Monday, November 28, 2016

Beasiswa S1 dan S2 Bocconi University, Italia

[Bidikbeasiswa.top] Kemampuan kita terbatas, iya. Waktu kita terbatas, pastinya. Nah, itu bukanlah soal. Selalu ada jalan. Buatlah daftar perincian yang sudah anda tulis dengan menandai yang paling penting dan rencana eksekusi berdasarkan prioritas. "Memilah dan memilih yang terpenting dari yang penting-penting". Misalnya membidik beasiswa, prioritasnya adalah memilih negara tujuan dan jurusan kuliah sesuai minat.

Apakah ada di antara kalian yang ingin berkuliah di Italia? Jika ada, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan di Italia, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi yang ada disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan mencari tahu via internet saja. Simple bukan? Atau jika kalian punya sahabat yang sudah lebih dulu berkuliah disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. perlu kalian ketahui, banyak dari pelajar Indonesia yang berada di Italia, tidak sedikit pula kisah-kisah inspiratif berdatangan langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah terlebih dahulu merasakan nikmatnya pendidikan di sana. Ya, baik itu melalui biaya sendiri ataupun dengan bantuan beasiswa.


Bisa dibilang, negara-negara maju lebih cenderung mempunyai pendidikan yang lebih berkualitas. Oleh karenanya, jika kalian diberi kesempatan dan jalan untuk bisa menempuh pendidikan di luar negeri tersebut, janganlah kalian sia-siakan. Sehingga nantinya kamu akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional. 

Pada kesempatan kali ini, melalui skema Bocconi Scholarships for International Students tahun akademik 2017-2018, Anda yang berminat untuk melanjutkan studi di Italia mungkin bisa mencoba penawaran beasiswa dari Bocconi University ini. Program beasiswa ini diberikan/ ditujukan bagi para kandidat yang berada di luar Italia untuk memperoleh beasiswa S1 atau S2 di Bocconi University.

Banyak manfaat yang akan diterima para kandidat jika beruntung, diantaranya;
Untuk Program S1:
  • Tanggungan biaya kuliah penuh (full tuition waiver) dengan nilai sekitar 11.500 Euro per tahun dengan durasi maksimum 3 tahun atau 5 tahun untuk program hukum. 

Untuk Program S2:
  • Beasiswa S2 diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang ingin mengambil program gelar Master of Science (MSc) dengan nilai beasiswa 12.700 Euro per tahun. Beasiswa tersebut diperuntukkan untuk biaya kuliah penuh di Bocconi University. Pemberian beasiswa berlangsung hingga dua tahun berdasarkan pertimbangan capaian akademik dan kondisi keuangan dari calon.

Catatan: untuk proses perpanjangan beasiswa S1 maupun beasiswa S2 di Bocconi University dilakukan setiap tahun dengan melihat prestasi akademik yang diperoleh. 

Persyaratan: 
  1. Para pelamar bukan berasal dari warganegara Italia
  2. Para pelamar bukan merupakan penduduk tetap Italia
  3. Para pelamar bukan merupakan warganegara Italia yang merupakan lulus SLTA di luar negeri atau Italia (untuk pelamar S1)
  4. Para pelamar sendiri bukan warganegara Italia yang merupakan lulus S1 di luar negeri atau Italia (khusus pelamar S2)

Pendaftaran:
  • Jika Anda tertarik dengan beasiswa S1 dan S2 ini, langsung saja eksekusi, silahkan yang perlu dilakukan pertama adalah mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu ke Bocconi University untuk kemudian memperoleh student ID dan password. Setelah benar-benar terdaftar, Anda (pelamar) kemudian bisa langsung mengajukan beasiswa tersebut dengan cara mengisi formulir aplikasi online yang sudah disediakan (Unduh)
  • Bagi para pelamar, untuk proses pendaftaran ke universitas dan pengajuan beasiswa ini sendiri harus dilakukan di waktu/ periode pendaftaran yang sama.
  • Formulir aplikasi yang diisi akan meminta detil informasi terkait kondisi ekonomi keluarga pemohon. 

Catatan: Jangan lupa perhatikan jadwal untuk setiap periode pendaftaran online dan juga pendaftaran universitas.

