Friday, October 21, 2016

Perhatikan Jenis Beasiswa dan Proses Seleksi Ini

Ada orang bijak mengatakan bahwa... "jangan pernah lelah untuk menuntut ilmu dan galilah selalu kemampuan yang kamu miliki selama kamu masih diberi kesempatan". Selain itu juga, menurut penuturan Ahmad Fuadi (Penerima 10 Beasiswa Luar Negeri) yang dilansir prasetyo.uk; Bicara beasiswa adalah sebuah prestasi dan pengakuan terhadap kegigihan kita untuk terus belajar. Penerima beasiswa biasanya lebih dihargai di kampus, tempat kerja, dan lingkungan. Mereka dianggap sebagai orang-orang terpilih setelah melewati seleksi beasiswa yang kompetitif.

Keuntungan lain adalah jejaring alumni beasiswa yang umumnya terdiri dari orang-orang yang menduduki posisi bagus di berbagai profesi. Jejaring ini meluaskan pergaulan pribadi maupun professional. Khusus bagi pelamar kerja, dengan menuliskan beasiswa yang didapat di CV, mereka akan meningkatkan daya saing. Bahkan, beasiswa bisa membantu karier, posisi, dan mungkin jumlah gaji.

Apa saja yang ditanggung oleh beasiswa itu? Tergantung jenis beasiswa. Ada beasiswa yang menyediakan segala fasilitas dan biaya, ada yang sebagian saja.
Bagaimana, kalian berminat membidik beasiswa? Sebelum membidik, ada baiknya kita mengetahui jenis beasiswa yang sudah disebutkan diatas, yuk! Simak berikut ini;

Dua jenis beasiswa (Foto: Dokumen Seputar Beasiswa)

1. Beasiswa Sebagian (Partial Scholarship)

Beasiswa sebagian/ partial scholarship merupakan beasiswa yang diberikan kepada penerima beasiswa hanya beberapa pendanaan saja, semisal memberikanmu dana untuk menanggung biaya operasional pendidikan dan hal-hal tertentu seperti buku pelajaran. Hal ini bisa diartikan pihak sponsor/pemberi beasiswa hanya bisa meringankan tanggungan-tanggungan tertentu. Untuk itu, jika kalian membidik beasiswa ini, kalian sudah harus siap dengan pembiayaan-pembiayaan lainnya yang harus dikeluarkan dari pendanaan sendiri. Namun begitu, kita harus tetap bersyukur atas bantuan yang rela diberikan pihak sponsor/pemberi beasiswa untuk kita agar tetap bisa mengenyam pendidikan yang lebih baik.

Catatan: Kalian juga boleh menggunakan lebih dari satu sponsor, ya! jika memang ada yang bersedia mendukung untuk studi kamu.

2. Beasiswa penuh (full scholarship)

Beda dengan partial scholarship di atas, jika kalian beruntung mendapatkan beasiswa penuh ini. Karena dengan beasiswa penuh/ full scholarship ini, kalian sebagai penerima beasiswa bisa dibilang cukup tenang. Kalian hanya tinggal menjalankan kewajiban studi tanpa harus memikirkan biaya pendidikan. Dengan beasiswa ini pula, kalian sebagai penerima beasiswa akan menerima biaya hidup selama menempuh pendidikan, bahkan uang saku pun akan kalian dapatkan. Jadi, kalian tinggal belajar, belajar, dan belajar. Pertahankan prestasi kalian.

Nah, itulah jenis beasiswa yang perlu kalian ketahui. So.. kalian tinggal pilih mau membidik jenis beasiswa yang mana? Perlu di ingat! mendapatkan beasiswa adalah suatu kebanggaan tersendiri, dan menggunakan beasiswa berarti kalian sudah diberikan kepercayaan untuk dapat memanfaatkannya. Sebelum pada akhirnya nanti, kalianlah yang akan memberi manfaat kepada yang lainnya.

Bicara soal proses seleksi Beasiswa

Bisa dibilang jika proses untuk seleksi semua beasiswa rata-rata sama, yang pertama diawali dengan seleksi administrasi, semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan sebagainya. Namun, ada baiknya jika kalian memilih luar negeri, kalian harus memiliki amunisi yang cukup dalam kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa. Ex; Toefl atau Ielts. Selain itu juga ada persyaratan yang meminta kita untuk membuat esai atau seperti motivation letter.

Dalam membuat essay pun kita harus menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampaikan harus mudah dipahami dan menarik perhatian pihak sponsor/pemberi beasiswa, sehingga peluang kita untuk diterima oleh pihak universitas atau pemberi beasiswa lebih besar. Dua hal ini lah yang terbilang penting untuk dipersiapkan dari sekarang bila kita ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan beasiswa.

Barang siapa bersungguh-sungguh, pasti ia akan mendapatkannya. Semoga bermanfaat!