Sunday, November 20, 2016

Beberapa Pilihan Universitas Terbaik Di Singapura

Adalah suatu kebanggaan tersendiri ketika banyak orang diluar sana memimpikan atau berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Namun banyak hal yang menjadi kendala dari mereka, yaitu salah satunya yang sering kita temui adalah persoalan materi. Akan tetapi, tidak sedikit pula dari mereka yang tergolong punya, namun enggan melanjutkan pendidikan lantaran memilih untuk berbisnis dll. 

Mungkin hal yang ada dalam pikiranmu ketika memutuskan untuk melanjutkan studi berbeda-beda, salah satunya ada yang berkeinginan studi di perguruan tinggi favorit, baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Pada intinya bisa jadi tujuan akhirmu itu sama semua, yaitu bisa belajar/ studi untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Hal ini sangat relevan dengan pemikiran-pemikiran diluar sana bahwa hanya pendidikan tinggi yang bisa dengan tegas memutuskan rantai kemiskinan yang mengekang.


"Karena belajar memang tidak mengenal batasan umur/ usia, jadi usahakanlah kalian agar terus bisa belajar hingga ke jenjang yang lebih tinggi lagi". Semisal jika sekarang kalian masih SMA, cobalah untuk naik tingkat ke jenjang perkuliahan. Atau jika kalian yang sekarang sudah sarjana, cobalah terus berusaha untuk naik tingkatan lagi ke pascasarjana, begitupun seterusnya. Bisa studi ke jenjang yang lebih tinggi merupakan suatu anugerah tersendiri. Bersyukur bagi kalian yang sudah bisa berkuliah, baik itu dengan beasiswa ataupun dengan biaya yang dikeluarkan sendiri/ dari orangtua. Yang pasti, itulah bentuk keberuntunganmu yang diberikan Tuhan untuk terus bisa belajar dan belajar.

Apakah kalian selama ini berkeinginan untuk kuliah ke luar negeri, khususnya di Singapura? Jika jawabannya iya, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan di Singapura, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi yang ada disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan mencari tahu via internet saja. Simple bukan? Atau jika kalian punya sahabat yang sudah lebih dulu berkuliah disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. perlu kalian ketahui juga, bahwa banyak dari pelajar Indonesia yang berada di Singapura, tidak sedikit pula kisah-kisah inspiratif berdatangan langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah terlebih dahulu merasakan nikmatnya pendidikan disana. Ya, baik itu melalui biaya sendiri ataupun dengan beasiswa.

Ya, memang benar adanya, dalam hal-hal pendidikan, negara-negara maju lebih cenderung mempunyai pendidikan yang lebih berkualitas. Untuk itu, kalian yang diberikan jalan bisa mengambil kesempatan tersebut untuk mendapat ilmu sebanyak-banyaknya, tentunya di bidang yang kamu minati ya... Sehingga nantinya kamu akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dengan perspektif internasional. Banyak jalan yang bisa kalian tempuh agar bisa memperoleh pendidikan lebih tinggi, baik itu dalam negeri ataupun luar negeri. Semisal yang sudah dipaparkan diatas. Caranya yaitu dengan menggunakan biaya sendiri ataupun memanfaatkan beasiswa-beasiswa yang ada, tentunya hal tersebut melalui beberapa tahapan seleksi.

Singapura yang kurang lebih dihuni sekitar lima juta jiwa ini memiliki banyak universitas bermutu loh sobat bidikbeasiswa.top. Beberapa universitasnya pun bahkan masuk dalam daftar 100 universitas terbaik dunia. Nah, jika kalian ingin berkuliah ke singapura, ada baiknya kalian baca terlebih dahulu beberapa universitas terbaik di singapura ini, tentunya sebagai referensi pilihan yang nantinya bisa kalian ambil. Berikut ini beberapa kampus/ universitas terbaik yang ada di singapura, yuk simak!

