Thursday, October 20, 2016

Manfaat Berorganisasi Saat Kuliah di Luar Negeri

Adalah suatu kebanggaan tersendiri ketika dimana banyak orang diluar sana memimpikan atau berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan tinggi namun banyak hal yang menjadi kendala, salah satunya banyak yang kita temui persoalan materi. Namun tidak sedikit pula mereka yang tergolong punya, tapi enggan melanjutkan pendidikan lantaran memilih untuk berbisnis dll. 

Nah, kamu yag sudah diberi amanat untuk melanjutkan pendidikan, apalagi di luar negeri, ada baiknya untuk memanfaatkan kesempatan yang banyak orang lain dambakan tersebut, salah satunya yaitu dengan aktif berorganisasi disana. Banyak pelajaran yang bisa kalian petik dari arti berorganisasi tersebut. Untuk itu, berikut beberapa manfaat yang bisa kalian peroleh jika kalian aktif berorganisasi saat kuliah di luar negeri.

1. Memperoleh banyak teman

Ada manfaat tersendiri jika anda berorganisasi, yang paling menonjol adalah ketika banyaknya anggota pada organisasi tersebut yang bisa membuat tali persahabatan/pertemanan menjadi begitu meluas. Ini merupakan manfaat tersendiri.

Saat jenuh, kangen rumah, atau bahkan Ketika kamu sedang hidup di luar negeri untuk kuliah, pastinya akan ada pada waktu dimana kamu merasa benar-benar sendiri dan tidak mempunyai seorang teman sekalipun. Hal yang semacam ini bisa dihindari jika kamu aktif mengikuti berbagai kegiatan dari banyak organisasi di luar kampus. Temanmu akan terus bertambah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut yang juga bisa menjadi sarana berdiskusi dalam hal apapun. Kamu bisa lebih mengetahui dan memahami budaya-budaya dari teman-temanmu yang bisa jadi berasal dari latar belakang yang sangat berbeda dengan kamu.

2. Menjadi Kebahagiaan Tersendiri

Manfaat lain dari berorganisasi ketika kamu kuliah di luar negeri adalah "Kebahagiaan". Ya, ini diluar dugaan kita, namun ketahuilah bahwa dengan berorganisasi, kita akan menemui banyak sekali orang-orang dengan berbagai macam latar belakang. Ada yang suka becanda, humoris, dan lain sebagainya. Ini merupakan anugerah yang Tuhan beri untuk kita dan ini merupakan suatu kebahagiaan. Coba kalian tengok diluar sana, banyak dari mereka yang belum berkesempatan untuk mendapatkan apa yang sudah kita dapat tersebut. Jadi berbahagialah!

3. Saling Bekerjasama

Kau tahu bukan, jika kerjasama merupakan hal yang paling sulit untuk di realisasikan. Hal semacam ini pada akhirnya gagal mencapai hasil maksimal. lantaran tidak mampu benar-benar berusaha bekerja sama dalam meraih dan mengejar sebuah target dan hasil yang baik. Namun disisi lain, kalian bisa mulai belajar membangun kerjasana yang baik. Tak perlu takut menjalin kerjasama, karena dengan adanya banyak anggota dan teman dalam organisasi-organisasi yang kamu ikuti beserta berbagai kegiatan disana kamu akan perlahan-lahan terlatih untuk selalu bekerja sama. 

Contoh kecilnya, kamu bisa memulai dari hal-hal kecil hingga masalah-masalah penting dalam organisasi pasti akan membutuhkan kerjasama demi mencapai hasil akhir yang maksimal. Pada akhirnya kamu akan benar-benar menjadi seorang yang sangat bisa memaksimalkan hubungan kerjasama dengan berbagai pihak setelah kamu aktif dalam berorganisasi ketika kuliah di luar negeri. Yang terpenting dari sebuah kerjasama adalah mempunya visi misi yang sejalan dan saling percaya satu sam lain.

4. Cerdas

Manfaat lainnya dari sebuah organisasi adalah "Kecerdasan". Ini patut kita coba. Bayangkan, dalam sebuah organisasi kita diajarkan bagaimana untuk bisa mengatur waktu, membuat sesuatu yang bermanfaat, berpikir kreatif, bahkan penyelesaian masalah. Nah, dari sinilah sedikit demi sedikit pengetahuan kita akan bertambah.

5. Pengalaman

Ini yang paling penting jika kamu mengikuti atau bergabung pada sebuah oraganisasi ketika kamu berkuliah di luar negeri, yaitu sebuah "Pengalaman Berharga". Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan kalimat berikut ini "pengalaman itu merupakan guru yang paling berharga dalam menjalani hidup".

Ya, adalah sebuah keberuntungan tersendiri jika kalian berorganisasi. Dari sana kita akan mendapatkan banyak pengalaman-pengalaman berharga yang mungkin tidak bisa didapatkan mereka yang tidak mengikuti sebuah organisasi.

Bagaimana, apakah setelah membaca sedikit coretan ini kalian tergugah hatinya untuk mulai ikut berorganisasi?

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!