Berikut ini untuk periode pendaftaran online beasiswa dan pendaftaran universitas (S1) 
  • Periode musim dingin: deadline aplikasi 20 Januari 2017 (Hasil seleksi: 2 Maret 2017)
  • Periode musim semi: deadline aplikasi 7 April 2017 (Hasil seleksi: 18 Mei 2017)

Berikut ini untuk periode pendaftaran online beasiswa dan pendaftaran universitas (S2) 
  • Pada periode 1: deadline aplikasi tanggal 12 Desember 2016, (Untuk pengumuman hasil seleksi: Tanggal 13 Januari 2017)
  • Pada periode 2: deadline aplikasi tanggal 26 Januari 2017 (Untuk pengumuman hasil seleksi: Tanggal 27 Februari 2017)
  • Pada periode 3: deadline aplikasi tanggal 28 Februari 2017 (Untuk pengumuman hasil seleksi: Tanggal 28 Maret 2017)
  • Pada periode 4: deadline aplikasi tanggal 22 Maret 2017 (Untuk pengumuman hasil seleksi: Tanggal 19 April 2017)
  • Pada periode 5: deadline aplikasi tanggal 28 April 2017 (Untuk pengumuman hasil seleksi: Tanggal 26 Mei 2017)

Nah, Jika Anda berhasil dan menjadi salah satu kandidat yang beruntung sebagai penerima beasiswa ini, silahkan mengirimkan beberapa dokumen aplikasi yang diminta di bawah ini ke alamat email: financial.aid@unibocconi.it

Dokumen aplikasi: 
  1. Ringkasan formulir kandidat (dilampirkan bersama email konfirmasi) yang diterima setelah mengisi formulir aplikasi online beasiswa Bocconi
  2. Lampiran salinan paspor yang tentunya masih berlaku
  3. Lampiran salinan Kartu keluarga (KK) 
  4. Lampiran untuk salinan pajak penghasilan keluarga untuk tahun kalender 2015
  5. Keterangan lampiran penghasilan kotor tahunan untuk 2015 dari keluarga pemohon, dikeluarkan oleh atasan atau majikan 
  6. Apabila salah satu atau lebih dari keluarga maupun anggota keluarga pemohon yang memiliki perusahaan atau saham hingga (31 Desember 2015), harus menyertakan bukti jumlah saham serta neraca keuntungan dan kerugian. 
  7. Apabila salah satu atau lebih dari keluarga pemohon juga memiliki properti yang sedang dibangun hingga 31 Desember 2015, sertakan dokumen yang menunjukkan daerah bersangkutan serta property yang dibangun tersebut dalam meter persegi. Dan jika ada, dokumen sertifikasi setiap kredit dari properti dan jumlah yang belum dilunasi hingga 31 Desember 2015. 
  8. Apabila keluarga pemohon tinggal di rumah kontrakan, sediakan salinan yang menunjukkan sewa kontrak 
  9. Apabila keluarga pemohon tinggal di rumah secara gratis, dan rumah tersebut tidak dimiliki, sediakan bukti yang menunjukkan nama lengkap dari pemilik rumah tersebut
  10. Melampirka dokumen yang membuktikan kepemilikan aset bergerak hingga 31 Desember 2015 (rekening bank – deposito, tabungan, stok, dividen, kepemilikan saham, bagian dari aset bersih dari perusahaan yang dimiliki, dan lain sebagainya) dari keluarga. 

Perlu diperhatikan, untuk dokumen tersebut harus diajukan dalam bahasa aslinya dilengkapi terjemahan resmi dalam bahasa Italia atau bahasa Inggris. Dokumen terjemahan dalam bahasa Italia harus terlebih dahulu disahkan dan dicap oleh petugas otoritas Italia di negara setempat. Atau bisa juga dokumen disahkan dengan cap Apostille di negara yang telah menandatangani Konvensi Hague 5 Oktober 1961 untuk terjemahan Italia atau Inggris. 

Jika ada yang belum paham dan ada pertanyaan terkait program beasiswa ini, silahkan langsung kontak: Student Services Office - Piazza Sraffa, 13 – 20136 Milano - Italia
Alamat Email: financial.aid@unibocconi.it
Nomor Telp. (+39) 02.5836.2147

Selamat mencoba dan semoga Anda menjadi salah satu kandidat yang benar-benar beruntung!