- Cornell-Nanyang Institute of Hospitality Management

Bagi anda yang ingin menggeluti bidang pariwisata dan juga perhotelan, universitas satu ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda. Dibentuk sebagai hasil kerjasama Cornell University School of Hotel Administration dan Nanyang Technological University Nanyang Business School, sekolah ini merupakan pilihan tepat belajar pariwisata dan perhotelan.

- Melior International College

Lembaga pendidikan yang satu ini memiliki sekolah bisnis, sekolah pariwisata, sekolah bahasa, sekolah psikologi, dan sekolah biomedis. Lembaga pendidikan ini juga bertekad memberikan pendidikan berkualitas tinggi bagi mahasiswanya. Semisal kata “melior” yang berasal dari bahasa latin yang artinya “lebih baik”, sekolah ini bertekad untuk membangun masa depan mahasiswa menjadi lebih baik.

- Singapore University of Technology and Design

Sahabat bidikbeasiswa.top ada yang ingin menggeluti dunia desain? Untuk bidang desain, sebaiknya Anda menoleh ke Singapore University of Technology and Design. Universitas yang masih sangat muda ini punya fokus untuk mengembangkan keilmuan di bidang desain, teknologi, dan ilmu pengetahuan.

- Singapore Institute of Management (SIM)

Didirikan pada 1964, sekolah ini menawarkan berbagai jenjang pendidikan dari diploma, sarjana, sampai pascasarjana. Pada 2005, sekolah ini mendirikan SIM University yang kini tiap tahun menerima sekitar 10.000 mahasiswa.

- Singapore Management University

Universias yang didirikan sekitar tahun 2000, namun universitas yang satu ini punya nama tersendiri untuk bidang manajemen. Sejumlah program studi seperti manajemen bisnis, ekonomi, akuntansi, manajemen sistem informasi, hukum dan ilmu sosial sudah mampu menarik tak kurang dari 7.000 mahasiswa dari jenjang sarjana sampai pascasarjana untuk kuliah di salah satu universitas terbaik di Singapura ini.

- Nanyang Technological University (NTU)

Universitas yang satu ini terkenal dengan sekolah tekniknya yang terbesar di Singapura. Didukung oleh fasilitas kampus yang baik, universitas ini memacu bidang riset. Universitas ini memiliki sekitar 33 ribu mahasiswa sarjana dan pascasarjana yang kuliah di berbagai fakultas, seperti fakultas teknik, fakultas bisnis, dan fakultas ilmu sosial.

Jurusan favorit di NTU adalah Ilmu komputer. Jurusan tersebut merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Yang juga tak kalah banyaknya diminati calon mahasiswa adalah program MBA NTU.

- National University of Singapore (NUS)

Untuk universitas yang satu ini, sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitas pendidikannya. Universitas terbaik di Singapura layak disematkan pada National University of Singapore (NUS). Universitas tertua dan terbesar di Singapura ini berulangkali masuk ke jajaran 30 besar universitas terbaik dunia dan bahkan pada tahun 2011 masuk urutan ketiga universitas terbaik di Asia versi QS World University Ranking.

Universitas ini juga memiliki 16 fakultas dan sekolah, yang mengajarkan dari ilmu sosial, bisnis, komputer, kedokteran gigi, teknik, hukum, sampai ilmu kedokteran. Program MBA NUS juga termasuk yang bermutu paling baik dan menjadi incaran para mahasiswa.

Beberapa alumni terkenal yang dihasilkan universitas ini diantaranya mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew, mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, mantan Perdana Menteri Singapura Goh Chok Tong dan mantan Perdana Menteri Malaysia Tun Abdul Razak.

Nah, itulah beberapa pilihan universitas yang bisa kalian coba jika ingin berkuliah di singapura. Ketika waktu yang ditentukan telah tiba, momentum itu menjadi penentu langkah. Apakah akan terus berjuang atau berhenti sampai di situ. Yakin, adanya tujuan dan orientasi yang jelas, bisa mengubah kelemahan menjadi kekuatan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!