sangat mendorong perempuan dan kaum minoritas untuk mendaftar.
5. Persyaratan selanjutnya,para pelamar/ kandidat boleh memperoleh gelar mereka dari setiap universitas di dunia. Warganegara asing memenuhi syarat untuk beasiswa, meskipun studi di Harvard umumnya mengharuskan mahir dalam berbahasa Inggris.
6. Dan yang terakhir, para pelamar/ kandidat yang berhasil siap berkomitmen bekerja di Harvard selama dua tahun penuh.

*Catatan: Beasiswa ini memerlukan izin tinggal di wilayah Cambridge dan setiap perjalanan lapangan harus dijadwalkan untuk musim panas atau reses Januari.

Dokumen aplikasi:

1. Persiapkan "Curriculum vitae" termasuk di dalamnya daftar publikasi 
2. Selanjutnya "Proposal riset", maksimum lima halaman, referensi dihitung secara terpisah. Dalam proposal pelamar harus menjelaskan alasan mereka mengajukan "fellowship di Harvard".
3. Tiga contoh "publikasi/karya tulis".
4. Tiga "surat referensi", salah satunya dari pembimbing disertasi pemohon 
5. Satu "letter of support" dari host pemohon yang berkomitmen menjadi mentor dan menjelaskan komitmennya pada penelitian yang diusulkan, termasuk penyediaan kantor atau ruang lab dan komitmen keuangan 

Proses Pendaftaran:

Referee dan host:
Untuk para pelamar/ kandidat dianjurkan meminta referee dan host mereka untuk mengirimkan surat referensi dan dukungan yang dilampirkan melalui email dalam format Pdf atau Word yang ditujukan langsung kepada James Clem melalui email: environmental_fellows@harvard.edu. Center akan memberitahu kepada pelamar untuk mengkonfirmasi aplikasi yang dikirim telah lengkap.

Pelamar: 
Para pelamar/ kandidat melakukan pendaftaran secara online. Jangan lupa lengkapi dokumen aplikasi yang tertera di atas (poin 1-3) dalam format Pdf, lalu lampirkan bersama formulir (aplikasi online) yang disediakan di laman Harvard University. 

Deadline Pendaftaran:

Ingat! jika Anda tertarik dengan beasiswa ini, pendaftarannya dibuka sampai tanggal 18 Januari 2017. Untuk pengumuman hasil akan diberitahukan sekitar Maret 2017 kepada pelamar.

Informasi Penting, kontak:

James Clem, Managing Director
Harvard University Center for the Environment
26 Oxford Street, 4th Floor
Cambridge MA 02138
617-496-5458
james_clem@harvard.edu

Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Sumber, referensi: Beasiswapascasarjana[dot]com
Ketika waktu yang ditentukan telah tiba, momentum itu menjadi penentu langkah. Apakah akan terus berjuang atau berhenti sampai di situ.
Yakin. Adanya tujuan dan orientasi yang jelas, bisa mengubah kelemahan menjadi kekuatan.